Daftar Karakter Utama Watchmen dalam Cerita DC

Watchmen merupakan salah satu komik terbitan DC yang ditulis oleh Alan Moore dan diilustrasikan oleh Dave Gibson dan John Higgins. Komik ini bercerita tentang sejarah alternatif Amerika Serikat dan mengambil setting di tahun 40’an hingga 60’an.

Keberadaan pahlawan bertopeng saat itu memang membawa keuntungan bagi US dalam peperangan, seperti perang melawan Vietnam. Namun, beberapa saat kemudian muncul larangan bagi pahlawan bertopeng sehingga hal itu membuat banyak pahlawan yang pensiun dan melepas kostum mereka.

Konflik mulai memanas ketika pihak Amerika terlibat perseteruan dengan Uni Soviet pada tahun 1985 yang berpotensi memicu perang nuklir. Pihak Amerika pun mencoba beragam cara untuk mencegah terjadinya perang tersebut.

Fokus dari cerita Watchmen sebenarnya ada pada enam karakter yang saling berkaitan dalam cerita. Nah, kali ini MogiMogy ingin mengulas informasi tentang karakter tersebut. Langsung saja yuk kita bahas!

1. Rorschach

Pria bernama asli Walter Covacs ini adalah seorang vigilante yang menegakkan hukum dengan caranya sendiri. Meski keberadaan pahlawan bertopeng dilarang, ia tetap melanjutkan aksinya dalam membasmi kejahatan.

Rorshach biasa menggunakan selembar kain sebagai topeng. Uniknya, pada topeng kain itu terdapat tinta hitam yang bisa bergerak, mirip seperti tes Rorschach dalam psikologi. Ia bahkan menganggap topeng itu sebagai wajah aslinya.

Rorshach memiliki masa lalu yang cukup traumatis karena dia mendapatkan perlakuan kasar dari ibunya dan lingkungan sekitar. Ia selalu mencoba memahami dunia dengan caranya sendiri. Karena itulah, ia tak segan-segan menjebloskan para kriminal ke penjara.

Sayangnya, Rorschach dibunuh oleh Dr. Manhattan untuk menjaga perdamaian yang telah dibawa oleh Adrian Veidt. Meskipun sudah mati, Rorschach mewariskan buku hariannya yang berisi jurnal perjalanan hidupnya.

2. Nite Owl II

Dan Dreiberg adalah penerus dari Hollis Mason (Nite Owl asli) yang telah berhenti menjadi superhero. Ia merupakan sahabat baik Rorschach yang ikut bertarung melawan kejahatan. Sayangnya, ia berhenti menjadi superhero setelah adanya larangan tentang pahlawan bertopeng.

Namun, Dan kembali menggunakan kostumnya setelah insiden kematian Comedian. Alasan lain ia mau bertarung lagi adalah rasa cintanya terhadap mantan rekan timnya, Laurie Jupiter.

Selain didukung kemampuan bela diri yang terlatih, Dan memiliki keunggulan dalam hal teknik mesin dan perangkat canggih yang berguna dalam pertempuran. Ia memiliki sebuah pesawat unik yang memiliki desain seperti burung hantu, sama halnya seperti kostum yang ia kenakan.

Setelah gagal mencegah rencana Veidt, Dan serta Laurie memutuskan untuk mengganti identitas mereka dan bertarung melawan kejahatan selama beberapa tahun.

3. Ozymandias

Adrian Alexander Veidt dikenal sebagai orang terpintar di seluruh dunia. Ia sangat jenius sekaligus kaya raya. Saat menjadi superhero, ia menggunakan nama Ozymandias yang terinspirasi dari Alexander yang Agung dan raja Mesir Ramesses II.

Setelah adanya pelarangan kostum superhero, Adrian memutuskan untuk bergelut di dunia bisnis. Akan tetapi. Adrian sebenarnya memiliki misi rahasia yang tidak diketahui oleh mantan rekan-rekannya.

Adrian memiliki rencana untuk menghentikan perang nuklir dengan cara membunuh jutaan orang melalui kekuatan Dr. Manhattan secara tidak langsung. Karena itu, Dr. Manhattan menjadi kambing hitam dan membuat seluruh dunia bersatu untuk melawannya.

Selain itu, Adrian juga merupakan orang yang telah membunuh Comedian. Ia tahu bahwa Comedian menyadari rencananya sehingga mau nggak mau ia harus menghabisi Comedian.

4. Silk Spectre II

Laurie Jupiter adalah salah satu karakter yang tak kalah penting dalam cerita Watchmen. Ia merupakan anak dari Sally Jupiter, Silk Spectre yang asli. Setelah ibunya pensiun, Laurie pun meneruskan tekad ibunya sebagai superhero dan menjadi Silk Spectre II.

Laurie awalnya menjalin hubungan dekat dengan Dr. Manhattan hingga akhirnya hubungan mereka mulai renggang karena ada ketidakcocokan di antara mereka. Setelah menjauh dari Dr. Manhattan, Laurie pun mulai dekat dengan Nite Owl II.

Meski awalnya adalah sebuah rahasia, Laurie akhirnya mengetahui fakta bahwa dia merupakan anak kandung dari Eddie Black/Comedian. Rahasia itu terungkap setelah Dr. Manhattan memberitahu Laurie melalui kekuatannya.

5. Comedian

Eddie Blake atau yang lebih identik dengan nama Comedian adalah salah satu karakter penting dalam cerita Watchmen. Ia merupakan pria yang sangat kasar dan mempunyai kepribadian yang sangat kacau.

Comedian bahkan tak segan-segan membunuh orang yang membuat dirinya sangat kesal hingga emosi. Ia terkenal sangat suka peperangan dan sering melakukan aksi gila. Namun, keberadaan dirinya menjadi katalis yang membawa jalan cerita menjadi lebih menarik.

Kematian Comedian dalam cerita Watchmen membawa pengaruh terhadap mantan rekan setimnya, khususnya Rorschach. Penyelidikan Rorschach terhadap kematian Comedian terus berlanjut hingga akhirnya ia sampai pada kesimpulan bahwa Comedian dibunuh oleh Adrian Veidt demi menyukseskan rencananya.

6. Dr. Manhattan

Terakhir nih, ada Dr. Manhattan yang memiliki kemampuan superhuman seperti dewa. Ia adalah satu-satunya karakter dalam cerita Watchmen yang punya kekuatan super di atas manusia rata-rata. Keberadaan Dr. Manhattan  menjadi keuntungan bagi Amerika karena ia menjadi ancaman bagi pihak lain, seperti Soviet.

Sebelum memiliki kemampuan super, Dr.Manhattan awalnya adalah seorang pria biasa bernama Jon Osterman yang bekerja sebagai teknisi lab. Namun, suatu ketika ia terjebak dalam sebuah insiden partikel radioaktif. Insiden itu membuatnya terlahir kembali menjadi manusia super yang dikenal orang-orang sebagai Dr. Manhattan.

Ia kehilangan minat terhadap dunia dan kemanusiaan setelah ia tahu bahwa dirinya dimanfaatkan untuk kepentingan perang. Karena itulah, ia mengasingkan diri ke Mars untuk menenangkan dirinya. Ia sempat kembali ke bumi untuk mencegah rencana Adrian.

Sayangnya, ia gagal menghentikan Adrian. Ia merasa bahwa itu adalah jalan yang terbaik untuk membawa perdamaian ke dunia. Setelah itu, ia pun kembali ke Mars untuk mengasingkan diri.

0 Response to "Daftar Karakter Utama Watchmen dalam Cerita DC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel