10 Tipe Jutsu yang Paling Populer dalam Cerita Naruto


Jutsu merupakan sebuah seni bertarung khusus yang digunakan oleh ninja dalam pertempuran. Secara umun, jutsu terbagi menjadi tiga kategori, yaitu ninjutsu, genjutsu, dan taijutsu. Selain ketiga jutsu tersebut, masih ada lagi beberapa sub kategori jutsu yang disinggung dalam cerita.


Nah, pada tulisan ini MogiMogy ingin mencoba untuk mengulas daftar jutsu yang paling populer dalam cerita Naruto. Yuk, langsung kita bahas aja tanpa lama-lama!


1. Ninjutsu



Ninjutsu merupakan salah satu dari tiga jenis jutsu utama yang paling sering muncul dalam cerita Naruto. Kebanyakan ninjutsu membutuhkan chakra dan segel tangan dalam praktik,ya, tetapi terkadang penggunaan senjata juga termasuk bagian dari ninjutsu.


Ninjutsu memiliki banyak sub-kategori tergantung dari fungsi dan tujuan, contohnya adalah ninjutsu medis, ninjutsu reinkarnasi, jutsu segel, dan sejenisnya. Selain itu, penggunaan ninjutsu juga berkaitan dengan transformasi bentuk dari elemen alam.


2. Genjutsu



Genjutsu juga termasuk dari jutsu utama dalam cerita. Berbeda dengan ninjutsu, teknik genjutsu berfungsi untuk menjebak lawan dalam ilusi. Rasa sakit yang diakibatkan oleh genjutsu tidak nyata dan lawan akan mengalami halusinasi yang mengerikan.


Pengguna genjutsu biasanya akan menyerang kelima indera lawan  dan membuatny tidak berfungsi. Karena itulah, bertarung melawan pengguna genjutsu yang terlatih 1 vs 1 adalah hal yang sangat berbahaya. Meskipun begitu, teknik genjutsu bisa dipatahkan dengan cara tertentu, seperti mengacaukan aliran chakra korban.


3. Taijutsu



Jutsu utama berikutnya dalam cerita Naruto adalah taijutsu. Berbeda dengan kedua teknik sebelumnya, taijutsu bisa dibilang sebagai teknik yang mengandalkan kekuatan fisik dalam pertempuran ninja. Karena itulah, setiap ninja biasanya memiliki keterampilan ini.


Namun, ada beberapa ninja seperti Might Guy dan Rock Lee yang memfokuskan diri mereka dalam taijutsu karena mereka tidak ahli menggunakan ninjutsu ataupun genjutsu. Meskipun begitu, kemampuan taijutsu mereka sangatlah unggul dan membuat mereka tidak kalah jago dari ninja lain.


Baca juga: 10 Ninja yang Paling Cepat dalam Cerita Naruto

 

4. Dojutsu



Tipe jutsu berikutnya adalah dojutsu yang menggunakan kekuatan mata dalam pertarungan. Mata tersebut biasanya berasal dari keturunan genetik klan, contohnya adalah Sharingan dari klan Uchiha dan Byakugan milik klan Hyuga. 


Uniknya, mata tersebut bisa ditransplatasikan kepada orang lain. seperti Kakashi yang mendapatkan mata Sharingan dari Uchiha Obito. Kemampuan dojutsu ini juga sangat unik dan spesial tergantung dari karakteristiknya. Yang jelas, dojutsu termasuk jutsu terkuat dalam cerita.


5. Fuinjutsu



Fuinjutsu merupakan jutsu yang secara khusus berfokus pada teknik penyegelan. Dengan jutsu ini, seorang ninja bisa menyegal sesuatu atau targetnya, mulai dari benda mati, makhluk hidup, hingga chakra milik lawan.


Selain untuk menyegel, fuinjutsu juga bisa digunakan untuk membuka segel yang telah dibuat seseorang. Yang jelas, teknik ini sangat berguna untuk membatasi pergerakan lawan. Salah satu pengguna fuinjutsu yang sangat hebat dalam cerita adalah klan Uzumaki.


6. Kinjutsu



Kinjutsu pada dasarnya adalah jutsu terlarang yang sangat berbahaya untuk digunakan. Pelarangan jutsu tersebut bukan tanpa alasan karena jutsu itu bisa berdampak buruk bagi penggunanya, contoh teknik Rasenshuriken yang menghancurkan sel-sel Naruto.


Selain itu, kriteria lain dari jutsu terlarang adalah jutsu ini melanggar hukum alam, contohnya jutsu edo tensei yang bisa membangkitkan orang mati. Karena itulah, segala eksperimen tentang penciptaan jutsu ini dianggap sebagai sebuah kejahatan hingga Orochimaru diusir dari desa.


Baca juga: 10 Rivalitas yang Paling Sengit dalam Cerita Naruto


7. Senjutsu



Jutsu yang populer berikutnya dalam cerita Naruto adalah teknik senjutsu yang memanfaatkan energi dari alam dan menggabungkannya dengan chakra penggunanya. Teknik ini digunakan oleh para petapa alias Sage yang telah melalui serangkaian latihan berat untuk menguasainya.


Para petapa harus mampu menyeimbangkan kekuatan fisik sekaligus spiritual mereka untuk menciptakan chakra senjutsu. Sebagai ganti dari latihan yang berat, pengguna senjutsu akan mendapatkan kekuatan tambahan yang sangat besar hingga mereka mampu mengeluarkan jutsu-jutsu yang sangat kuat. 


8. Bukijutsu



Bukijutsu merupakan istilah yang mengacu pada penggunaan senjata ninja dalam pertarungan. Senjata tersebut bisa berbentuk apapun, seperti shuriken, pedang, kertas peledak, dan lain-lain. Pengguna bukijutsu biasanya melapisi senjata mereka dengan chakra untuk memperkuat efek serangannya.


Salah satu pengguna bukijutsu yang paling menonjol dalam cerita adalah Tenten yang sangat ahli dalam menggunakan berbagai macam senjata. Dia biasa menyimpan senjata-senjatanya dalam gulungan dan menggunakan senjata itu ketika dia berada dalam pertempuran.


9. Kenjutsu



Kenjutsu bisa dikatakan sebagai cabang khusus dari bukijutsu yang berfokus pada penggunaan pedang dalam pertempuran. Dalam cerita Naruto, ada banyak karakter terkenal yang menggunakan pedang dalam pertempuran, seperti para samurai dari Negara Besi, ninja pedang Kirigakure, dan beberapa ninja dari Kumogakure.


Para pengguna kenjutsu bisa memadukan teknik berpedang mereka dengan kombinasi taijutsu, ninjutsu, fuinjutsu, bahkan genjutsu agar mereka bisa membuat serangan mereka jadi jauh lebih kuat. Yang jelas, ninja pengguna pedang rata-rata adalah ninja yang sangat kuat dan mengerikan.


10. Nintaijutsu



Tipe jutsu terakhir untuk menutup artikel ini adalah teknik nintaijutsu yang sangat unik dan menarik. Nintaijutsu adalah perpaduan antara ninjutsu dan taijutsu secara bersamaan. Teknik ini sangat terkenal di Kumogakure dan dipraktikkan oleh Raikage Ketiga dan Raikage Keempat.


Keduanya mampu menyelimuti tubuh mereka dengan mode chakra elemen petir yang bisa meningkatkan kecepatan, kekuatan, ketahanan, sekaligus refleks dalam pertempuran. Kemampuan ini membuat keduanya jadi tampak seperti monster yang sangat sulit untuk dikalahkan.


Baca juga: 10 Ninja Kumogakure yang Paling Kuat dalam Cerita Naruto

Previous Post Next Post

Contact Form