Mengenal Tipe-Tipe Kartu Monster dalam Cerita Yu-Gi-Oh!


Dunia Yu-Gi-Oh! menyajikan berbagai pertandingan atau duel monster yang sangat seru dan menarik. Menariknya, ada banyak kartu monster yang sangat menarik dan dikategorikan ke dalam beberapa tipe sesuai dengan karakteristik tertentu.

Pada tulisan kali ini, MogiMogy ingin membahas tipe-tipe kartu monster yang muncul dalam cerita Yu-Gi-Oh!. Untuk informasi lebih lengkapnya, cek ulasan berikut ini!

1. Dragon

Dragon merupakan salah satu tipe monster yang paling terkenal dalam dunia Yu-Gi-Oh!. Sesuai namanya, tipe ini berbentuk naga yang rata-rata bersifat ganas sekaligus brutal dalam duel. Sebagai contoh, kita bisa melihat Blue Eyes White Dragon milik Seto Kaiba.

2. Machine

Monster tipe Machine merepresentasikan robot-robot canggih, alat transportasi berteknologi tinggi, dan objek-objek mekanik yang terlihat sangat keren. Monster tipe ini rata-rata juga kuat dan bisa diandalkan dalam duel, contohnya adalah XYZ Dragon Cannon.

3. Warrior

Warrior termasuk tipe monster yang seringkali muncul dalam cerita. Tipe ini biasanya berwujud prajurit tangguh yang menggunakan armor beserta pedang atau senjata sejenisnya. Contoh kartu Warrrior yang cukup populer adalah Gaia The Fierce Knight atau Elemental HERO.

4. Beast

Tipe monster berikutnya adalah Beast. Monster tipe ini biasanya berbentuk binatang buas. Kartu ini biasa lebih berfungsi sebagai pendukung dalam duel. Meskipun demikian, ada monster tipe Beast yang punya potensial, seperti Green Baboon, Defender of The Forest.

5. Beast-Warrior

Sesuai namanya, tipe ini bisa dibilang sebagai kombinasi dari Beast dan Warrior. Biasanya, monster tipe ini berwujud ksatria atau prajurit tangguh dengan karakteristik hewan buas. Contohnya adalah Beast King Barbaros dan XX-Saber Gottoms.

Baca juga: 10 Karakter Perempuan yang Paling Cakep dalam Cerita Yu-Gi-Oh!

6. Spellcaster

Spellcaster merupakan tipe monster yang berkaitan dengan dunia penyihir. Tipe ini sangat populer dalam cerita karena Yugi biasa mengandalkan tipe ini dalam berduel. Monster tipe Spellcaster yang menjadi favoritnya adalah Dark Magician dan Dark Magician Girl.

7. Fiend

Tipe Fiend biasanya berkaitan erat dengan kegelapan dan makhluk dunia bawah/underworld. Wujud monster Fiend rata-rata terlihat sangat horor dan menyeramkan, seperti Summoned Skull. Selain itu, tipe ini juga terbilang kuat dan bisa dijadikan kartu utama dalam berduel.

8. Fairy

Berbeda dengan tipe Fiend, tipe Fairy terlihat sangat indah sekaligus estetik. Tipe ini biasa digambarkan sebagai gadis atau malaikat bersayap yang terlihat cantik. Selain itu, tipe ini disukai oleh duelist perempuan, seperti Alexis Rhode dalam cerita Yu-Gi-Oh! GX.

9. Insect

Sesuai namanya, tipe Insect berbasis monster-monster yang berwujud serangga. Salah satu duelist yang sangat menyukai tipe ini adalah Weevil Underwood. Dia mempunyai beberapa kartu serangga yang sangat kuat, seperti Coccon of Evolution dan Perfectly Ultimate Great Moth.

10. Aqua

Tipe monster berikutnya adalah Aqua yang berbasis makhluk air. Secara spesifik, monster tipe ini lebih cenderung berwujud hewan amfibi atau monster akuatik lain. Bagaimana dengan ikan? Monster berwujud ikan termasuk dalam kategori tersendiri.

Baca juga: 10 Metode Summon Beserta Penjelasannya dalam Cerita Yu-Gi-Oh!

11. Fish 

Fish merupakan tipe monster yang berkaitan dengan ikan, khususnya ikan hiu yang sangat ganas. Dalam cerita Yu-Gi-Oh!, ada duelist bernama Reginald Kastle yang sangat menyukai monster tipe ini dalam berduel. 

12. Sea-Serpent

Meskipun sama-sama makhluk air, Sea-Serpent mempunyai ciri tertentu yang sangat khas. Monster tipe ini biasanya berwujud naga air dan makhluk-makhluk air yang ada dalam mitologi dunia. Salah satu contoh menarik dari tipe ini adalah Aqua Dragon.

13. Rock

Tipe monster berikutnya adalah Rock yang berbasis elemen tanah. Monster tipe ini biasanya berwujud golem atau monster batu. Selain itu, tipe mempunyai statistik DEF atau pertahanan yang tinggi, seperti Labyrinth Wall.

14. Thunder

Sesuai namanya, Thunder merupakan tipe monster yang berhubungan dengan elemen petir. Monster tipe ini rata-rata mempunyai serangan khas berbentuk sambaran petir. Beberapa contoh menarik dari monster tipe ini adalah Thunder Dragon dan Twin-Headed Thunder Dragon.

15. Pyro

Selanjutnya, ada tipe monster bernama Pyro yang mempunyai kekuatan api. Monster tipe ini rata-rata digambarkan dengan api yang terlihat panas. Selain itu, tipe ini mampu memberikan kerusakan yang besar pada lawan, contohnya adalah Thestalos The Firestorm Monarch

Baca juga: 10 Duelist yang Paling Menarik dalam Cerita Yu-Gi-Oh! Sevens

16. Plant 

Sesuai namanya, tipe Plant berhubungan erat dengan tumbuhan, seperti bunga atau tanaman liar. Tipe ini lebih cocok digunakan sebagai pendukung dalam duel. Beberapa contoh monster tipe Plant yang terkenal adalah Lonefire Blossom dan Gigaplant.

17. Zombie

Selanjutnya, ada monster tipe Zombie yang biasanya berwujud tengkorak, mayat hidup, vampir, dan hantu. Tipe ini terbilang cukup menarik sekaligus horor. Ada beberapa kartu tipe Zombie yang sangat menarik dan terkenal, contohnya adalah Mezuki dan Zombie Master.

18. Reptile 

Sama seperti namanya, tipe Reptile merepresentasikan hewan-hewan reptil. Meskipun tipe ini seringkali dianggap remeh, ada beberapa duelist menarik dalam anime Yu-Gi-Oh! yang mengandalkan tipe ini, seperti Thelonious Viper dan Yuga Goha. 

19. Dinosaur

Dinosaur merupakan tipe monster favorit yang digunakan oleh Rex Raptor dalam berduel. Monster tipe ini mayoritas berwujud dinosaurus yang bertaring tajam, seperti T-Rex. Dari segi kekuatan, tipe ini biasanya mempunyai ATK yang cukup tinggi.

20. Winged Beast

Selanjutnya, ada tipe Winged Beast yang mengacu pada monster-monster bersayap, khususnya burung. Meskipun tipe ini lebih condong digunakan sebagai support, ada juga monster Winged Beast yang sangat kuat, seperti Sacred Phoenix of Nephthys

Baca juga: 10 Monster Magician Milik Yugi yang Paling Keren dan Menarik

21. Psychic

Berbeda dengan tipe-tipe sebelumnya, Psychic mulai populer setelah diperkenalkan dalam cerita Yu-Gi-Oh! 5Ds. Monster tipe ini rata-rata berwujud cyborg atau mutan dengan elemen cybernetic yang terlihat sangat keren. 

22. Wyrm

Tipe Wyrm pertama kali diperkenalkan dalam cerita ARC-V. Tipe ini memang sangat mirip dengan naga. Akan tetapi, naga tipe Wyrm tidak mempunyai kaki atau tangan dan biasanya berbasis naga dalam mitologi British atau Nordik.

23. Cyberse

Selanjutnya, ada tipe monster Cyberse yang mulai populer setelah muncul dalam cerita VRAINS. Monster tipe ini terbilang sangat unik dan berkaitan dengan teknologi digital dan cyberspace. Karena itulah, tipe ini mirip seperti tipe Machine dan Psychic.

24. Divine-Beast

Divine-Beast bisa dibilang sebagai tipe monster yang paling superior dibandingkan tipe-tipe sebelumnya. Tipe ini menggunakan nama-nama dari dewa yang terkenal dalam mitologi dunia, seperti Obelisk The Tormentor, Silfer the Sky Dragon, dan The Winged Dragon of Ra.

25. Creator God

Creator God adalah tipe monster yang sangat ekslusif dan lebih langka dibandingkan kartu dewa. Sejauh ini, hanya ada satu monster yang bertipe Creator God, yaitu Holactie the Creator of Light. Monster itu pernah dipanggil oleh Atem dalam cerita manga dan anime Yu-Gi-Oh!.

Baca juga: 10 Kartu Dewa yang Paling Terkenal dalam Cerita Yu-Gi-Oh!

Previous Post Next Post

Contact Form