10 Fakta Menarik Tentang Dr. Vegapunk dalam Cerita One Piece


Dr. Vegapunk merupakan ilmuwan yang paling jenius dan terkenal dalam cerita One Piece. Dia telah disinggung dalam cerita sejak beratus-ratus chapter yang lalu. Setelah menunggu sekian lama, dia pada akhirnya menunjukkan dirinya.

Pada kesempatan kali ini, MogiMogy ingin mengulas lebih lanjut beberapa fakta menarik seputar Dr. Vegapunk. Untuk lebih jelasnya, cek pembahasan langsung berikut ini! 

1. Berasal dari Baldimore, Pulau Karakuri

Dr. Vegapunk lahir di sebuah tempat bernama Baldimore yang terletak di Pulau Karakuri, Grand Line. Baldimore dikenal sebagai negara masa depan berkat teknologi yang sangat canggih, seperti cyborg dan struktur mekanik yang lain.

Franky sempat terdampar di pulau ini saat dia dilemparkan oleh Kuma dua tahun yang lalu. Dia mempelajari blueprint jenius yang dibuat oleh Dr. Vegapunk sehingga dia memperkuat tubuh cyborg-nya dan menciptakan robot canggih.

2. Menciptakan Penemuan-Penemuan Menarik

Dr. Vegapunk memberikan kontribusi yang sangat besar selama dia bekerja di angkatan laut. Dia berhasil menciptakan penemuan-penemuan baru. Sebagai contoh, kita bisa melihat proyek Pacifista dan Seraphim yang sangat canggih.

Selain itu, Dr. Vegapunk mampu menanamkan buah iblis pada objek mati. Dia tahu cara memanfaatkan kairoseki atau batu laut pada kapal angkatan laut sehingga mereka bisa melewati Calm Belt tanpa takut ancaman Sea King. 

3. Pernah Bergabung dengan MADS

Sebelum bergabung dengan angkatan laut, Dr. Vegapunk pernah menjadi bagian dari sekelompok ilmuwan bernama MADS. Dr. Vegapunk sempat bekerja sama dengan ilmuwan lain, seperti Vinsmoke Judge, Caesar Clown, dan Queen. 

Ilmuwan MADS berhasil meneliti Lineage Factor atau cetak biru kehidupan. Berkat hasil penelitian itu, Dr. Vegapunk bisa menggunakan DNA dari Kaido untuk menciptakan tiruan Uo Uo no Mi, Model: Seiryu.

Baca juga: 10 Harga Buronan Terendah dalam Cerita One Piece

4. Mengembangkan Pulau Egghead

Pulau Egghead merupakan pulau yang terafiliasi dengan Pemerintah Dunia. Pulau tersebut juga dilabeli dengan julukan Pulau Masa Depan. Hal itu tidaklah mengherankan karena pulau tersebut dipenuhi dengan teknologi canggih dan mutakhir.

Di pulau inilah, Dr. Vegapunk melakukan berbagai penelitian baru. Dia mampu mengembangkan hologram dan mesin-mesin canggih. Selain itu, dia mampu memodifikasi iklim musim dingin di Pulau Egghead menjadi iklim tropis.

5. Memakan Buah Iblis Nomi Nomi no Mi

Tanpa diduga, Dr. Vegapunk ternyata merupakan pengguna buah iblis. Dia memiliki kekuatan buah iblis bernama Nomi Nomi no Mi. Buah iblis tersebut membuat otaknya membesar seiring dengan banyaknya pengetahuan yang dia dapatkan.

Karena ukuran otaknya terlalu, dia bahkan memotong otak tersebut dan menyimpannya dalam sebuah tempat bernama Punk Records. Meskipun demikian, dia masih bisa mengakses otaknya melalui antena yang memancarkan gelombang khusus.

6. Mempunyai 6 Satelit 

Sebagai seorang ilmuwan, Dr. Vegapunk adalah orang yang sangat sibuk dan mempunyai banyak pekerjaan. Demi mempermudah aktivitasnya, dia membagi dirinya menjadi enam orang yang dikenal sebagai satelit. 

Enam satelit tersebut adalah Shaka, Lilith, Edison, Pythagoras, Atlas, dan York. Setiap satelit mempunyai kode nomor, sifat/aspek tertentu, dan job khusus yang harus dilakukan. Selain itu, mereka bisa saling berbagi pikiran melalui Punk Records. 

Baca juga: 11 Pengguna Gyojin Karakte yang Muncul dalam Cerita One Piece

7. Bersahabat Baik dengan Profesor Clover

Profesor Clover dikenal sebagai arkeolog yang sangat cerdas dari Ohara. Dia mempelajari Poneglyph agar dia bisa mengungkap sejarah abad kekosongan. Akan tetapi, hal itu merupakan tindakan ilegal hingga dia dan Ohara dimusnahkan oleh Pemerintah Dunia.

Di masa lalu, Dr. Vegapunk ternyata bersahabat baik dengan Profesor Clover. Dia merasa berduka saat mengetahui nasib tragis Clover dan Ohara. Meskipun demikian, dia mempunyai keinginan untuk meneruskan warisan sekaligus penelitian dari Ohara tentang sejarah dunia. 

8. Mempunyai Koneksi dengan Dragon 

Selain bersahabat baik dengan Clover, Dr. Vegapunk juga menjalin koneksi dengan Dragon. Dalam sebuah flashback, dia bahkan sempat ditawari oleh Dragon untuk bergabung dengan pasukan revolusi. 

Meskipun Dr. Vegapunk dan Dragon mempunyai pandangan yang sama tentang kebobrokan dunia, Vegapunk menolak tawaran Dragon. Dia menganggap bahwa pasukan Dragon miskin sehingga mereka tidak mampu mendanai penelitan Vegapunk.

9. Tertarik dengan Sejarah dan Abad Kekosongan

Setelah insiden Ohara, Dr. Vegapunk sempat pergi ke Elbaf dan mempelajari buku-buku peninggalan Ohara yang berhasil diselamatkan oleh Saulo. Secara otomatis, Vegapunk pun mendapatkan banyak informasi tentang sejarah kerajaan kuno di masa lalu.

Dr. Vegapunk bahkan mengaku bahwa Pulau Egghead yang sangat canggih adalah gambaran dari kejayaan di masa lalu. Sama seperti kasus Clover, dia pun kini menjadi incaran dari Pemerintah Dunia karena dia telah mempelajari sejarah tersebut. 

10. Impian Besar Dr. Vegapunk

Dalam chapter 1068, terungkap informasi menarik tentang impian besar Dr. Vegapunk. Dia ingin menciptakan sebuah energi yang bisa diakses secara gratis oleh seluruh orang di dunia. Impian tersebut mengingatkan penulis tentang ilmuwan terkenal bernama Nikola Tesla.

Baca juga: Penjelasan Kekuatan Coby dalam Cerita One Piece

Previous Post Next Post

Contact Form