15 Mata Uang Fiksi yang Muncul dalam Dunia Anime


Meskipun tidak begitu berdampak pada cerita, keberadaan mata uang fiksi yang ada di dunia anime adalah salah satu topik yang menarik untuk dibahas. Ada beberapa anime yang menghadirkan currency atau alat transaksi yang mempunyai ciri khas tertentu.

Untuk informasi lebih lengkapnya, MogiMogy telah mengulas daftar mata uang fiksi yang ada di dunia anime. Yuk, cek langsung ulasannya berikut ini!

1. Zeni – Dragon Ball

Sebagai permulaan, ada mata uang Zeni yang menjadi alat tukar utama dalam cerita Dragon Ball. Mata uang tersebut sangatlah legendaris dan menginspirasi manga-manga lain, seperti One Piece dan Hunter x Hunter

Menurut Akira Toriyama, satu Zeni setara dengan satu Yen. Selain itu, penamaan mata uang tersebut juga terinspirasi dari koin perunggu yang ada di Jepang sekitar abad ke-17. Zeni biasanya digunakan sebagai hadiah bagi pemenang turnamen Tenkaichi Budokai.

2. Belly – One Piece

Buat kalian penggemar One Piece, kalian pasti tidak asing dengan mata uang Belly. Mata uang tersebut adalah alat tukar yang paling dominan di dunia One Piece. Selain itu, mata uang itu juga digunakan sebagai hadiah atas bajak laut atau buronan berbahaya.

Meskipun demikian, ada beberapa wilayah tertentu yang menggunakan sistem pertukaran tersendiri. Sebagai contoh, Skypiea menggunakan mata uang Extol dan Wano menggunakan emas untuk bertransaksi sehari-hari.  

3. Ryō – Naruto

Selanjutnya, ada mata uang Ryō yang digunakan untuk bertransaksi dalam cerita Naruto. Mata uang tersebut terinspirasi dari koin emas kuno yang pernah digunakan di Jepang sebelum periode Meiji. Selain itu, nilai tukar 1 Ryō setara dengan 10 yen.

Meskipun jarang mendapat sorotan, mata uang ini digunakan untuk membayar para shinobi yang telah menuntaskan misi. Selain itu, Naruto juga perlu menggunakan uang ini kalau dia mau makan di Ramen Ichiraku hehe.

4. Kan – Bleach

Kan merupakan mata uang yang berlaku di Soul Society. Mata uang tersebut berwujud koin dengan lubang di tengahnya. Selain itu, bentuk dari mata uang tersebut sangat mirip seperti koin 5 yen Jepang.

Para penduduk Soul Society bisa menggunakan Kan untuk bertransaksi sehari-hari.  Selain itu, Kan juga digunakan untuk membayar upah para Shinigami yang telah bekerja keras dalam membasmi para Hollow.  

5. Jenny – Hunter x Hunter

Selanjutnya, ada mata uang bernama Jenny yang menjadi currency utama dalam cerita Hunter x Hunter. Meskipun tidak begitu menjadi fokus perhatian, mata uang tersebut cukup sering disebut dalam cerita.

Sebagai contoh, Killua sempat membeli sebuah minuman dengan harga 150 Jenny pada chapter 45. Berdasarkan referensi yang ada, 1 Jenny kira-kira mempunyai nilai tukar yang setara dengan 0,9 yen Jepang. 

Baca juga: 10 Pasukan Militer yang Paling Keren dalam Cerita Anime

6. Jewels – Fairy Tail

Dalam cerita Fairy Tail, para penyihir dan penduduk di Fiore menggunakan mata uang Jewels sebagai alat transaksi. Walaupun arti kata “Jewels” adalah permata, mata uang tersebut uniknya berwujud uang kertas.

Jewels bisa digunakan untuk membeli item-item sihir atau benda biasa. Selain itu, para penyihir akan mendapatkan upah berupa Jewels sesuai dengan tingkat misi yang mereka jalani. Untuk nilai tukar, 1$ kemungkinan setara dengan 100 Jewels. 

7. Cor – Sword Art Online 

Di dalam dunia Sword Art Online, para pemain bisa menggunakan mata uang bernama Cor untuk bertransaksi. Mereka bisa membeli makanan atau kebutuhan yang mereka perlukan, seperti menyewa tempat tinggal.

Menariknya, para pemain bisa mendapatkan Cor dengan berbagai metode. Pertama, mereka bisa mengalahkan bos atau monster yang ada di dungeon. Mereka juga bisa menggunakan cara kotor, seperti mencuri item dan uang dari pemain lain.

8. Woolong – Cowboy Bebop

Selanjutnya, ada mata uang Woolong yang menjadi alat tukar utama di Solar System. Berbeda dengan mata uang sebelumnya, Woolong bisa digunakan dalam wujud uang kertas atau transfer digital melalui alat khusus.

Woolong juga digunakan untuk menentukan harga buronan kriminal berbahaya. Menariknya, mata uang tersebut juga menjadi alat tukar utama dalam cerita Space Dandy dan Carole & Tuesdey. Maklum, kedua series tersebut merupakan garapan dari Shinichiro Watanabe.

9. Double Dollars – Trigun

Trigun merupakan salah satu anime lawas yang kini tengah dibuat ulang dalam versi terbaru. Anime tersebut bercerita tentang petualangan Vash yang penuh dengan rintangan. Dia menjadi incaran dari organisasi jahat bernama Gung Ho Guns.

Dalam anime tersebut, ada mata uang menarik yang disebut Double Dollars dengan simbol $$. Mata uang tersebut juga digunakan untuk menentukan harga seorang buronan. Contohnya adalah Vash yang mempunyai bounty sebesar $$60.000.000.000.

10. Cens – Fullmetal Alchemist: Brotherhood

Fullmetal Alchemist: Brotherhood berfokus pada petualangan Elric Bersaudara yang penuh dengan lika-liku. Terlepas dari hal itu, anime tersebut juga menghadirkan mata uang fiksi yang dikenal dengan istilah Cens.

Cens adalah alat transaksi yang berlaku di wilayah Amestris. Seperti uang di dunia nyata, Cens tersedia dalam bentuk uang kertas dan koin metal. Biasanya, Ed menggunakan Cens untuk membeli automail berkualitas tinggi. 

Baca juga: 10 Karakter Mata-Mata yang Paling Keren dalam Cerita Anime

11. Wong – Outlaw Star

Jika dilihat dari cara kerja, Wong dalam cerita Outlaw Star sangat mirip dengan Woolong di Cowboy Bebop. Wong biasa didistribusikan dalam bentuk koin atau nota bank. Selain itu, mata uang tersebut bisa digunakan dalam transaksi digital.

Sebagai contoh penggunaan dari mata uang tersebut, Starwind dan Hawking biasa mematok harga sebesar 800 wong per hari untuk jasa bodyguard. Selain itu, mata uang itu bisa digunakan untuk menentukan hadiah atau harga buronan seseorang.

12. Cast Points – Deadman Wonderland

Cast Points alias CP merupakan alat transaksi yang bisa digunakan di penjara Deadman Wonderland. CP tersimpan dalam sebuah kartu bernama Cast Cards. Cara kerja dari sistem tersebut sangat mirip seperti kartu debit alias ATM.

Para tahanan bisa menggunakan CP untuk membeli Candy yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup mereka. Selain itu, mereka bisa mendapatkan CP apabila mereka memenangkan kompetisi di penjara, seperti Dog Race Show dan Carnival Corpse.

13. Midas Money – C

Selanjutnya, ada Midas Money yang seringkali menjadi sorotan dalam cerita anime C. Mata uang tersebut berasal dari sebuah wilayah bernama Financial District. Uang tersebut sangatlah unik dan hanya bisa dilihat oleh sekelompok orang yang dikenal sebagai Entres.

Selain itu, Midas Money bisa meniru berbagai mata uang di seluruh dunia. Terlepas dari keunikan itu, penggunaan Midas Money yang terlalu besar bisa berdampak mengerikan bagi perekonomian dan menyebabkan inflasi. 

14. Dalc – Spy x Family

Ostania merupakan sebuah negara kuat yang terletak di timur Westalis. Di negara itulah, Loid Forger alias Twilight mendapatkan misi khusus bernama Operasi Strix. Dia harus membentuk sebuah keluarga agar misi itu bisa berjalan sukses.

Selain mempunyai pasukan militer kuat, Ostania juga menerapkan alat transaksi utama, yaitu dalc dan koin pent. Berdasarkan nilai tukar, 1 dalc setara dengan 100 pent. Selain itu, 1 dalc juga setara dengan 320 Yen. 

15. Yul – Black Clover

Kerajaan Clover merupakan kerajaan yang berperan besar dalam cerita. Kerajaan tersebut mempunyai pasukan ksatria sihir yang tangguh di bawah komando Kaisar Sihir. Mereka bertugas melindungi kerajaan dari ancaman musuh.

Meskipun tidak begitu disorot, Kerajaan Clover ternyata menerapkan mata uang khusus bernama Yul yang bisa digunakan untuk bertransaksi sehari-hari. Mata uang tersebut berbentuk kepingan koin berwarna keemasan.

Baca juga: 15 Energi yang Paling Menarik dalam Cerita Anime

Previous Post Next Post

Contact Form