Daftar Karakter yang Pernah Melatih Goku dalam Cerita Dragon Ball


Selama alur cerita Dragon Ball, Goku selalu tumbuh menjadi lebih kuat dari waktu ke waktu. Meskipun dia bisa berlatih secara mandiri, dia seringkali membutuhkan bantuan dari seorang guru yang bisa mengeluarkan potensi terpendamnya.

Pada tulisan kali ini, MogiMogy ingin mengulas daftar karakter yang pernah menjadi guru Goku dalam cerita Dragon Ball. Siapa sajakah mereka? Cek informasi selengkapnya berikut ini!

1. Grandpa Gohan

Grandpa Gohan merupakan kakek Goku yang telah merawatnya sejak kecil. Meskipun dia diceritakan telah meninggal, dia bisa dibilang sebagai guru pertama yang mengajari Goku tentang dasar-dasar seni bela diri.

Grandpa Gohan mempunyai kontribusi besar dalam mendidik Goku pada masa kecil. Karena itulah, Goku bisa tumbuh menjadi anak yang pemberani dan suka menolong orang lain yang membutuhkan bantuan.

2. Muten Roshi

Muten Roshi termasuk salah satu guru Goku yang paling ikonik dalam cerita Dragon Ball. Dia dikenal sebagai master bela diri yang sangat berbakat. Meskipun demikian, dia mempunyai sifat yang genit dan suka menggoda wanita.

Selama tinggal bersama dengan Muten Roshi, Goku dan Krillin melalui pelatihan yang sangat intens setiap hari. Latihan tersebut membuat fisik mereka jadi meningkat lebih kuat sehingga kemampuan bertarung mereka menjadi lebih maksimal.

Selain itu, Muten Roshi juga berperan penting dalam memperkenalkan Goku dan Krillin tentang Tenkaichi Budokai alias kejuaraan bela diri dunia. Di tempat itu, mereka bisa berhadapan dengan para seniman bela diri dari berbagai belahan dunia.

3. Karin

Setelah dikalahkan oleh Tao Pai Pai, Goku memutuskan untuk memanjat menara yang menjulang setinggi langit dengan harapan agar dia bisa lebih kuat. Menurut legenda, siapapun yang berhasil mencapai puncak menara dan meminum air ajaib akan mendapatkan kekuatan hebat.

Sesampainya di sana, Goku pun bertemu dengan Master Karin yang telah berumur 800 tahun. Dia pun berusaha untuk merebut cawan air ajaib dari tongkat Master Karin. Hal itu termasuk salah satu bentuk latihan yang diberikan oleh Master Karin.

Master Karin mengajari Goku tentang pentingnya stamina dan observasi dalam pertarungan. Setelah melalui latihan bersama Master Karin, Goku semakin bertambah gesit dan lincah hingga dia bisa mengalahkan Tao Pai Pai.

Baca juga: 10 Versi Kamehameha yang Paling Hebat dalam Cerita Dragon Ball

4. Mr. Popo & Kami

Meskipun King Piccolo berhasil dikalahkan, dia berhasil melahirkan penerusnya sebelum detik-detik kematiannya. Demi melawan ancaman tersebut, Goku diminta oleh Kami untuk berlatih di istana dewa selama beberapa waktu.

Goku melewati berbagai latihan yang sulit bersama dengan Mr. Popo. Sebagai contoh, dia belajar untuk mengontrol ki dan merasakan energi dari orang lain. Selain itu, dia juga sempat berlatih di Pendulum Room dan kembali ke masa lalu.

Meskipun tidak diperlihatkan jelas, Kami sepertinya juga turut membantu pelatihan Goku. Hasil latihan dari mereka berdua terlihat sangat jelas saat Goku bertarung melawan Piccolo Jr. di Tenkaichi Budokai Ke-23.

5. Kaio

Dalam pertempuran melawan Raditz, Goku sempat mengorbankan dirinya hingga dia terbunuh. Meskipun demikian, dia tidak berhenti begitu saja. Dia meneruskan latihannya bersama Kaio selama berada di akhirat.

Sebelum diangkat sebagai murid Kaio, Goku harus lulus tes terlebih dahulu. Dia perlu membuat Kaio tertawa dengan sebuah lelucon. Selain itu, dia juga harus tertawa setiap kali mendengar lelucon yang dikatakan Kaio.

Selama berlatih bersama Kaio, Goku mengalami banyak kesulitan karena dia harus bergerak di medan gravitasi 10 kali lipat dari bumi. Namun, latihan itu membuatnya jadi tambah kuat. Selain itu, dia mampu menguasai teknik baru, yaitu Kaio-Ken dan Genki Dama.

6. Dr. Brief

Meskipun Dr. Brief bukanlah mentor Goku secara langsung, dia turut berkontribusi besar dalam membantu pelatihan Goku. Dia  berhasil menciptakan alat pengatur gravitasi hingga mencapai 100x lipat.

Selama perjalanan menuju Planet Namek, Goku memanfaatkan fasilitas tersebut untuk berlatih. Dia meningkatkan medan gravitasi secara perlahan-lahan hingga dia mulai terbiasa. Latihan tersebut terbukti efektif untuk membuatnya bertambah kuat dalam waktu singkat.

7. Penduduk Yardrat

Setelah pertarungan dahsyat melawan Frieza di Planet Namek, Goku sempat menghilang secara misterius tanpa kabar hingga membuat teman-temannya khawatir. Dia ternyata berhasil bertahan hidup dan terdampar di Planet Yardrat.

Selama berada di planet tersebut, Goku mempelajari jurus baru bernama Shunkan Ni Dou. Teknik itu memungkinkan dia untuk berteleportasi dalam waktu singkat. Dia memerlukan waktu yang cukup lama untuk menguasai teknik tersebut.

Baca juga: 10 Turnamen yang Paling Seru dalam Cerita Dragon Ball

8. Whis

Selama alur cerita Dragon Ball Super, Goku pun mendapatkan kekuatan baru beserta power up yang sangat signifikan. Selain itu, dia juga mendapatkan guru baru yang melatihnya secara intens. Mentor tersebut adalah seorang Angel bernama Whis.

Whis berperan penting dalam mengajari Goku tentang dasar-dasar penggunaan Ultra Instinct. Meskipun teknik tersebut sangat sulit, Goku perlahan-lahan mulai menguasainya berkat bimbingan dari Whis.

9. Merus

Sebagai penutup, ada guru Goku yang bernama Merus. Sama seperti Whis, dia juga merupakan seorang Angel. Dia memutuskan untuk melatih Goku sebagai bentuk persiapan dalam pertempuran rematch melawan penjahat bernaam Moro. 

Mereka berdua berlatih singkat di sebuah tempat khusus, yakni Room of Spirit and Time. Berkat bantuan dari Merus, Goku berhasil menguasai Ultra Instinct dengan lebih terampil hingga kekuatan bertarungnya meningkat drastis. 

Baca juga: 10 Teknik Terkuat Vegeta dalam Cerita Dragon Ball

Previous Post Next Post

Contact Form