20 Game Balapan PS1 yang Paling Keren Sepanjang Masa


Meskipun waktu telah berlalu, PS1 mempunyai kenangan tersendiri di hati anak-anak tahun 90’an. Ada banyak permainan seru pada masanya dengan berbagai macam jenis, seperti aksi pertempuran hingga balapan. 

Pada tulisan kali ini, MogiMogy ingin mengulas lebih lanjut daftar game balapan PS1 yang terbaik dan paling keren. Apa sajakah itu? Cek pembahasannya berikut ini!

1. Nascar Rumble

Nascar Rumble merupakan salah satu game balapan PS1 yang terbaik dan wajib dicoba. Ada banyak pilihan mobil keren yang bisa dimainkan oleh para pemain. Selain itu, opsi rute balapannya pun bervariasi.

Selama balapan, pemain juga bisa mendapatkan berbagai persenjataan keren yang bisa menjatuhkan lawan. Sebagai contoh, pemain bisa menggunakan tornado, mengeluarkan jebakan oli, hingga membekukan musuh dengan es.

2. Crash Team Racing (CTR)

Sama seperti sebelumnya, Crash Team Racing (CTR) juga menghadirkan aksi balapan yang kacau karena pemain bisa menggunakan senjata acak, seperti bom TNT, tembakan rudal, dan sejenisnya. Selain itu, ada pula sistem boost di tengah jalan yang bisa meningkatkan kecepatan pemain. 

Para pembalap dalam gim ini juga lucu-lucu. Rute balapannya pun sangat bervariasi, mulai dari area pantai, reruntuhan kuno, hingga area canggih seperti di sci-fi. Selain itu, pemain bisa memilih single player untuk berpetualang dan berhadapan dengan bos kuat.

3. Gran Turismo 2

Banyak yang beranggapan bahwa Gran Turismo 2 adalah salah satu gim balapan terbaik PS1. Gim tersebut menghadirkan nuansa balapan seperti di dunia nyata, mulai dari pilihan mobilnya yang realistis beserta arena balapan yang mirip seperti sungguhan.

Gran Turismo 2 tidak hanya berfokus pada balapan saja. Pemain bisa menggunakan opsi permainan lain, seperti mencari duit atau melakukan tes lisensi yang bisa memperluas zona balapan. Hal itulah yang menjadi daya tarik utama dalam gim tersebut.

4. Colin McRae Rally

Rekomendasi selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Colin MCRae Rally. Judul gim tersebut dibuat berdasarkan pembalap legendaris, yakni Colin McRae. Gim tersebut menghadirkan lokasi yang keren dengan jalan yang terlihat mendetail.

Para pemain dalam gim ini harus berpacu dengan waktu dan melintasi sirkuit secepat mungkin. Hal itu menjadi tantangan yang harus di taklukkan. Daya tarik lain dari gim ini adalah adanya mode custom mobil yang cukup sederhana.

5. 3Xtreme

Jika permainan sebelumnya berfokus pada balapan mobil, 3Xtreme menghadirkan nuansa yang berbeda dan tidak kalah seru. Para pemain di sini bisa memilih berbagai karakter yang berbeda-beda, mulai dari pengguna skateboard, sepeda, dan sepatu roda.

Bukan cuman soal balapan, salah satu hal menarik dari gim ini adalah pemain bisa beratraksi dan melakukan freestyle di sepanjang balapan. Rute atau arena balapan pun sangat bervariasi sehingga pemain tidak akan bosan.

Baca juga: 30 Fusion Terbaik dalam Game Yu-Gi-Oh! Forbidden Memories

6. Road Rash Jailbreak

Road Rash Jailbreak menyuguhkan aksi geng balap motor yang sangat kacau tapi seru. Pemain mempunyai kebebasan di sepanjang balapan, mulai dari memukul lawan atau menyerangnya dengan senjata seperti tongkat.

Meskipun begitu, hal yang sama juga berlaku pada musuh. Mereka bisa menyerang pemain dengan agresif. Karena itulah, pemain harus ekstra berhati-hati agar pemain bisa bertahan dan memenangkan balapan.

7. Jet Moto 2

Gim balapan PS1 selanjutnya adalah Jet Moto 2. Yang menarik dari gim tersebut adalah pemain menggunakan hoverbike canggih yang bisa terbang di udara. Buat anak-anak di tahun 90’an, kendaraan tersebut sangatlah keren.

Para pemain akan balapan dengan musuh melewati berbagai rute yang variatif, seperti area gurun hingga pegunungan. Selain itu, gim tersebut punya bos yang sangat sulit untuk dikalahkan sehingga pemain butuh usaha ekstra.

8. Wipeout XL

Buat kamu yang bosan dengan balapan motor atau mobil, Wipeout XL bisa menjadi opsi terbaik untuk dimainkan. Salah satu daya tarik utama dari gim tersebut adalah nuansa balapan yang futuristik dan memukau. 

Wipeout XL mempunyai banyak pengembangan dibandingkan seri sebelumnya, mulai dari pilihan senjata, rute balapan, dan musik. Hal tersebut membuat permainan ini menjadi lebih seru dan menyenangkan.

9. Hot Wheels Turbo Racing

Hot Wheels merupakan salah satu franchise yang terkenal berkat mobil-mobilnya yang keren. Franchise tersebut pun sering diangkat berbagai media, seperti serial animasi dan gim balapan yang keren.

Contohnya adalah Hot Wheels Turbo Racing yang dirilis untuk PS1. Meskipun tidak sepopuler Gran Turismo atau Nascar Rumble, gim tersebut masih menarik untuk dimainkan. Jika beruntung, pemain bisa mendapatkan mobil baru yang tersembunyi di setiap sirkuit.

10. Let’s And Go Eternal Wings!!

Let’s And Go Eternal Wings!! merupakan gim balapan PS1 yang sangat populer di kalangan penggemar Tamiya. Gim tersebut menghadirkan berbagai jenis mobil mini 4WD alias Tamiya yang muncul dalam seri animenya.

Setiap Tamiya yang ada di gim ini mempunyai kemampuan khusus yang bervariasi. Pemain bisa memilih Tamiya sesuai dengan kesukaannya. Selain itu, gim ini menghadirkan bos final yang sangat susah untuk dikalahkan dan bisa bikin pemain frustasi.

Baca juga: 15 Karakter yang Paling Keren dalam Game King of Fighters

11. V-Rally 2: Need for Speed/Championship Edition 2

Gim balapan PS1 selanjutnya adalah V-Rally 2: Need for Speed/Championship Edition 2. Ada banyak hal menarik yang membuat gim tersebut sangat keren dan seru untuk dimainkan, seperti banyaknya track atau sirkuit balapan.

Selain itu, mobil-mobil yang ada dalam gim tersebut juga sangat menarik. Para pemain pun harus berusaha untuk berunjuk gigi dan berkompetisi dengan maksimal agar mereka bisa menjadi seorang champion alias juara di gim tersebut.

12. Hydro Thunder

Sesuai namanya, Hydro Thunder berfokus pada balapan di area perairan. Kendaraan yang digunakan pun sangat menarik, yaitu speed boat yang bisa melaju cepat dengan berbagai pilihan warna yang sangat keren. 

Selain itu, rute balapan dari permainan ini juga menyenangkan. Pemain bisa melewati wilayah pegunungan hingga wilayah kutub es. Seperti gim lain, ada fitur boost di tengah arena balapan yang bisa dimanfaatkan pemain untuk mempermudah balapan.

13. Toy Story Race

Kalian pasti tidak asing lagi dengan film Pixar yang berjudul Toy Story. Film tersebut sangatlah sukses dan disukai banyak penggemar. Selain itu, film tersebut kemudian diangkat ke dalam seri gim, contohnya adalah Toy Story Race yang bisa dimainkan di PS1.

Mirip seperti gim balapan lain, Toy Story Race menghadirkan opsi senjata yang bisa digunakan di sepanjang balapan. Aspek menarik lainnya dari gim tersebut adalah arena balapannya yang lucu, seperti di rumah Andy. 

14. Twisted Metal 2

Twisted Metal 2 menghadirkan pertempuran mobil yang brutal dan agresif. Para pemain harus menghancurkan mobil lain dan menjadi pemain terakhir yang bertahan untuk memenangkan gim tersebut.

Ada banyak opsi senjata yang tersembunyi di setiap level permainan. Pemain harus mengeksplorasi setiap lokasi agar pemain mendapatkan senjata yang kuat. Selain itu, pemain harus pintar-pintar memanfaatkan senjata tersebut agar bisa mengenai lawan tepat sasaran.  

15. South Park Rally 

South Park Rally termasuk gim balapan yang lucu dan aneh, tapi seru buat dimainkan. Para pemain bisa menggunakan para pembalap yang berasal dari karakter-karakter South Park, seperti Stan, Kenny, Cartman, dan Kyle. Mobil yang mereka gunakan pun sangat unik. 

Bukan hanya itu, sirkuit balapannya pun terlihat lucu, seperit di area taman bermain atau tempat-tempat ikonik yang muncul di acara TV South Park. Selain itu, ada pilihan kotak senjata acak yang bisa dimanfaatkan oleh pemain. 

Baca juga: 15 Mobil Para Blacklist dalam Cerita Need For Speed: Most Wanted

16. Rollcage

Selanjutnya, ada game balapan unik PS1 yang berjudul Rollcage. Formula yang digunakan dalam gim tersebut memang seperti beberapa gim balapan sejenis, seperti adu kecepatan, penggunaan senjata khusus, dan adanya turbo pad.

Namun, ada satu hal unik yang dimiliki oleh gim tersebut, yaitu mobil yang digunakan oleh pemain bisa melakukan gerakan manuver keren dan menempel di dinding. Hal itu membuat nuansa balapan jadi lebih menyenangkan.

17. Driver

Driver termasuk gim balapan PS1 yang menghadirkan nuansa berbeda. Gim tersebut tidak hanya berfokus pada balapan saja, tetapi ada misi tertentu seperti adu cepat menuju ke lokasi tertentu hingga berpacu dengan waktu.

Dalam gim ini, pemain berperan sebagai John Tanner yang berprofesi sebagai polisi rahasia. Dia ditugaskan untuk menyusup ke dalam sindikat kriminal berbahaya. Dia pun harus mencegah rencana kotor mereka.

18. Vigilante 8

Meskipun Vigilante 8 tidak menyuguhkan aksi yang murni balapan, gim tersebut masih berkaitan dengan penggunaan mobil. Gim tersebut lebih berfokus pada pertempuran mobil yang dimodifikasi dengan senjata-senjata canggih, seperti torpedo dan senapan mesin.

Bisa dibilang, gim ini punya konsep yang hampir mirip seperti film Death Race. Para pemain harus bertarung di arena dan menghancurkan mobil milik musuh. Gim ini lumayan sulit dan butuh fokus untuk bisa menang. 

19. Chochobo Racing

Chochobo Racing bisa menjadi opsi game yang bisa dimainkan jika pemain suka dengan Crash Team Racing. Gim tersebut menghadirkan pembalap yang lucu-lucu, seperti ayam kecil bernama Chochobo, Black Mage, dan lain-lain.

Gim ini mempunyai beberapa mode permainan yang bisa dipilih pemain, seperti Story Mode, Versus, hingga Time Attack. Selain itu, pemain juga bisa mendapatkan random box yang berisi senjata-senjata unik.

20. Moto Racer 2

Sebagai penutup, ada gim balapan motor PS1 yang tidak kalah menarik, yaitu Moto Racer 2. Gim tersebut memungkinkan pemain untuk merasakan nuansa balapan seperti pembalap motor GP di sirkuit yang keren.

Rute yang disajikan pun terlihat realistis seperti sirkuit di dunia nyata. Selain itu, pemain bisa memilih motor dengan aneka ragam warna. Tingkat kesulitan gim ini pun gampang-gampang susah sehingga cocok untuk melepas stress.

Baca juga: 10 Karakter yang Paling Populer dalam Cerita Kirby Series

Previous Post Next Post

Contact Form