Meme Herp Part 1

Oke buat menyongsong tahun yang baru, gue awali tahun ini dengan yang kocak-kocak buat menghibur kita semuanya. Yaitu Meme Herp, meme paling konyol menurut gue sendiri. Ini bukan murni buatan gue, gue copas dari MRCI dan 1cak. So, lets see it !













Cowok Vs Cewek





Dari tadi gue cari inspirasi tapi kagak dapet-dapet, akhirnya dapet juga. Ketika cowok harus dihadapkan sama cewek, akan ada banyak perbedaan yang ditonjolkan. Gue mulai dari segi fisik/tampilan luar.

Cewek punya beban yang lebih besar daripada cowok, karena dia harus membawa beban itu setiap waktu, karena beban itu tak akan pernah bisa dilepas. Beban yang berayun-ayun keatas kebawah, dan darisitulah cewek patut dinobatkan sebagai makhluk yang perkasa. Sedangkan cowok gak seribet cewek, ia hanya memiliki satu adik kecil yang bersembunyi diantara semak-semak hitam. Cowok punya tanggungjawab yang lebih besar daripada cewek, karena ia harus mengajari sopan santun terhadap adiknya. Jangan sampai adiknya bangun dan salting ketika liat beban si cewek. Karena kalau ketahuan adik sedang tegang, bikin cowok malu dan mati gaya. (Sorry, kalau rada jorok)

Dari sikap kita juga bisa lihat bagaimana cewek dan cowok dikehidupan sehari-hari. Kalau cewek itu biasanya feminim, sedangkan cowok mayoritas maskulin. Jangan sampai ketuker, bisa bahaya. Kalau cewek itu maskulin dikirain entar banci thailand, sedangkan kalau cowok yang feminim entar disangka bencong yang suka mangkal dilampu merah. Dan kalau cewek jalan bareng gandengan tangan ditempat umum, itu terkesan biasa dan orang kagak sampai menaruh curiga yang berlebihan. Berbeda dengan cowok yang kalau jalan gandengan sama cowok lain, udah kagak perlu ditanyakan lagi, udah pasti HOMO mereka berdua, wkwkwkwk.

Kalau misalkan janjian, cewek butuh waktu lama untuk datang ke tempat yang dijanjikan. Mandi kagak cukup lima sampai sepuluh menit, butuh setengah jam bila perlu. Keramas, gosok badan biar mulus, sabun wajah, gosok gigi. Belum lagi dandan, milih baju yang cocok, pakai parfum, bercermin udah cantik apa belum. Bedak masih kurang tebel, dilapisi lagi, bibir biar lebih seksi kasih lipstick yang okelah. Beda banget sama cowok, mandi pakai sabun udah. Pakai kemeja lalu pakai minyak rambut, udah beres.

Dan menurut gue cewek itu makhluk yang inginnya menang sendiri dan kagak mau kalah. Sedangkan cowok itu harus mau mengalah demi mencegah meletusnya dynamite dengan frekuensi beribu-ribu Hz. Cowok dituntut untuk selalu pengertian dengan sicewek, padahal seringkali cewek kagak pengertian sama si cowok. Gue berbicara fakta yang kebanyakan terjadi bukan maksud memojokkan pihak cewek.

Karena apa? kalau misalkan dalam suatu hubungan itu yang egois si cowok kelar sudah. Percaya gak percaya, dan satu lagi fakta yang tak terbantahkan cewek adalah makhluk yang senang dipuji dan rentan untuk disakiti. Maka ketika seorang cewek dipuji oleh orang lain bisa-bisa ia merasa seakan terbang kelangit biru. Namun ketika ia tersakiti sedikit saja hatinya akan cepat rapuh. Sedangkan cowok, makhluk yang tegar dan bijaksana, ia adalah seorang pemimpin bagi keluarganya kelak. Maka dari itu, ia harus tahu bagaimana menghormati seorang wanita, dan memperlakukannya dengan adil dan bijaksana. Sekian dan terimakasih.


Menulis Itu Seni





Menulis kegiatan memindah fikiran dan emosi yang ada dalam diri seseorang ke dalam goresan tinta atau keyboard berbentuk kata dan kalimat. Menulis, diantara sekian banyak penduduk yang ada didunia ini, mungkin hanya sedikit orang yang memiliki minat dalam menulis.
            
Sesuai judul diatas, kenapa gue bilang menulis itu seni ? jawabannya karena pada dasarnya menulis sama dengan seni berhubungan dengan perasaan dan emosi manusia. Bukan dengan mengabaikan logika, tergantung dari apa yang kita tulis. Kita kesampingkan dulu hal tersebut, seni itu sendiri adalah sesuatu yang indah. Dan jika kita kaji lebih dalam, seni itu memiliki cabang antara lain seni sastra/menulis. So, ketika kita menulis kita sedang menciptakan sebuah karya seni. Jangan takut tulisan itu jelek atau bagus, fokuskan terlebih dahulu terhadap minat dan kemampuan yang kita miliki sekarang. Orang ingin berkata apa, abaikan. Karena mereka belum tentu bisa seperti kita.
            
Dalam seni, faktor yang paling mempengaruhi bagus atau tidaknya adalah perasaan dan emosi. Teknik hanya berpengaruh beberapa persen saja, terkadang jika kita bergantung teknik dan teori maka kita tidak sempat menuangkan rasa yang ada dalam diri kita terhadap karya yang kita buat. Begitupun menulis, cara kita menuangkan perasaan kedalam tulisan kita itu yang akan mempengaruhi pembaca dalam menilai tulisan kita. Jika kita tulus, dan menulis dengan segenap perasaan yang kita punya, kemungkinan besar pembaca juga akan terhanyut kedalam apa yangkita tulis seakan mereka ikut merasakan apa yang kita rasakan.
            
Menurut gue sendiri, logika tak perlu digunakan terlalu dalam saat menulis. Karena itu akan mengganggu konsentrasi kita dalam menulis, abaikan dulu EYD dan kata-kata yang baku/tidak baku. Jika kita sudah mulai terbiasa menulis, coba kita baca tulisan kita dari waktu ke waktu. Kita akan tahu bagaimana rasa dari tulisan kita dari waktu ke waktu, kita akan tahu sejauh mana kita berkembang, karena hampir tidak mungkin kita terjebak dalam kondisi yang tetap, karena gue yakin semakin lama dan terbiasa orang dalam menulis maka akan ada perkembangan meskipun itu kecil. Nilai tulisan kita sendiri, apakah sudah enak dibaca ? minimal ada satu faktor yang membuat kita terkesan membacanya dipart tertentu. Jika kita masih ada yang kurang coba perbaiki, dan revisi ulang untuk menghasilkan tulisan yang lebih baik.
            
Seni itu tidak ada salahnya, sama halnya apa yang kamu tulis itu tidak ada salahnya. Mau buruk atau bagus, itu tetap tulisan kamu. Orang hanya bisa membandingkan antara tulisanmu dan tulisan orang lain. Maka dari itu, agar orang lain tertarik membaca tulisan kalian cari sisi yang unik dalam tulisan kalian. Jangan pernah plagiat, lebih baik karya sendiri walau kurang memuaskan.      
            
Terakhir, menulis itu adalah sebuah seni menuangkan perasaan kedalam tulisan semisal cerpen, novel, diary. Serta seni menuangkan fikiran ke dalam tulisan semisal buki non fiksi, tajuk rencana, berita yang mencakup fakta. Atau bahkan menulis itu adalah seni menggabungkan kedua faktor tersebut kedalam sebuah tulisan.


Tentang Mantan




Kebanyakan, setelah putus semua berubah. Orang yang dulu membuat kita tertawa adalah orang yang juga membuat kita menangis. Orang yang dulu kita cintai, berubah menjadi orang yang kita benci. Itulah mantan, ketika ia sudah mendapatkan pengganti yang lebih baik dari kita sedangkan kita masih sendiri karena masih begitu sayang sama dia. Rasanya dunia hancur, berubah kelabu, semangat memudar, setiap hari seperti akan turun hujan. Berjalan sendiri meratapi kehidupan, belajar membuka hati namun belum juga bisa. Hanya untuk satu orang kita mengabaikan banyak hal.


Hal yang dulu kita suka berubah jadi hal yang paling kita benci, seperti lagu yang dulu sering kita putar dengan mantan, sekarang berubah jadi pisau yang menyayat hati kita ketika kita mendengarkannya. Namun, seiring berjalannya waktu rasa sakit itu akan memudar dengan sendirinya. Tinggal tersisa kenangan. Perlahan kita membuka lembaran baru dengan orang lain, kita berjalan kedepan meninggalkan masa lalu.


Saran, jangan pernah melampiaskan perasaan terhadap orang lain apabila kita masih terpaku dengan masa lalu, karena itu adalah hal yang menyakitkan untuk dia yang kita jadikan pelampiasan. Belajarlah untuk menerima dia sepenuh hati, dan yakinkan diri sendiri bahwa perasaan yang dulu akan menghilang dengan sendirinya. Atau simpanlah perasaan itu sendiri, dan bunuh perasaan itu pelan-pelan.



Setelah berjuang cukup keras, kita berada pada masa peralihan antara masa lalu dan masa depan. Disinilah waktu yang tepat, untuk mencari seseorang yang baru, yang akan mengisi kehidupan kita. Ambillah pelajaran dari masa lalu agar hubungan kali ini berjalan lebih baik.


Tapi kawan, sesibuk apapun kegiatan kalian sehari-hari. Adakalanya kita akan merasakan kangen sama mantan, bagaimana kabarnya dia saat ini ? Apakah dia sekarang sudah bahagia ? Ataukah dia masih berharap sama kita ? kita jadi kepo. Lalu kita cari tahu bagiamana dia yang sekarang. Yang paling penting, mungkin dia sekarang sudah lebih cantik dan dewasa dari yang dulu.


Dan menurut gue sendiri, mantan adalah tempat terbaik untuk belajar dari kesalahan. Seburuk apapun mantan kita, dia tetep pernah jadi bagian dari hidup kita. Kita pernah mengukir kenangan dengan dia.

Mantan, masa lalu yang indah sekaligus menyakitkan untuk dikenang. Dari mantan kita belajar  banyak hal, kita tahu bagaimana rasanya mencintai,menyayangi, perhatian, setia, sakit hati. Inget mantan, inget janji-janji yang pernah dibuat bersama, janji untuk saling menyayangi, jangan sampai menghianati salah satu pihak. Janji kosong yang terlupakan dikemudian hari.


“Mantan yang baik adalah mantan yang selalu mendoakan kebahagiaan mantannya”
-MogiMogy- 

Hero (Pahlawan)


Pahlawan, sebutan untuk sosok yang memiliki jasa tertentu, terutama untuk negara. Sebenarnya definisi pahlawan itu banyak banget. Terlebih setiap orang memiliki pahlawan masing-masing. Beda orang beda penafsiran tentang sosok pahlawan.
            
Untuk seorang yang berjiwa nasionalis, pahlawan adalah mereka yang berjuang mengusir penjajah dan memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. Soekarno, Bung Hatta, Muh. Yamin, serta pahlawan-pahlawan lain di lingkup kedaerahan seperti Tn Imam Bonjol, Diponergoro, Pattimura. Mereka sosok yang dihormati, dan jasanya akan dikenang diseluruh Indonesia, karena tanpa mereka negeri ini akan tetap dijajah oleh kaki tangan bangsa Eropa. Belum lagi para veteran, para pahlawan tanpa identitas yang diabaikan keberadaannya oleh pemerintah tanpa ada bantuan penghidupan yang layak. Seharusnya mereka mendapatkan perlakuan yang lebih baik dimasyarakat.




            
Bagi anak kecil yang masih terjebak didunia fantasi akan menganggap pahlawan adalah mereka yang mempunyai kekuatan super dan bertugas memberantas kejahatan dimuka bumi. Lebih tepat disebut super hero. Spiderman, Superman, dan Batman, ketiga sosok itulah yang seringkali diidolakan oleh anak-anak zaman dahulu. Darisanalah anak kecil mendamba-dambakan sosok pahlawan, mereka berangan-angan untuk bisa menjadi seperti mereka. Belum lagi di Jepang, ada anime dimana karakter utama selalu mengajarkan bagaimana cara membantu yang lemah ketika tertindas. Di Indonesia sendiri ada juga superhero, seperti saras, gatotkaca, wirosableng. Sosok khayalan itulah yang mengajarkan arti pahlawan kepada anak-anak kecil.

            
Dikalangan umat beragama ada juga sosok pahlawan, sosok yang dijunjung tinggi dan dijadikan panutan. Dalam Islam, nabi Muhammad adalah sosok yang begitu dipuja dan dijadikan suri tauladan yang baik bagi setiap muslim. Bagi umat Nasrani ada Isa Al Masih, bagi umat Budha ada sosok Sidarta Gaotama, dalam agama Hindu ada juga sosok Ramayana (maaf ini bukan bermaksud SARA).

            
Kembali ke realita, sosok pahlawan yang bergitu berjasa dalam kehidupan kita saat ini. Sosok yang jarang sekali kita perhatikan dan kita hormati, seringkali kita lalai akan jasa mereka yang begitu besar untuk kita. Orang tua, pahlawan hebat yang mampu membuat kita menjadi sosok hebat. Guru, pahlawan tanda jasa yang berkewajiban mencerdaskan kehidupan bangsa.
            
Pahlawan, mereka adalah orang-orang yang berjuang tanpa lelah, yang dengan ikhlas berjuang demi sesuatu tanpa berharap imbalan dari orang lain. Namun saat ini sosok pahlawan mulai pudar dari kehidupan orang-orang. Hanya sebagian kecil yang masih menghormati keberadaan mereka. Maka dari itu, sebisa mungkin hargailah jasa mereka karena tanpa mereka dunia kita tak akan bisa jadi seperti ini.

Stalker




Stalker atau bisa juga disebut penguntit ditujukan kepada orang yang suka kepo dengan kehidupan orang lain, entah itu pacar, orang yang ia suka/kagumi, lebih-lebih ngepoin mantan. Stalker yang udah parah tidak hanya ingin tahu tentang kehidupan seseorang melainkan harus tahu seluk beluknya kalau bisa, berbeda dengan stalker biasa yang cuman sekedar ingin tahu saja. Pekerjaan ini keren sekaligus menjijikkan bagi sebagian orang.
            
Dan orang yang sukanya ngestalk orang lain terutama di medsos, menurut gue cocok kalau jadi intel/mata-mata. Tiap detik dia mencari perkembangan dari target, dia baru makan, baru mandi, baru-baru ini putus. Macem-macem lah. Dan hampir semua stalker melakukan kegiatan tersebut secara terencana dan rahasia, karena kagak mungkin dia cerita jujur ke orang lain atau target yang ia untit. Ngestalk orang lain, menurut gue didasari oleh berbagai macam motif. Ada yang karena sekedar ingin tahu, terlalu kepo, iseng atau nganggur kagak ada kerjaan, ataupun karena kangen lama gak ketemu, yang paling penting karena mengagumi dia dari kejauhan.

Gue definisikan lebih lebar, untuk alasan yang pertama stalker yaitu ingin tahu kehidupan orang lain. Ini terutama buat kita yang lagi jatuh cinta sama seseorang, sadar gak sadar kita cenderung ingin mengenal dia lebih dalam. Kita sebisa mungkin akan mencari beberapa sumber agar kita lebih kenal dengan orang yang kita suka, entah itu akun medsosnya atau temennya. Mulai dari hobi dan kesukaan, mantannya dulu kayak gimana, sifatnya kayak gimana.

Alasan kedua stalker yaitu iseng atau nganggur. Maklum orang kagak ada kerjaan buat hiburan ya ngestalk orang lain, tapi kalau ini kebangeten kayaknya. Lebih-lebih kalau model kayak gini dijadikan hobi, absurd banget. Masih ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu nganggur selain ngestalk orang lain.

Yang ketiga, ini alasan yang cocok juga buat ngestalk orang lain yaitu kangen. Buat orang yang sedang kangen sama mantannya namun takut mengungkapkan secara langsung, pengen tanya kabar sungkan. Menganggap bahwa masa lalu tak perlu hadir lagi dimasa sekarang. Jalan terbaik untuk melepas kangen hanya dengan tahu keadaan dia saat ini, dengan ngestalk akun medsosnya. Kita ngestalk dia tanpa ada niat untuk balikan, tapi hanya ingin tahu bagaimana dia yang sekarang.

Terakhir , mengagumi orang dari kejauhan. Terutama orang yang tak akan pernah bisa kita gapai, hal yang bisa kita lakukan hanya dengan memandangnya dari kejauhan. Liat fotonya dimedsos, itu  kadang bisa menjadi hal yang menenangkan hati. Mengagumi seseorang, bukan hal yang mudah. Ibarat bumi yang hanya bisa memandang rembulan dilangit malam.

Buat para orang yang suka ngestalk orang lain. Ngestalk lah dengan etika yang baik dan jangan sampai anarkis itu doang pesen gue. Lebih asik kalau misalkan kalian ngestalk orang yang satu sekolahan sama kalian, ketika bertemu pasang cuek aja seakan kalian kagak tertarik sama sekali sama orang yang kalian stalk. Biar kesannya misterius, begini aja bro yang bisa gue share. Semoga menghibur.


Monkey Love




Cinta monyet adalah cinta-cintaan anak SMP yang marak sekali terjadi di Indonesia. Hampir semua orang pernah terjebak dalam permainan cinta ini, ketika kita memunafiki diri kita sendiri untuk dia yang kita anggap sebagai belahan hati kita sekarang sampai nanti.

Ketika bibir begitu mudah mengucapkan janji dan kata-kata manis, lalu ketika putus sakit hati sambil mencaci-caci diri kita sendiri atau bahkan sampai bermusuhan sama mantan. Hal itu lumrah terjadi dikalangan para remaja. Karena mereka masih terlena akan indahnya cinta yang baru hadir dikehidupan mereka.

Kalau menurut gue sendiri cinta monyet itu merupakan cinta yang hanya sekedar mainan buat gaya-gayaan tanpa adanya komitmen. So kalau udah kagak cocok bisa cari gandengan yang baru, atau besok balik lagi putus lagi balik lagi kayak gitu. Intinya ini semua hanyalah permainan.

Tapi kalau difikir-fikir itu adalah masa-masa yang indah untuk dikenang. Ketika kita jadian sama si doi, kita ngobrol dengan panggilan sayang. Dari sore sampai malem, pas mau tidur kita bilang “goodnight i love you” pake emoticon kiss. Kagak taunya seminggu kemudian putus.

Selain indah untuk dikenang, kita juga bisa mengambil pelajaran darisana. Kita bisa lebih menghargai sebuah hubungan, panggilan sayang bukan hanya sekedar panggilan kosong tapi memiliki makna yang lebih dari sekedar itu. Darisana kita juga belajar bagaimana menjadi pasangan yang baik dan nyaman untuk dia.

Cinta monyet merupakan sebuah simbol bagi para remaja labil yang belum bisa berkomitmen, karena cara berfikirnya masih kayak anak kecil. Namun ketika ia beranjak dewasa, saat ia sudah mulai berani berkomitmen maka dari situlah perjuangan cinta yang sebenarnya akan dimulai, bukan hanya sekedar cinta monyet dan asal-asalan namun lebih ke arah perjuangan menemukan cinta sejati dalam hidup. Thanks


Perbedaan Pendapat


Perbedaan adalah suatu hal yang terkadang menjadi pemisah jarak diantara seseorang. Perbedaan mencakup hal yang luas, keyakinan, ras, suku bangsa, prinsip, pandangan hidup, serta pendapat mengenai hal tertentu.

Jika kita melihat dari satu sisi, mungkin kita akan berfikir bahwa perbedaan memang menjadi pembatas antar dua individu. Namun jika kita mencoba melihat dari sisi yang lain, apabila kita saling menghargai perbedaan yang ada, maka akan menciptakan sebuah keharmonisan. Dan hubungan yang harmonis akan melahirkan kenyamanan dalam segala hal.

Perbedaan bukanlah suatu masalah serius apabila kita bisa menghormati perbedaan-perbedaan yang ada. Namun ada satu perbedaan yang menurut gue seringkali menimbulkan perpecahan dalam suatu kelompok. Perbedaan ini tak terlihat secara nyata, perbedaan ini berupa prinsip dan gagasan yaitu perbedaan pendapat. Karena disini kita dituntut untuk bisa menciptakan keselarasan diantara pendapat-pendapat yang berbeda.

Menurut gue, ada dua cara dalam mengatasi perbedaan pendapat dalam menilai sebuah permasalahan. Yang pertama  adalah mencari jalan tengah, itu dapat terjadi apabila kedua pendapat memiliki kemungkinan untuk dipadukan. Dengan mengambil jalan tengah tentu tidak akan menimbulkan pertentangan diantara kelompok.

Yang kedua adalah dengan menekan ego diantara salah satu pihak, artinya ada satu pihak yang harus mengalah. Ini yang menurut gue paling sulit, ketika pendapat kita harus bertabrakan dengan pendapat yang lain, dan di satu pihak terlalu menekankan egonya agar pendapatnya berada paling tinggi diantara pendapat-pendapat yang lain. Kemungkinan terburuk jika tidak ada yang mau mengalah, artinya jalan terbaik adalah berjalan sesuai pilihan masing-masing.

Inilah yang bisa gue share kali ini, semoga bermanfaat. Thanks

Mood


Bagi para penulis mood merupakan salah satu faktor terpenting bagaimana ia mampu menghasilkan tulisan yang tetap bagus sesuai konsep mereka. Karena mood adalah suatu hal yang sering naik turun kayak kurs dolar terhadap rupiah, yang makin hari makin naik tanpa kita sadari.

Yang paling menyebalkan tentunya, ketika kita tidak ada mood sama sekali untuk menulis. Kalau kita hanya berdiam diri ketika tak ada mood sama sekali, itu akan menjadi sebuah hambatan untuk kita tetap berkarya. Kita mungkin perlu memaksa diri untuk memulihkan mood kita agar kembali seperti biasa. Menurut gue ada banyak hal yang bisa membuat mood kita hilang, dari faktor internal dan eksternal.

Pertama dari faktor internal, mungkin cara kita yang berlebihan dalam menjalani sesuatu. Misalkan hari ini kita seneng banget makan mie instan, saking senengnya kita bisa makan mie lima kali sehari. Yang terjadi keesokan harinya kita udah bosen makan mie lagi. Selang beberapa hari, rasa pengen makan mie balik lagi seperti semula. Mungkin analogi diatas bisa menggambarkan mood pada umumnya.

Kedua, pengaruh eksternal, entah karena kita banyak fikiran, atau kita kecewa sama orang lain. Secara langsung atau tidak langsung itu juga mempengaruhi mood kita. Oleh sebab itu, semua tergantung bagaimana cara kita menjaga mood agar tetap stabil dan tak mudah turun. Meskipun itu sulit.

Yah kawan, sebenernya banyak banget ide yang terngiang dikepala gue. Pengen gue tulis satu persatu, tapi karena mood gue yang turun, hanya segini aja yang bisa gue tulis hari ini.

Dinamika Kehidupan

sumber : archive.gamedev.net

          Dinamika adalah sebuah kondisi yang tidak tetap atau berubah-ubah. Kehidupan adalah sesuatu yang kita jalani saat ini, disaat kita masih bernafas dan mampu berpijak diatas bumi ini. Dinamika kehidupan adalah perubahan-perubahan atau kondisi yang sering berganti dalam kehidupan ini.
            Karena hidup tak selamanya menetap ditempat dan dikondisi yang sama, adakalanya saat ini kita berada dipuncak tertinggi dari dunia ini, namun adakalanya juga kita harus turun dititik terendah dibumi ini. Semua itu merupakan proses yang harus dilalui oleh semua orang. Karena dalam hidup selalu ada tuntutan-tuntutan yang harus dipenuhi oleh seseorang.
            Orang perlu berubah, entah itu direncanakan ataupun tidak direncanakan. Entah itu perubahan baik atau buruk. Jika sekarang kita ini lemah, mungkin tahun-tahun kedepan kita akan menjadi kuat karena merasa bosan dengan kondisi kita dan menginginkan kondisi yang lebih baik. Ketika kita gagal dalam suatu hal, mungkin kita akan jatuh tersungkur, mungkin kita juga akan sulit bangkit, namun bila kita mau bangkit dan berusaha kita akan menggapai sesuatu yang lebih baik. Kegagalan bukanlah sebuah hal yang mampu menghentikan tekad dan impian manusia, dibalik satu mimpi yang tak terwujud akan ada mimpi-mimpi lain yang tercipta dalam benak manusia.
            Perubahan juga dipengaruhi oleh banyak hal. Status dan peran yang berganti seiring dengan pertambahan usia kita, serta pengaruh dan dominasi dari budaya-budaya lain yang membuat kita ingin mengikuti budaya tersebut. Atau bahkan penemuan-penemuan baru yang beredar dimasyarakat. Tentu masih banyak hal lagi.
            Dinamis, salah satu sifat dasar manusia yang selalu berkembang dan menginginkan perubahan. Thanks
Nasib Seutas Kolor

Nasib Seutas Kolor

         Mungkin ini judul yang sedikit absurd. So, waktu itu tepatnya beberapa minggu yang lalu. Nenek gue yang baru menginjak umur kira-kira 50 tahun, sedang mencari tali kolor. Entah gue juga gak tahu itu buat apaan, mungkin untuk menjahit **nya yang kedodoran, sorry jorok.
            Sayangnya nenek gue itu gampang pelupa, siang itu setelah dia menemukan apa yang ia cari (seutas tali kolor) dia lupa dan dia taruh begitu aja dibelakang rumah gue. Kebetulan dirumah gue ada sapi gue yang baru lahir, kira-kira umurnya baru dua setengah bulan. Namanya juga hewan masih kecil pula, kagak bisa membedakan mana makanan mana bukan, so apa yang dia lihat didepannya langsung dia ambil dan ditelen, horor banget. Seutas tali kolor yang tertinggal tadi, menghilang ditelen perut tuh sapi.
            Sekeluarga gue heboh, gue ikutan heboh, kayak drama-drama Korea ketika si cowok mencium bapak pacarnya (Sorry, kakeknya maksud gue). Gue ngebayangin bagaimana nasib tuh kolor tadi, bersemayam dalam gelap, bercampur bau gas-gas dan asam lambung, ditambah bau busuk dari sisa kotoran sapi gue. Dan alhamdulillah sampai saat ini sapi gue yang menelan tuh tali kolor sampai sekarang sehat-sehat aja.
            Semoga usunya kagak kenapa-kenapa, barangkali dia sembelit karena salah makan. Kakek gue juga sempet marah-marah sama nenek dan orangtua gue, karena kita kurang perhatian dalam merawat tuh sapi. Hemm, mungkin udah dianggep anak sendiri sama kakek gue.

Tips Ketika Ujian


        Jumpa lagi kawan, berhubung gue masih UAS, gue pengen memberikan tips untuk temen-temen terutama adek kelas. Tips ini mungkin sedikit ampuh atau bahkan tidak ampuh sama sekali, tapi silahkan dicoba sendiri. Barangkali dengan membaca artikel ini bisa sedikit membantu temen-temen dalam mengerjakan soal-soal ujian.

            Berikut-berikut tips dan saran saat menghadapi ujian:
1.      Belajar, ini syarat utama dan faktor terpenting dimana ini menentukan seberapa banyak elu bisa menjawab soal. Belajar ada trik-trik tersendiri, setiap mapel ada metode tersendiri, tapi itu akan gue bahas lain kali. Tips ini manjur buat elu yang gak males, buat elu yang males kagak usah dipaksakan.
2.      Jaga jarak, sama gadget dan pacar. Ini yang terpenting, gadget akan menyita waktu belajarmu, Buat yang punya pacar break dulu, dia udah pasti ngerti kalau elu lagi belajar, kalau dia egois tandanya ia gak peduli dengan kepentingan elu.
3.      Berdoa, ini yang tak kalah penting. Doa akan mengantarkan kita selangkah menuju keberhasilan apabila diiringi dengan usaha. Dan berdoa yang ikhlas dan tulus.
4.      Minta restu orang tua, ya minimal pamit dan bersalaman ketika akan berangkat ujian. Restu Tuhan tergantung pada restu orang tua juga, ingat.
5.      Percaya diri ketika ujian dan utamakan kejujuran.

Uraian diatas tips yang benar dan jujur, untuk yang dibawah ini gue kagak nyaranin buat diikutin. Tapi faktanya udah banyak pelajar yang melakukan tips ini, ini dia tips licik ketika ujian:
1.      Bertanya kepada teman, ini cara yang kebanyakan dijadikan solusi ketika bingung dalam menjawab soal, resikonya mungkin cuman ditegur guru. Cara ini bekerja apabila diruangan lu ada salah satu temen lu yang pinter.
2.   Membuat contekan, terserah elu mau bawa buku atau kertas berisi catatan. Eksplore kreatifitasmu dalam mencontek, agar tidak ketahuan pengawas.
3.      Membawa HP/gadget, salah satu senjata utama ketika elu kagak bisa dapet jawaban dari teman lu, lu bisa cari diinternet dan lebih akurat. Juga lu harus pandai mengantisipasi kejadian tak terduga, seperti HP lu disita.
4.      Berdoa saja supaya pengawasnya tidak galak.

Yah mungkin itu dulu yang bisa gue share, tetap optimis dan yakin kalau kita bisa dapet nilai yang terbaik. Amin


Pengaruh Gadget Terhadap Anak

         
Dulu gue pernah memposting artikel kayak beginian, tentang potret kehidupan anak kecil jaman sekarang. Kali ini, gue pengen memaparkan analisa gue terhadap pengaruh gadget secara kasat mata. Mungkin disini yang tertulis kebanyakan sisi negatifnya, karena bagi gue hal positif yang diperoleh anak kecil dari adanya gadget sangat minim sekali.
            Yang pertama, kita lihat dari paradigma masyarakat. Mungkin bagi kebanyakan masyarakat saat ini, anak kecil yang telah memegang gadget merupakan sebuah kemajuan dilingkungan mereka. Secara manifes, memang bisa kita ambil kesimpulan dengan adanya gadget ditangan anak-anak, akan membuat pemikiran mereka lebih rasional dan canggih. Tapi kalau secara laten/tersembunyi, itu paradigma yang salah. Karena kebanyakan penggunaan gadget disalahgunakan oleh anak kecil, dan apabila dibiarkan terus menerus akan membentuk kepribadian yang salah di kemudian hari.
            Contoh kecil, anak kecil zaman dahulu senang bermain bersama teman sebayanya di realita sosial. Karena hampir gak mungkin jaman dulu permainan-permianan yang ada dapat dimainkan seorang diri, misalkan kelereng, petak umpet, congkak, lompat tali. So rasa solidaritas dan sosialisasi mereka itu tinggi, dan itu melatih mereka bagaimana cara berinteraksi dengan sesama. Sekarang udah ada gadget, dan dalam satu alat tersebut terdapat berbagai macam permainan yang bisa membuat anak lupa waktu, lupa belajar,lupa cara berinteraksi dengan teman, lupa orangtua, lupa segalanya. Hal itu jika dibiarkan akan membentuk sikap apatis terhadap lingkungan sekitar.
            Selain itu juga akan membiasakan rasa malas bersarang didalam diri anak kecil. Ketika disuruh belajar, malah asyik pegang gadget. Disuruh ngaji, malah main game. Anak kecil bro bayangkan mau jadi apa mereka dimasa depan kalau sekarang malas-malasan, kita yang remaja aja masih suka malas dan suka bingung mengatur waktu apalagi anak kecil, padahal dulu kita dilatih untuk rajin dan disiplin. Yang paling berbahaya juga, gadget menurunkan daya berfikir anak. Misalkan, ketika pelajaran matematika bab berhitung. Anak bukannya belajar bagaimana ia mampu berhitung dengan baik, malah memanfaatkan jasa kalkulator. Memang itu mempermudah pekerjaan, tapi sekaligus menurunkan daya fikir anak karena terlalu bergantung pada alat.
            Dan anak kecil itu ibarat buku kosong, dimana ketika ia melihat sesuatu, mendengar sesuatu, dan merasakan sesuatu, akan ia catat satu persatu dalam buku kosong tersebut yang pada akhirnya akan menentukan seperti apa ia kedepan. Semua itu berkaitan, dulu anak kecil tidak tahu apa itu bokep, sekarang gue rasa mayoritas banyak yang udah pada kenal bokep. Karena apa ? ia salah menerima.
Logikanya begini, kalau anak kecil gak sengaja lihat video tak senonoh, ia akan penasaran dan bertanya kepada orang tuanya. Orangtua yang baik akan berterus terang, dan memberi nasihat bahwa hal itu tidak baik, serta memberi ancaman bahwa itu dosa yang dilarang agama. Sekarang udah ada internet, kalau penasaran tinggal tulis dan cari di google. Padahal di google informasinya belum tentu itu baik untuk anak kecil. Jadi anak kecil salah persepsi, lebih parah lagi kalau dipraktekan dikehidupan nyata, miris bro.
            Maka dari itu, perlu adanya perhatian lebih agar anak kecil tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang akan merugikan dirinya dan masa depannya. Sekarang banyak kasus anak kecil yang bersikap layaknya anak remaja atau bahkan orang dewasa. Orangtua seharusnya menanamkan nilai-nilai dan norma yang berlaku dimasyarakat, agar terbentuk sebuah kepribadian yang sesuai dengan nilai luhur bangsa Indonesia yanga berasaskan Pancasila. Tepuk tangan, yeeeeee.


Sekilas Cerita Absurd

Sekilas Cerita Absurd

Gue kali ini pengen cerita tentang kejadian absurd yang gue alamin kemaren malem. Ini bukan cerita cinta, atau cerita horror, gue bahkan lebih berharap kalau ini cerita khayalan meskipun faktanya bener-bener terjadi.
            Kemaren pas gue BBM, temen gue namanya Afiq kirim broadcast message kepada gue, isinya invite pin si A atau pin si B. Berhubung kontak gue sedikit, gue pingin juga dibroadcast sama dia. Okelah, dia ngebroadcast pin gue.
            Banyak juga yang nginvit dan gue accept semuanya, bertepatan DP gue baru gue ganti dengan wallpaper musim gugur. Eh tiba-tiba ada yang ngeping gue, seorang cowok atau lebih tepatnya om-om kalau gue perhatikan dari DP nya. Jantung gue deg-degan banget, dia normal apa kagak ya (pikir gue).
            Lalu gue ping dia balik, gue awalnya positif thinking aja. Dia lalu bales, “bleh knl gak”. Pakyu, anjrit gue dikirain cewek kali, apa dia beneran kagak normal, jangan-jangan penggemar otong. Yah dengan jujur gue bilang “Aku laki-laki bang, bukan cewek” berharap dia udah kagak bales lagi.
            Beberapa menit kemudian, dia bales lagi “Iy ak dah tau kok”. Gue R doang, gue dah berfikir macem-macem, nih palingan emang kagak normal. Ya udah gue DC aja, ngomong-ngomong gue masih suka bro sama cewek. Hahahahahahaha,cari yang lain aja om.

Status dan Perkembangan Sosial Media


Kali ini gue pengen membahas tentang status. Status itu ada tiga versi/pengertian. Dalam sudut pandang sosiologi, status dapat didefinisikan posisi seseorang didalam kelompok sosial, seperti agama, kekayaan, keturunan, dll. Dalam sudut pandang gue sebagai penulis, status adalah identitas yang melekat pada diri seseorang, misalkan jomblo, baru nikah, single, punya pacar, dll. Dan pengertian status yang terakhir, buat para anak alay era ini, status adalah sebutan untuk mereka yang menuliskan curahan hati mereka di media sosial. Nah ini yang pengen gue bahas.
            Jujur, gue kenal sosial media empat tahun yang lalu. Dan menurut gue, medsos yang paling banyak dipakai oleh seluruh orang didunia dan di Indonesia adalah facebook, yah meskipun ada juga medsos selain facebook yang eksis di eranya, ex: Friendstar. Tapi kebanyakan anak-anak jaman sekarang kenal medsos itu dari facebook.Terutama ketika kita bisa update status dan dilike banyak orang, itu merupakan kebanggaan tersendiri. Ada juga yang saking ketagihan dapet like dari temennya di facebook, ia rela update status kontroversial yang sebenernya gak bermanfaat untuk diposting (ngemis like).
            Tapi ada satu sisi positif, dimana kita bisa berhubungan dengan banyak orang meski jarak memisahkan (cie bahasa gue). Selain itu kita bisa berbagi kata-kata motivasi, dan kata-kata yang mengandung kebaikan, dimana ketika orang baca status kita lalu dia mengambil manfaatnya, kita dapat satu kebaikan. Dan makin kesini , makin banyak juga media sosial yang berkembang. Banyak inovasi-inovasi baru sehingga banyak masyarakat yang antri buat daftar akun di media sosial tertentu.
            Ada twitter, path, macem-macem dah. Yang paling ngetrend saat ini adalah instagram bro. Banyak orang saat ini, pamer foto di instagram  (mungkin termasuk gue), apalagi ada fitur editing foto. Muncul lagi aplikasi untuk chatting, BBM, Wechat, Whats app, Kakaotalk, Beetalk, Line, banyak lagi. Dan mungkin juga ada sebagian yang punya akun di semua aplikasi dan medsos. So, dia sering mengikuti perkembangannya dan merasakan kelebihan dan kekurangan masing-masing.
            Mungkin lima tahun ke depan bakal ada aplikasi yang lebih keren lagi yang mungkin memuat ke semua aplikasi tersebut, its possible bro. Balik lagi ke status, jujur gue ini cowok dan gue paling bingung kalau pengen buat status di media sosial atau apalah. Kalau gue update status tentang cinta dan perasaan gue dikirain kagak normal bro, karena itu erat kaitannya dengan para cewek feminim.
Kalau gue nulis tentang kebiasaan sehari-hari gue, kagak enak juga bro, bagaikan sampah yang gak ada maknanya. Nah ini agak bagusan dikit, update status tentang kata-kata motivasi dan inspirasi untuk banyak orang, tapi susahnya minta ampun bro daper kata-kata kayak gitu. Mungkin hari ini dapet, tapi kemudian macet sampai berminggu-minggu. Jadi serba salah
Dan terakhir gue paling sebel, pas gue nulis status, kata-kata gue udah bagus, eh saudara gue yang komen pada absurd. Ini cuman kata-kata, gue sebel karena gue ngerasa kagak ada yang perlu di komentarin, beda kalau gue kasih pertanyaan, baru kasih komentar dibawah status gue.
Biar lebih jelas gue kasih contoh, misal
“Semacam hadir tapi tak pernah menetap, kemudian pergi bagai ilusi”, itu sekedar ungkapan buat perasaan gue, tapi komentarnya dikirain gue lagi kasmaran.
Mending, coba kalau misalkan gini
“Kamu telah menjauh, aku disini masih untukmu”, kalau difahamin lebih dalem,ini ungkapan untuk orang yang baru putus tapi masih berharap. Nah kalau misalkan ada yang komentar kayak gini “cie yang lagi kasmaran”. Gue bingung mau jelasin kayak apa, udah jelas-jelas patah hati dikatain kasmaran,buset dah.
Maka dari itu karena semakin gue nulis status yang berkelas, komennya kadang-kadang pada gak jelas. Gue sekarang lebih berhati-hati dalam menulis status dimedia sosial, terutama dalam pemilihan kata dan tema (cie, kayak mau lomba nulis cerpen aja). Wkwkwkwkwk

Philopobhia (Takut Jatuh Cinta)

         

              
Pernah denger istilah tersebut ? mungkin ada yang baru denger istilah tersebut. Itu adalah sebuah istilah untuk orang yang takut jatuh cinta atau takut dengan semua hal yang berhubungan dengan cinta. Kata philo sendiri berarti cinta, dan pobhia artinya ketakutan.

Di dunia ini ada banyak macam pobhia, orang yang memiliki pobhia biasanya memiliki keresahan dan ketakutan ketika ia berada dalam kondisi tertentu. Misal, ada orang yang memiliki pobhia ketinggian, maka ia akan takut ketika berada ditempat yang tinggi. Jantungnya berdegup kencang, keringat membasahi sekujur tubuhnya, dan sebisa mungkin orang yang memiliki pobhia akan menghindari kondisi-kondisi atau penyebab dari pobhianya tersebut.

Orang yang takut jatuh cinta, biasanya memiliki kejadian yang tak diharapkan dalam menjalin hubungan cinta dengan orang lain. Ia mungkin pernah disakiti, dikhianati, atau faktor lain, sampai ia berada pada satu titik dimana ia telah kehilangan kepercayaan akan cinta. Hal itu yang mendasari seseorang sehingga ia menjadi pobhia terhadap cinta.

Dibawah ini ciri-ciri orang yang mengidap philopobhia:

1. Merasa resah ketika ada orang yang dekat dengannya, sebisa mungkin ia akan menghindar. Untuk alasan tertentu, mungkin ia takut tidak dapat memenuhi harapan orang yang mendekatinya.

2.Ada yang masih suka teringat mantan, menyimpan kenangan tentang mantan. Entah itu foto, ataupun kado dari dia. Kadang ia seringkali menangis dan menyesali masa lalunya.

3.Tak berani berkomitmen, karena ia selalu bertanya-tanya dalam hati apakah orang yang saat ini bersamanya adalah orang yang tepat.

4. Selalu berfikiran negatif dan pesimis ketika ada orang lain yang mencoba mendekat.

5. Memiliki rasa takut yang tak jelas ketika bersama orang yang ia sukai.

6.Ada keraguan dalam hati, apakah ia sudah pantas mencintai dan dicintai

7. Sering terjebak dalam masa lalu, meskipun ia sadar itu salah namun ia tidak mudah membuka hati untuk orang lain.

8. Saat telah memiliki orang yang dicintai, ia cenderung menghindar, kadang bersikap cuek seolah tidak memperdulikan orang tersebut, padahal dalam hati ia begitu memperhatikan orang yang dicintainya namun ia hanya tidak ingin menunjukkannya. Ia mengharapkan orang yang tak pernah menyerah menghadapi dirinya.

Itu tadi ciri-ciri orang yang memiliki philopobhia, jika anda merasa ada salah satu dari ciri-ciri tersebut yang melekat pada diri anda, mungkin anda termasuk orang yang memiliki philopobhia. Untuk solusinya, mungkin anda perlu belajar perlahan-lahan memahami sisi baik dari cinta.

Dan untuk anda yang mencintai dan memiliki perasaan terhadap orang yang memiliki philopobhia, anda harus bisa bersabar dan senantiasa membuat dia merasa nyaman dan merasa yakin bahwa anda bisa jadi pasangan yang baik untuk dia. Jangan malah pergi meninggalkan dia, karena itu hanya akan membuat dia lebih takut lagi terhadap cinta.

“Ada orang yang sangat ingin dipertahankan dan diperjuangkan bahkan meskipun dia berkata sangat ingin pergi karena pada dasarnya orang itu tidak ingin ditinggalkan karena itu mereka lebih cenderung pergi meninggalkan”



Sumber rujukan: likeavanillalatte.blogspot.com

Bintang Yang Bertebaran (Lost Star)

           
Judul diatas merupakan terjemahan dari salah satu lagu favorite gue, dipopulerkan oleh Adam Levine (vokalis Maroon 5) judulnya “Lost Star”. Gue pertama kali denger lagu itu tepat pada saat audisi musik, dinyanyikan oleh peserta dan nadanya langsung ngena ditelinga gue.

Gue perlahan mulai sering menyanyikan lagu itu, dan gue mencoba memahami isi dari lagu tersebut. Gue mencari arti dari lirik lagu itu di internet, gue mengutip dari beberapa sumber. Lagu ini bercerita tentang kehidupan seorang remaja yang penuh kebimbangan dan penuh emosi serta pencarian jati diri. Mungkin bagi para komposer lagu atau yang sudah ahli dalam bidang musik, lagu ini merupakan lagu yang mudah dan bisa dibilang kagak ada spesialnya. Tapi kalau buat gue lagu ini asik buat didengerin, gak perduli musikalitasnya kayak gimana.

Lagu ini cocok banget didengar saat kita lagi galau entah karna apapun itu. Persoalan remaja yang gak pernah lepas dari yang namanya cinta, dan perasaan. Inilah fase dimana kita menuju sebuah proses yang dinamakan pendewasaan. Kita bukan lagi anak kecil, yang menangis ketika tersandung batu kerikil ditengah jalan. Kita bukan lagi anak kecil yang hanya bisa meminta namun tak pernah bisa memberi. Ini adalah masa penuh gejolak, dimana kita harus menentukan jati diri kita sebenarnya.

Saat ini kita bagaikan bintang yang bertebaran di alam semesta , atau bahkan hanya sebutir debu galaksi yang bertebaran tanpa tahu arah. Ungkapan yang tepat untuk kita yang masih bingung memahami diri kita sendiri. Namun ditengah kebimbangan tersebut, mungkin dan yakinlah bahwa kita nanti akan sampai kepada titik dimana kita akan tahu siapa diri kita sebenarnya,

Salah satu part yang paling gue suka dari lagu ini ketika ini

Dont you dare let our best memories bring you sorrow
Yesterday i saw a lion kiss a deer
Turn the page maybe well find a brand new ending
Where we dancing in our tears
           

Kalau gue artikan kurang lebih kayak gini. Jangan sesekali membawa kenangan terbaik kita ke dalam duka, seakan memberi pesan bahwa tak ada yang perlu disesalkan, biarlah yang lalu teruslah berlalu. Kemarin aku melihat singa mencium rusa, suatu hal yang tak mungkin terjadi, ibarat kenangan yang tak mungkin terulang kembali namun ia berharap bahwa itu masih mungkin . Balik halamannya mungkin kita akan menemukan akhir yang benar-benar baru, lanjutan dari lirik tadi. Mungkin semua masih bisa berubah, barangkali halaman kisah kita saat ini akan menemukan cerita yang baru dimana kita menangis dengan air mata kita.

Maaf kalau penafsiran gue sedikit membingungkan, karena lagu ini isinya memang tak hanya terpaku pada satu hal. Disatu sisi membicarakan persoalan diri, disisi lain membicarakan kenangan dengan orang lain. Dan lagu ini juga merupakan salah satu soundtrack di film Begin Again. Kurang lebih cerita dari film tersebut dikemas ke dalam lagu ini menjadi rangkaian nada yang memiliki makna. Thanks udah membaca, semoga menghibur.

Arti Sebuah Senyuman


           Sebuah kata yang memiliki makna bagi setiap orang entah itu tulus ataupun palsu. Tersenyum ketika kita bahagia, bersyukur mendapat hadiah termanis yang belum tentu didapatkan oleh orang lain. Tersenyum dikala sedih, mencoba menghibur diri serta mencoba menyembunyikan kesedihan agar orang lain tidak ikut bersimpati.

            Senyum untuk orang yang kita sayangi. Senyuman sebuah hadiah kecil yang bisa kita berikan untuk orang lain, dengan senyuman mungkin seseorang mampu menyampaikan perasaan mereka kepada orang lain.

Tersenyum kadang juga tak mudah, apabila kita tersenyum untuk orang yang pernah menyakiti kita, tersenyum untuk orang yang gak bisa kita miliki, untuk orang yang hanya kita lihat dari jauh tanpa pernah berani berucap sepatah kata untuk dia. Karena senyum itu berlawanan dengan apa yang dirasakan dalam hati.

Fatamorgana


           
Sebuah kamuflase yang menipu mata itulah fatamorgana. Gue denger istilah ini mungkin sewaktu gue SMP, tepatnya saat pelajaran biologi. Gue gak terlalu minat dengan pelajaran tersebut. Fatamorgana terjadi ketika cuaca dalam kondisi panas dan terik, biasanya ini terjadi di padang pasir dimana biasanya pengembara berhalusinasi melihat oase/sumber mata air.
            
Selain itu, contoh kecil yaitu ketika dijalan siang-siang biasanya fatamorgana sering terjadi. Jujur gue pertama kali gak ngerti sama sekali karena gue gak pernah sekalipun melihat dengan mata kepala gue. Bertahun-tahun gue belum juga menemukan realita dari pernyataan tersebut. Dan beberapa hari kemarin gue baru percaya karena gue tahu dan menyaksikan sendiri keanehan tersebut.
            
Ceritanya gue pulang pukul satu siang, dimana cuacanya sedang terik-teriknya. Tanpa sengaja gue melihat dari kejauhan kok kayak ada genangan air dijalan, dan setelah gue mendekat ternyata itu tidak nyata/semu. Darisitu gue merasa kagum dengan fenomena tersebut. Lalu gue terinspirasi untuk menulis hal tersebut.
            
Kalau kita renungkan dunia itu fatamorgana brother, kadang dunia itu menipu mata. Semua yang terlihat indah kadang tak berujung indah. Kadang didunia kita mengejar sesuatu yang tidak pasti, membuang-buang kesempatan yang lebih berharga. Gue mungkin termasuk kedalam orang-orang yang terjebak dengan keindahan dunia, seringkali mungkin gue gak perduli dengan konsekuensi dari apa yang gue lakukan. Lebih parahnya kadang itu mengakar menjadi sebuah kebiasaan. Karena dunia itu fatamorgana, maka janganlah mudah tertipu dan terlena.