20 Karakter Terbaik dalam Anime Sengoku Basara





Sengoku Basara adalah anime yang diadaptasi dari sebuah game dengan judul yang sama. Anime ini diproduksi oleh Funimation dan ditayangkan pertama kali di Jepang pada tahun 2009. Cerita anime ini berlatar di Jepang pada era Sengoku ketika peperangan terjadi di mana-mana. Yang unik dari anime ini adalah penamaan karakter ini juga terinspirasi dari tokoh nyata pada sejarah Jepang.

Nah, kali ini saya pengen mengulas beberapa karakter anime Basara yang menurut saya menarik. Tulisan ini saya buat berdasarkan pengamatan saya selama menonton anime Basara. Yuk, kita langsung simak saja penjelasannya.

20. Mori Ranmaru


Mori Ranmaru merupakan anak buah dari Oda Nobunaga. Dia terlihat masih muda dan juga memiliki sikap yang sedikit kekanak-kanakan. Dibandingkan dengan prajurit lainnya, Ranmaru masih belum memiliki banyak pengalaman. Dia bahkan sempat ketakutan ketika berhadapan dengan samurai yang lebih kuat darinya.

Meskipun demikian, Ranmaru memiliki skill memanah yang sangat hebat. Dia dapat melancarkan puluhan anak panah dalam satu kali serangan sehingga dia mampu membuat musuh kerepotan. Setelah kekalahan Oda, Ranmaru pergi mengembara dan mencari tuan baru sesuai dengan arahan Kotaro.

19. Nagamasa Azai


Berikutnya, ada Nagamasa Azai yang merupakan suami dari Oichi, adik dari Oda Nobunaga. Dia merupakan samurai yang teguh dalam memperjuangkan keadilan dan bersumpah untuk menghilangkan semua kekacauan.  Keyakinan itulah yang membuat Nagamasa sempat memberontak melawan Oda Nobunaga.

Nagamasa menggunakan sebuah pedang panjang dalam bertarung. Dia termasuk samurai yang berbakat dan gesit dalam bertarung. Sayangnya, Nagamasa tewas pada saat pertempuran melawan Date Masamune akibat diserang oleh pasukan Nobunaga. Dia mengorbankan dirinya demi melindungi Oichi dari tembakan peluru.

18. Honda Tadakatsu



Honda Tadakatsu merupakan pengawal sekaligus kartu as Ieyasu Tokugawa dalam pertempuran. Dia merupakan prajurit berbaju zirah dengan kombinasi teknologi dari barat. Gampangnya, dia hampir mirip seperti robot karena dia juga pendiam dan tak banyak bicara.

Dengan teknologi canggih yang ada di tubuhnya, Tadakatsu mampu terbang ke langit. Dia juga menggunakan senjata berupa alat bor yang dapat berputar dengan sangat kencang. Kekuatan Tadakatsu yang menakutkan ini diakui oleh Takeda dan Yukimura yang kewalahan ketika bertarung dengannya. Sayangnya, dia hancur pada pertarungan akhir setelah ditembak oleh Nobunaga.


17. Nouhime


Nouhime adalah tunangan dari Oda Nobunaga. Dia memiliki fisik yang menarik dengan tato kupu-kupu di paha kanannya. Selain itu, dia juga sangat loyal terhadap Nobunaga dan bersedia mengikuti semua perintahnya.

Dalam bertarung, Nouhime menggunakan senjata berupa pistol kembar. Selain itu, dia juga menggunakan senapan mesin sebagai senjata pendukung. Nouhime memiliki pergerakan yang sangat gesit dan dia terbukti cukup cekatan dalam menangkap Kasuga yang sedang mengintai pasukan Nobunaga.

16. Kasuga


Kasuga merupakan seorang kunoichi yang bertugas sebagai pengawal pribadi Kenshin. Dia memiliki fisik yang cantik dan penampilan yang agak terbuka. Selain itu, dia juga memiliki hubungan khusus dengan Kenshin. Seringkali, Kenshin memberikan pujian yang membuat Kasuga melayang dan terlena.

Kasuga sangat ahli dalam hal memata-matai musuh. Sama seperti ninja pada umumnya, Kasuga dapat bergerak dengan sangat gesit dan menggunakan peralatan ninja. Namun, dia juga seringkali ceroboh dan terbawa emosi. Untungnya, dia sering diselamatkan oleh Sasuke.

15. Ishida Mitsunari


Ishida Mitsunari adalah bawahan dari Hideyoshi. Dia merupakan bawahan yang sangat loyal dan menganggap bahwa Hideyoshi merupakan panutan yang tepat baginya dalam hal kekuatan dan kekuasaan. Setelah kematian tuannya, Ishida sangat terobsesi untuk membalaskan dendam kepada pembunuh Hideyoshi.

Dalam bertarung, Ishida menggunakan sebuah pedang. Dia merupakan samurai yang tangguh dan memiliki kecepatan yang luar biasa. Ishida sempat bertarung dengan sengit melawan Date Masamune. Ia sempat membuat Date kewalahan, tetapi pada akhirnya dia dikalahkan oleh teknik mematikan milik Date Masamune.

14. Chosokabe Motochika


Selanjutnya, ada Chosokabe Motochika yang merupakan samurai dengan penampilan yang lebih mirip dengan bajak laut. Dia merupakan sahabat baik dari Maeda Keijii dan rival sejati dari Mori Motonari. Dia juga memiliki kastil yang unik karena dia memiliki meriam mematikan di kastilnya. Selain itu, dia juga dikenal sebagai Iblis dari Shikoku berkat prestasinya dalam pertempuran.

Dalam bertarung, Motochika menggunakan senjata unik berupa tombak pedang berbentuk jangkar. Tombak pedang tersebut dapat mengeluarkan api ketika diayunkan. Selain itu, Motchika juga dapat menggunakan tombak itu sebagai kendaraan. Dalam bertempur, Motochika sangatlah beringas dan menggebu-gebu.

13. Takenaka Hanbei


Takanaka Hanbei adalah anak buah dari Toyotomi Hideyoshi. Dia merupakan pria yang cerdas dan juga licik. Selain itu, dia juga pintar mengatur taktik serta rencana dalam menyerang musuh. Salah satu bukti kelicikan Hanbei adalah pada saat dia menjebak Kojuro saat menyerang wilayah Oushuu.

Dalam bertarung, Hanbei menggunakan pedang khusus yang sangat unik karena pedang itu dapat memanjang, seperti halnya rantai. Hal itu membuat Hanbei memiliki keuntungan dalam pertarungan jarak dekat dan juga jarak jauh. Kemampuan itu menjadi lebih mematikan ketika diimbangi dengan kecerdasannya dalam bertarung.

12. Sarutobi Sasuke



Berikutnya, ada Sarutobi Sasuke yang merupakan ketua para ninja yang melayani Takeda Shingen. Dia merupakan ninja yang berbakat dan berpengalaman. Sasuke sangat ahli dalam hal pengintaian dan pegumpulan informasi. Dia selalu melapor kepada Takeda apabila ada informasi penting, khususnya dalam keadaan darurat.

Dalam bertarung, Sasuke memiliki gerakan yang sangat lincah. Dia menggunakan berbagai macam peralatan ninja. Salah satu senjata utamanya adalah shuriken dengan ukuran besar. Meskipun demikian, Sasuke bukan tipe petarung garis depan, melainkan hanya pendukung yang membantu pasukan meraih kemenangan.

11. Mori Motonari


Mori Motonari merupakan pemimpin dairi klan Mori. Dia merupakan rival terberat Motochika dan sempat menjalin aliansi dengan Hideyoshi. Dia merupakan ahli penyusun strategi dan memiliki sikap buruk dalam memperlakukan bawahannya. Ia menganggap bawahannya hanya sebagai pion dalam peperangan.

Dalam bertarung, Motonari menggunakan senjata yang unik, yaitu pedang cincin yang dapat dipisah menjadi pedang kembar. Motonari sangat ahli dalam menggunakan pedang tersebut dan dia memiliki kelebihan baik dalam hal menyerang maupun bertahan. Dalam cerita, dia sempat menghancurka benteng milik Motochika dan membangunnya kembali dengan nama Nichirin.

10. Toyotomi Hideyoshi


Toyotomi Hideyoshi adalah musuh utama dalam anime Basara season dua. Dia merupakan orang yang meneruskan tekad jahat dari Oda Nobunaga untuk menguasai seluruh wilayah Jepang. Dia memiliki perawakan yang besar sekaligus sifat yang kejam dan otoriter. Selain itu, Hideyoshi sangat gila dengan kekuatan.

Dalam bertarung, Hideyoshi mengandalkan kekuatan kedua tinjunya yang sangat kuat. Hanya dengan tinjunya, Hideyoshi mampu menghancurkan sebuah pleton dengan mudah. Selain itu, dia dapat menghalau ribuan anak panah yang menuju ke arahnya dengan mengepakkan tinjunya. Dia pun juga mampu membuat Date Masamuni kewalahan dalam pertarungan hingga memaksanya mundur.

9. Ieyasu Tokugawa


Ieyasu Tokugawa adalah pemimpin muda yang pemberani dan memiliki impian untuk membawa kedamaian di seluruh wilayah Jepang. Dia sempat menjalin aliansi dengan Nobunaga dan menolak tawaran Takeda untuk membatalkan aliansi tersebut. Hal itu membawanya dalam kehancuran.

Dalam bertarung, Ieyasu menggunakan senjata yang unik, yakni tombak dengan dua sisi mata pedang. Kemampuan bertarungnya tidak terlalu diperlihatkan secara penuh dalam cerita. Namun, dia memiliki Tadakatsu yang merupakan prajurit terkuat dan selalu melindunginya ketika dalam bahaya. Pada season kedua anime ini, Ieyasu kembali muncul dengan penampilan yang lebih kuat dan dia mendeklarasikan perlawanan melawan Hideyoshi.

8. Maeda Keiji


Berikutnya, ada Maeda Keiji yang merupakan seorang samurai pengembara. Dia memiliki sikap yang ramah terhadap siapapun dan memiliki cita-cita yang luhur tentang kedamaian. Dia juga merupakan orang yang berniat menyatukan para jenderal atau pemimpin di wilayah Jepang untuk menentang ambisi Oda Nobunaga.

Dalam bertarung, Maeda menggunakan sebuah pedang Nodachi berukuran panjang. Uniknya, Maeda dapat mengayunkan pedang tersebut dengan satu tangan. Dia sempat menunjukkan skill berpedangnya ketika melawan Date Masamuni di Oushuu, meskipun hasil akhirnya dia kalah karena kekuatannya belum sebandin dengan Masamune.

7. Katakura Kojuro


Katakura Kojuro merupakan tangan kanan Date Masamune yang sangat loyal. Kojuro bahkan rela mati demi menebus dosanya karena telah mengangkat pedangnya di depan Date Masamune. Dalam berbagai situasi, Kojuro sering berperan sebagai penasihat dan memberikan saran yang terbaik dalam pertempuran. Dia juga bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan tuannya.

Kemampuan bertarung Kojuro sangat terlatih. Dia sangat mahir menggunakan teknik berpedangnya. Contoh yang paling konkrit adalah pada saat dia bertarung melawan Akechi. Pada pertarungan itu, Kojuro dapat memberikan serangan mematikan yang membuat Akechi tak berdaya.

6. Uesugi Kenshin


Berikutnya, ada Uesugi Kenshin yang memimpin wilayah Echigo. Dia merupakan samurai kelas tinggi dengan julukan Dewa Perang yang memiliki penampilan elegan. Selain itu, dia merupakan rival dari Takeda Shingen dan selalu menaruh respek tinggi terhadap rivalnya tersebut. Kenshin juga memiliki hubungan pribadi dengan Kunoichi yang menjadi pengawal pribadinya.

Dalam bertarung, Uesugi menggunakan sebuah pedang dan dia memiliki pergerakan yang sangat cepat. Kekuatan Kenshin bisa dikatakan hampir setara dengan Takeda Shingen. Hanya saja, cara bertarung Kenshin lebih elegen dan dia sangat pintar dalam mengatur taktik pertarungan.

5. Mitsuhide Akechi


Mitsuhide Akechi adalah anak buah dari Oda Nobunaga yang berkhianat. Dia memiliki wajah yang terlihat pucat dan kepribadian yang sadis dalam pertarungan. Meskipun pada awalnya dia terlihat loyal dengan Oda, Akechi sebenarnya memiliki tujuan khusus, yaitu melihat Oda tak berdaya dan membuat Oda bertekuk lutut di hadapannya. Namun, cita-cita itu tidak terwujud karena dia dikalahkan oleh Kotaro pada pertarungan akhir.

Dalam bertarung, Akechi menggunakan pedang sabit berukuran besar. Akechi dapat bergerak dengan sangat lincah dan mengeluarkan serangan sabitnya dengan cara yang mematikan. Sama seperti Oda, Akechi terkadang juga menggunakan cara-cara licik untuk membuatnya menang melawan musuhnya. Contohnya pada saat dia melawan Takeda Shingen yang tengah menahan bendungan.

4. Takeda Shingen


Selanjutnya, ada Takeda Shingen yang merupakan pemimpin dari klan Takeda dan dijuluki sebagai Macan Kai. Dia merupakan pemimpin yang tegas dan disegani oleh pengikutnya. Selain itu, Takeda juga pintar dalam berdiplomasi dengan pemimpin wilayah lain, misalnya dengan Uesugi dan Ieyasu.

Takeda merupakan samurai yang sangat tangguh. Dia terlihat sangat gagah dengan armornya yang kuat dan kapak raksasa yang berfungsi sebagai senjata. Selain itu, dia memiliki kekuatan fisik yang sangat powerful, contohnya pada saat dia menahan batu besar ketika bendungan di wilayahnya hendak roboh. Selain itu, Takeda juga mampu mengimbangi kecepatan ninja lawan, seperti pada pertarungannya melawan Fuma.

3. Oda Nobunaga


Di posisi ketiga, ada Oda Nobunaga yang menjadi antagonis utama dalam serial anime Sengoku Basara. Oda mengaku dirinya sebagai Raja Iblis Keenam dan berniat menguasai seluruh wilayah di Jepang dengan menghalalkan berbagai macam cara. Selain itu, Oda juga memiliki sikap yang bengis dan menganggap anak buahnya hanya sebagai pion yang bisa dia gerakkan.

Gelar raja iblis pada diri Oda bukanlah gelar belaka karena Oda merupakan samurai yang sangat kuat dan tangguh. Selain itu, Oda diselimuti oleh aura kegelapan yang jahat. Oda menggunakan sebuah pedang dan shotgun dengan dua peluru. Kekuatan menakutkan Oda ditampilkan pada pertarungan akhir melawan Date Masamune dan Sanada Yukimura. Dengan kekuatannya, Oda mampu membuat dua samurai tangguh itu kewalahan.

2. Sanada Yukimura


Sanada Yukimura merupakan tangan kanan Takeda Shingen sekaligus panglima perang yang pemberani. Dia selalu bersemangat dalam pertempuran. Selain itu, dia juga memiliki sikap yang naif dan kurang ahli dalam mengamati situasi sehingga membuat dia sering mendapat pukulan dari Takeda sebagai pelajaran agar Yukimura bisa lebih baik.

Dalam pertarungan, Yukimura menggunakan dua buah tombak panjang sebagai senjata utama. Dia sangat ahli dalam menggunakan tombak tersebut dan jangkauan serangannya pun luas. Yang unik adalah tombak itu diselimuti oleh api sehingga mampu memberi damage yang kuat terhadap lawan.

1. Date Masamune


Date Masamune adalah seorang panglima perang sekaligus pemimpin dari Oushuu yang sangat kuat. Dia juga dikenal sebagai Naga Bermata Satu. Dia memiliki kepribadian yang tegas dan sangat dihormati oleh para pengikutnya. Selain itu, Date juga selalu bersemangat untuk bertempur, apalagi ketika dia bertemu dengan lawan yang kuat dan sepadan dengan kekuatannya.

Dalam bertempur, Date Masamune menggunakan enam pedang sekaligus. Dia dapat bergerak dengan sangat gesit dan mengeluarkan serangan dahsyat ke arah lawannya. Selain itu, Date Masamune memiliki ketahanan fisik yang tinggi, contohnya adalah pada saat pertarungan akhir melawan Oda Nobunaga. Dalam anime ini, Date Masamune merupakan rival dari Yukimura.


EmoticonEmoticon