12 Rekomendasi Anime Sepak Bola yang Terbaik



source: football-tribe

Sepak bola merupakan cabang olahraga favorit yang sangat digemari di seluruh dunia. Saking populernya sepak bola, ada banyak klub-klub sepak bola dengan jutaan penggemar. Selain itu, setiap empat tahun sekali selalu diadakan piala dunia yang diikuti oleh banyak negara di dunia. Karena kepopuleran olahraga ini, sepak bola pun juga diangkat menjadi anime yang tak kalah populer bagi penikmat anime.

Nah, kali ini MogiMogy sudah merangkum daftar anime tentang sepak bola terbaik yang bisa kalian lihat. Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan sebagian anime-anime berikut ini. Daripada berlama-lama, langsung saja kita bahas berikut ini.

12. Moero! Top Striker

source: anisearch

Moero! Top Striker adalah anime yang ditayangkan oleh TV Tokyo pada Oktober 1991 hingga September 1992. Anime ini bercerita tentang Hikaru, seorang remaja berusia 13 tahun yang sangat mencintai sepak bola. Sejak kecil, dia memang tumbuh bersama bola
.
Karena kecintaannya terhadap bola, Hikaru kemudian hijrah ke Italia untuk belajar di sana. Dia awalnya bergabung dengan tim terkuat di Genova. Namun, Hikaru memutuskan untuk keluar dari tim itu dan memilih untuk bergabung dengan tim yang sangat lemah. Tim itu bernama Columbus. Di tim itu, Hikaru mengalami banyak kesulitan, tetapi hal itulah yang membuat dia dan timnya semakin kuat seiring berjalannya waktu. Mereka pun juga berusaha sangat keras dalam turnamen sepak bola dan bertemu ribavl hebat.

11. Akakichi no Eleven

source: en.wikipedia

Selanjutnya, ada Akakichi no Eleven yang merupakan salah satu anime lawas Jepang karena anime ini ditayangkan pada tahun 1970 hingga 1971. Anime ini diadaptasi dari manga yang ditulis oleh Ikki Kajiwara dan digambar oleh Mitsuyoshi Sonoda. Cerita dari anime berpusat pada seorang pemuda yang bernama Tamai Shingo yang hobi sepak bola.

Shingo merupakan pemuda yang memiliki sikap pemberontakan. Dia awalnya bergabung dalam tim yang dilatih oleh Matsuki Teppei, mantan kiper timnas Jepang yang pernah memenangkan perunggu di Olimpyc Games di Mexico. Namun, Shingo memilih untuk keluar dari tim resmi di sekolahnya dan memilih membentuk timnya sendiri. Dia pun bertujuan untuk mengalahkan tim yang dilatih oleh Matsuki dan membuktikan dedikasinya yang sangat tinggi terhadap sepak bola.

10. Ganbare, Kickers!

source: youtube

Next, ada anime sepak bola khusus anak-anak nih guys yang berjuldul Ganbare, Kickers!. Anime ini diadaptasi dari manga karya Noriaki Nagai dan pernah memenangkan Shogakukan Manga Award untuk kategori manga anak-anak terbaik pada tahun 1987. Selain itu, anime ini juga mengandung unsur-unsur komedi yang menyenangkan.

Cerita dari anime ini berpusat pada sebuah tim sepakbola SD Kitahara yang awalnya merupakan tim yang biasa-biasa saja. Tim ini kemudian menjadi lebih bersemangat dengan hadirnya striker hebat yang bernama Kakeru Daichi. Dengan adanya Kakeru di sana, mereka menjadi lebih kuat dan mampu menghadapi tim-tim rival mereka hingga mereka mampu berkompetisi di turnamen sepak bola.

9. Area no Kishi (The Knight in the Area)

source: panditfootball

Area no Kishi merupakan anime yang diadaptasi dari manga karya Hiroaki Igano dan Kaya Tsukiyima. Anime ini diproduksi oleh Shin-Ei Animation dan ditayangkan di TV Asashi pada bulan Januari hingga September 2012. Cerita dari anime ini berawal dari dua bersaudara yang sangat mencintai sepak bola. Mereka adalah Kakeru dan Suguru Aizawa.

Kakeru merupakan mantan gelandang tengah yang berhenti bermain bola karena trauma dengan masa lalunya ketika dia mengalami cedera pada kaki kirinya. Dia pun memutuskan untuk mengambil posisi sebagai asisten manajer dan mengurangi porsi bermain. Suatu ketika, dia dan kakaknya ditabrak oleh truk yang menyebabkan kakaknya meninggal dan dia mendapatkan transplantasi jantung kakaknya. Kemudian, dia pun termotivasi untuk bermain lagi dan membawa harapan kakaknya untuk memenangkan piala dunia.

8. Ginga e Kickoff

source: tokojendral

Ginga e Kickoff merupakan anime yang diadaptasi dari manga karya Kawabata Hiroto dan ditayangkan oleh NHK BS-Premium dan NHK General TV. Dalam versi Eropa, anime ini memiliki judul Victory Kickoff!! Sinopsis dari anime ini bercerita tentang Oota Shou yang masih duduk di kelas 6 SD yang sangat mencintai sepak bola.

Setelah timnya yang bernama Momotaro Predators hendak dibubarkan, Shou berusaha untuk merekrut anggota baru dan membangkitkan kembali timnya. Dia pun bertemu dengan seorang pesepakbola wanita profesional yang menambah semangatnya untuk mengumpulkan anggota baru. Meskipun dia sendiri tidak terlalu bagus dalam bermain bola, Shou memiliki cita-cita yang tinggi untuk menjadi seorang profesional.

7. Days

source: gwigwi

Days merupakan anime yang diadaptasi dari manga karya Tsuyoshi Yasuda. Anime ini diproduksi oleh MAPPA dan ditayangkan pada bulan Juli hingga Desember 2016. Cerita ini berfokus pada perjuangan dari Tsukushi Tsukamoto yang memulai kehidupan barunya di Seisaki High School. Dia merupakan siswa pemalu, lemah, dan sering di-bully oleh teman-temannya.

Suatu ketika, dia bertemu dengan Jin yang menolongnya ketika di-bully. Jin kemudian mengundangnya untuk ikut bermain futsal karena dia kekurangan pemain. Setelah itu, mereka pun berteman baik dan Tsukushi baru tahu kalau Jin juga mendaftar di Seisaki High School. Klub sepak bola di sekolah itu sangat populer dan dikenal di seluruh nasiona. Tsukushi pun bertekad untuk masuk ke klub itu. Meskipun permainannya awalnya buruk, kegigihan serta tekad kuatnya membuat dia disegani dan memotivasi teman-teman klubnya. 

6. Aoki Denshetsu

source: tvtime

Berikutnya, ada Aoki Denshetsu Shoot yang diadaptasi dari manga karya Tsukasa Oshima. Anime ini diproduksi oleh Toei Animation dan ditayangkan di Jepang pada tahun 1993 hingga 1994. Anime ini bercerita tentang anak muda bernama Toshihiko Tanaka yang terobsesi dengan idolanya, Yoshiharu Kubo yang bermain di tim sepak bola Kakegawa High School.

Toshi dan teman-temannya menyukai sepak bola. Namun, kedua temannya mendadak berhenti sepak bola karena mereka ingin fokus belajar dan tekanan dari orang tua mereka. Berkat semangat dari Toshi, dia berhasil mengajak kembali temannya untuk bermain. Tim mereka pun akhirnya berhasil memasuki turnamen sepakbola untuk seluruh SMA di Jepang.

5. Whistle!

source: akibanation

Berikutnya, ada anime Whistle yang ditayangkan di Jepang pada tahun 2002 hingga 2003. Anime ini diadaptasi dari manga karya Daisuke Higuchi. Cerita dari anime ini berpusat pada seorang anak yang bernama Sho Kazamatsuri yang pindah dari sekolah Musashinomori ke SMU Josui dengan harapan agar dia bisa bergabung menjadi tim inti sepak bola.

Sayangnya, kemampuan Sou yang buruk membuat dia dikucilkan oleh teman-temannya dan mereka menganggap Sou tidak akan pernah bergabung menjadi tim inti. Namun, Sou tidak berkecil hati. Dia memiliki semangat yang sangat tinggi dan keinginan untuk menjadi lebih terampil dari hari ke hari. Yang mengejutkan adalah Sou merupakan anak dari mantan pesepakbola terkenal yang meninggal karena kecelakaan sebelum mengikuti pertandingan besar.

4. Hungry Heart: Wild Striker


Selanjutnya, ada anime Hungry Heart: Wild Striker yang diadaptasi dari manga karya pencipta Kapten Tsubasa, Yoichi Takahashi. Seri ini diproduksi oleh Nippon Animation dan Animax serta ditayangkan pata tahun 2002 hingga 2003. Cerita dari anime ini bermula ketika Kano Kyosuke, seorang siswa SMA, ditransfer ke SMA Jyoyo Akanegaoka.

Kyosuke memiliki seorang kakak bernama Kano Seisuke yang bermain di tim A.C Milan Italia. Kakaknya merupakan pesepakbola hebat sekaligus orang yang mengajari Kyosuke cara bermain bola. Namun, popularitas dan kehebatan kakaknya membuat orang-orang di sekitarnya membandingkan Kyosuke dan kakaknya. Kyosuke merasa lelah hidup dalam bayang-bayang kakaknya sehingga dia tidak bersemangat lagi bermain bola. Untungnya, dia bertemu dengan gadis cantik bernama Tsujiwaki Miki yang membuat dia kembali bersemangat bermain bola.

3. Giant Killing

source: kaskus

Di posisi ketiga, ada anime Giant Killing yang merupakan adaptasi dari manga seinen Jepang karya Masaya Tsunamoto dan Tsujitomo. Anime ini diproduksi oleh studio Deen dan disiarkan di saluran NHK, BS2 pada tahun 2010. Selain itu, manga dari anime ini pernah memenangkan Penghargaan Manga Kondansha pada tahun tersebut.

Anime ini berfokus pada kesebelasan East Tokyo United (ETU) yang sudah lama berjuang dalam perlombaan sepak bola top di Jepang. Yang lebih parah, para fans ETU mulai kehilangan kepercayaan terhadap tim tersebut. Untuk memperkuat dan memperbaiki kinerja buruk tim, ETU pun menyewa seorang pelatih yang bernama Tatsumi Takeshi. Dia dulu adalah pesepakbola profesional dan pernah berkarier di luar negeri. Meskipun demikian, perjuangan Tatsumi di ETU tidaklah mudah.

2. Inazuma Eleven


Selanjutnya, ada Inazuma Eleven yang diadaptasi dari manga karya Tenya Yabuno. Manga ini pernah memenangkan penghargaan Kodansha Manga Award 2010 untuk kategri manga anak terbaik. Untuk versi animenya, cerita Inazuma Eleven ditayangkan di TV Tokyo mulai tahun 2008 hingga 2011. Anime ini juga telah dibuat versi sekuel selanjutnya, yakni Inazuma Eleven GO.

Series asli dari Inazuma Eleven bercerita tentang perjuangan Endou Mamoru yang sangat mencintai sepak bola. Dia bersama teman-temannya melalui berbagai pengalaman menyenangkan dalam turnamen sepak bola, mulai dari saat dia SMP hingga dia berhasil mewakili Jepang ke turnamen dunia. Yang sangat unik dari anime ini adalah setiap pemain memiliki teknik khusus, baik dalam mencetak gol ataupun mempertahankan gawang. Selain itu, mereka biasanya juga menciptakan teknik serangan kombo.

1. Captain Tsubasa Series

source: bola.net

Di posisi pertama, tentu saja, ada serial Captain Tsubasa yang sangat melegenda. Anime ini tidak diragukan lagi dapat dikatakan sebagai anime sepak bola yang terbaik. Anime ini diadaptasi dari manga ciptaan Yoichi Takahashi dan bercerita tentang perjuangan Tsubasa Ozora yang sangat mencintai sepak bola.

Tsubasa telah bermain bola sejak kecil. Ketika dia pindah ke kota Nankatsu saat masih SD, dia langsung bergabung ke tim sepak bola. Dia pun bertemu teman-teman barunya dan melewati pertandingan sepak bola yang menyenangkan. Selain Tsubasa, ada sosok Hyuga yang merupakan rival terbaiknya. Mereka pun terus menekuni hobi mereka hingga mereka menjadi pesepakbola yang profesional.

0 Response to "12 Rekomendasi Anime Sepak Bola yang Terbaik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel