10 Karakter Kartun Hanna-Barbera yang Paling Legendaris

Pada tahun 1940, dua calon seniman yang bernama William Hanna dan Joseph Barbera bertemu di Metro-Goldwyn-Mayer dan memproduksi film pendek pertama mereka Puss Gets the Boot yang menampilkan prototype dari duo legendaris, Tom and Jerry.

Dari situlah, kesuksesan kedua seniman itu mulai menanjak hingga menjadikan mereka sangat terkenal dengan beberapa acara kartun milik mereka, seperti The Flintstones, The Jetsons, Scooby-Doo, dan masih banyak lagi kartun Hanna-Barbera yang tak kalah terkenal.

Nah, pada kesempatan ini MogiMogy pengen mengulas sepuluh karakter paling legend ciptaan Hanna-Barbera. Langsung saja yuk kita lihat berikut ini!

10. Space Ghost

Karakter ini diciptakan oleh Hanna-Barbera tetapi didesain oleh Alex Toth. Space Ghost awalnya adalah seorang pahlawan super yang melawan penjahat di luar angkasa. Dalam membasmi kejahatan, ia dibantu oleh rekan-rekannya, yaitu Jan, Jace, dan Blip si monyet. Acara itu sangat populer di tahun 60’an.

Namun, konsep acara Space Ghost ditata ulang dan diubah menjadi acara bincang-bincang/talkshow parodi berjudul Space Ghost Coast to Cost. Acara itu sempat ditayangkan di Cartoon Network dan Adult Swim. Bersama dengan karakter pendukung seperti Zorak dan Moltar, acara itu sangat populer dan membuat Space Ghost menjadi salah satu karakter favorit penggemar.

9. Boo-Boo Bear

Boo-Boo Bear pertama kali diciptakan bersama dengan Yogi Bear. Karakter ini memulai debutnya pada acara The Huckleberry Hound Show tahun 1958 dengan dasi kupu-kupu yang menjadi ciri khasnya. Ia digambarkan sebagai sosok pendamping Yogi yang paling setia dan dia berperan sebagai penasihat Yogi apabila beruang itu melakukan tindakan tak bermoral.

Dengan kepribadiannya yang santai dan kecerdasannya, Boo-Boo dianggap sebagai karakter yang bijak dan mengimbangi karakter Yogi yang super ceria. Sama seperti rekannya, Boo-Boo pun akhirnya menjadi salah satu kartun yang ikonik bersama dengan Yogi. Ia juga hampir selalu muncul dalam setiap episode.

8. George Jetson

George Jetson merupakan seorang patriark/pemimpin keluarga Jetson. Dia dan keluarganya termasuk tipikal keluarga di masa depan yang sangat maju dalam hal sains. Ia tinggal di kota Orbit bersama keluarganya dan memiliki seekor anjing bernama Astro.

Jetson adalah ayah yang sangat peduli terhadap kondisi keluarga, tetapi lucunya dia dilanda masalah secara terus menerus baik itu masalah pekerjaan maupun masalah rumah tangga. Kepribadian karakter ini hampir mirip dengan Fred Flinstone dan memiliki slogan khas “Hooba-dooba-dooba!”.

Baca juga: 15 Musuh Terbaik Batman dalam Serial DC Comics

7. Huckleberry Hound

Karakter yang satu ini adalah karakter Hanna-Barberra yang memiliki sikap dingin dan ciri khas yang gampang diingat. Ia berbicara mengggunakan aksen Selatan dan memiliki kulit berwarna biru serta topi kuning khasnya.

Saat dia berada dalam masalah atau menghadapi rintangan serius, dia akan tetap tenang dan memasang wajah cool serta menyanyikan lagu “Year of Jubilo”. Yang unik dari karakter ini adalah dia sering terlihat sebagai jack-of-all-trades atau karakter yang serba bisa. Dia kadang terlihat sebagai gladiator Romawi, penjahat, dan ilmuwan roket.

6. Penelope Pitstop

Penelope Pitstop bukanlah ciptaan Hanna-Barbera sendiri, melainkan karakter yang dirancang oleh Iwao Takamoto dan Jerry Eisenberg. Karakter ini digambarkan sebagai sosok gadis feminine dengan rambut pirang kuncir kuda, seragam merah muda cerah, dan sepatu go-go putih.

Karakter ini merupakan sebuah bentuk penghormatan terhadap karakter Maggie DuBois (diperankan oleh Natalie Wood) dari film The Great Race. Penelope Pitsop sering muncul dalam acara Wacky Races dan dia selalu mengalami kesusahan.

5. Barney Rubble

Barney Rubble terlahir dengan nama asli Bernard Matthew Rubble. Ia merupakan manusia gua sekaligus suami dari Betty, ayah dari Bamm-Bamm, dan sahabat baik Fred Flinstone. Seperti karakter Hanna-Barbera lainnya, dia memiliki kepribadian yang dingin dan sikap yang patuh dan sefrekuensi dengan Fred. Selain itu, ia memiliki aksen New Jersey yang mengesankan.

Penciptaan karakter ini terinspirasi dari sosok Ed Norton dari The Honeymooners karya Art Carnay. Meskipun Barney memiliki minat yang sama dengan Fred, ia memiliki kepala yang lebih dingin sekaligus sedikit licik hehe.

Baca juga: 10 Karakter Finding Nemo yang Paling Keren dan Favorit

4. Yogi Bear

Sosok beruang yang satu ini merupakan karakter yang sangat pintar dibandingkan beruang pada umumnya. Selain itu, dia juga merupakan beruang asli dari Jellystone Park. Yogi Bear juga diceritaka sebagai pelarian pertama setelah penampilannya di The Huckleberry Hound Show.

Sebagai salah satu karakter Hanna-Barbera yang paling populer dan dicintai, Yogi memiliki sikap yang sangat ceria dan dia memiliki kebiasaan khas, yaitu mencuri keranjang pic-a-nic di dalam Jellystone bersama temannya Boo-Boo. Sama seperti Barney, dia pun sangat cerdik dalam menyusun rencana, khususnya saat mengecoh Smith si penjaga taman.

3. Fried Flinstone

Yabba-dabba-doo! Ya, dia adalah Fried Flinstone yang merupakan karakter utama dalam serial sitkom animasi yang sangat melegenda. Kehadirannya yang sangat menonjol dalam cerita membuat karakter Fred Flinstone melambung tinggi pada acara itu, mulai dari tahun 60’an hingga saat ini.

Fred merupakan suami dari Wilma, ayah dari Pebbles, dan sekaligus sahabat baik Barney. Ia adalah figur ayah yang seringkali galak, pemarah, tegas, sedikit ceroboh, dan licik dalam hal mencari kekayaan. Meskipun dia seperti itu, Fred tetap menjadi sosok ayah yang selalu peduli terhadap keluarganya. Selain itu, Fred termasuk pemain bowler yang terampil dan bagian dari “Loyal Order of Water Buffalo”.

2. Tom and Jerry

Di posisi kedua, ada duo kartun yang sangat legendaris dan berkesan di hati anak-anak di seluruh dunia. Duo tersebut merupakan Tom and Jerry yang menjadi salah satu masterpiece ciptaan Hanna-Barbera. Sangat sulit untuk menentukan siapa yang terbaik di antara mereka karena karakter Tom dan Jerry itu saling melengkapi dan sama-sama gigih mengejar tujuan mereka.

Tom merupakan kucing pemarah yang terus-menerus mengejar Jerry di sekitar rumah pemiliknya dan selalu membuat jebakan yang pada akhirnya menjadi boomerang untuknya. Di satu sisi, Jerry adalah tikus yang cerdik dan dapat mengecoh Tom hingga ia berhasil menjadi pemenang di akhir. Film-film pendek mereka selalu berhasil membuat penonton tertawa dan berkesan.

1. Scooby-Doo

Selain Tom dan Jerry, ada satu lagi karakter yang menjadi ikon dari Hanna-Barbera, yaitu anjing Great Dane bernama Scooby-Doo yang sangat cerdas dan konyol. Uniknya, karakter Scooby-Doo diciptakan oleh Joe Ruby, Ken Spears, dan Iwao Takamoto. Anjing cokelat ini merupakan peliharaan sekaligus teman baik Shaggy Rogers sekaligus mascot dari Mystery Inc.

Popularitasnya dalam dunia kartu sepertinya sudah nggak perlu diragukan lagi. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya acara TV dan film tentang Scooby-Doo. Meskipun dia cerdas, Scooby pun juga suka takut dengan hantu. Akan tetapi, aksinya seringkali membantu tim memecahkan teka-teki misteri. Salah satu slogan khas dari Scooby adalah ia akan meneriakkan kalimat “Scooby-Dooby-Doo!” di akhir seri ketika misteri sudah terpecahkan.

Baca juga: 15 Karakter Looney Tunes yang Paling Legendaris

0 Response to "10 Karakter Kartun Hanna-Barbera yang Paling Legendaris"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel