Peringkat Kekuatan Anggota Z-Fighter Mulai dari Yang Terlemah Hingga Terkuat

Salah satu hal yang menarik dari seri Dragon Ball adalah pengembangan karakter yang selalu meningkat dari waktu ke waktu. Serial manga dan anime inin selalu menunjukkan kekuatan hebat bela diri dan juga turnamen yang melibatkan petarung-petarung kuat dengan beragam teknik.

Salah satu kelompok penting dalam cerita Dragon Ball adalah kelompok petarung Z atau Z-Fighter yang selalu melindungi bumi dari ancaman musuh kuat dan berbahaya. Kelompok tersebut berisi petarung-petarung kuat dengan teknik khas serta keunggulan mereka masing-masing.

Pada artikel kali ini, MogiMogy akan membahas urutan kekuatan petarung Z mulai dari yang terlemah hingga terkuat. Kira-kira, gimana nih urutannya? Yuk, kita langsung ulas aja berikut ini.

18. Chiaotzu

Untuk memulai list kali ini, ada teman setia sekaligus sahabat baik Tien Shinhan, yaitu Chiaotzu. Karakter dengan penampilan fisik yang mirip dengan hantu China ini adalah karakter canon yang hampir selalu muncul dalam cerita Dragon Ball.

Chiaotzu merupakan ahli martial arts yang dilatih di bawah Master Shen, tetapi kemampuan yang paling menonjol dari karakter ini adalah kekuatan psikisnya. Kemampuan itu membuat Chiaotzu mampu menggunakan kekuatan spesial, seperti telekinesis, telepati, dan berbagai serangan berbasis psikis.

Meskipun Chiaotzu memiliki hati yang kokoh dan selalu siap membantu teman-temannya. Kekuatan Chiaotzu masih kurang sebanding jika dibandingkan dengan teman-temannya. Selain itu, dia juga sempat dikalahkan oleh Krilin dalam cerita. Karena itulah, Chiaotzu berada di urutan terbawah sebagai petarung Z terlemah.

17. Yajirobe

Mungkin cukup mengejutkan bahwa bahwa sosok samurai dari tim Z yang gendut dan kasar ini termasuk salah satu manusia terkuat di bumi. Yajirobe mungkin seorang pria asocial yagn tidak banyak berkelahi, tetapi faktanya dia memiliki beberapa momen heroic di sepanjang seri.

Yajirobe sudah berkali-kali memberikan kacang senzu kepada pejuang yang gugur dan menggunakan kekuatannya sendiri untuk menyelamatkan mereka. Kekuatan fisiknya melebihi manusia rata-rata pada umumnya, seperti saat ia membawa Goku yang jatuh dari Menara Korin. Selain itu, Yajirobe juga sempat mengalahkan Krillin saat mereka berdebat dengan Kami. Meskipun demikian, kemampuan Yajirobe pun dapat dilampaui oleh pejuang Z yang lain.

Selain mengandalkan fisik yang kuat, Yajirobe juga sangat ahli dalam menggunakan pedang. Salah satu momen heroiknya mungkin adalah pada saat dia memotong ekor Vegeta dalam bentuk kera raksasa dan menyelamatkan Goku. Di samping itu, sifat cerdik dan oportunistiknya membuat Yajirobe bisa menghadapi musuh-musuh yang lebih kuat darinya.

Baca juga: 10 Fusion yang Paling Epik dalam Cerita Dragon Ball

16. Videl

Sebagai informasi awal, petarung Z yang satu ini tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan ki dalam jumlah yang banyak. Videl mampu menghasilkan sejumlah ki setelah dia dilatih oleh Gohan. Jadi, Videl murni mengandalkan kekuatan fisiknya dalam bertarung. Namun, Videl adalah petarung yang sangat cerdas dan dia mampu memahami batasan kekuatannya dengan sangat baik. Ia biasanya akan menunggu lawan bergerak terlebih dahulu lalu memberikan serangan balik.

Untuk ukuran manusia biasa, Videl bisa dibilang cukup kuat dan dia layak mendapatkan apresiasi karena ia mampu menghasilkan sejumlah ki, meskipun ia tidak bisa mengendalikannya. Karena Videl tidak bisa menandingi petarung Z yang lain seperti Krillin atau Yamcha, dia pantas menduduki peringkat bawah dalam daftar ini.

15. Yamcha

Petarung Z terkuat berikutnya adalah Yamcha yang sering menjadi bahan lelucon bagi para fans Dragon Ball sejak lama. Di awal kemunculannya, Yamcha adalah seorang bandit gunung yang liar. Ia kemudian menjadi sekutu yang cukup berharga, meskipun dia sendiri bisa dikatakan sebagai petarung yang tidak terlalu sukses.

Yamcha merupakan petarung martial arts yang berbakat dan termasuk salah satu manusia terkuat di bumi, tetapi dia selalu dikalahkan oleh musuh ataupun teman-temannya. Meskipun demikian, Yamcha memiliki kepribadian yang sangat baik hati. Selain itu, dia juga sangat berani dan dapat diandalkan.

Yamcha memang mengakui kelemahannya, tetapi dia selalu siap memberikan bantuan. Ketakutannya melawan musuh yang kuat tidak sebanding dengan ketakutannya saat berhadapan dengan wanita hehe. Salah satu teknik khas yang dikembangkan oleh Yamcha sendiri adalah teknik Sokudan. Teknik itu adalah bola roh yang dapat bergerak ke segala arah bahkan pada saat masih terbang di udara. Saking uniknya, banyak musuh yang terkejut dengan teknik Yamcha yang satu ini.

14. Pan

Pan mungkin bisa dibilang sebagai petarung Z termuda, tetapi dia sangatlah tangguh di usianya yang masih baru berumur 4 tahun. Pan terbukti mampu menjatuhkan pesaing hebat dari turnamen bela diri dunia. DIa memiliki semangat yang berapi-api dan bakat alami dalam segala hal yang berkaitan dengan pelatihan atau pertarungan.

Kemampuan itu tidak diragukan lagi merupakan hasil dari pelatihannya di bawah bimbingan kakeknya, Goku. Sebagai seorang bayi Pan mampu mengeluarkan tenaga dalam, terbang, dan menghasilkan ki yang mengesankan. Kemampuan itu sempat diperlihatkan pada pertarungannya melawan Goten.

Melihat kemampuan Pan yang seperti itu, kemungkinkan besar darah Saiyan mengalir sangat kuat di dalam dirinya. Ia bahkan sempat membuat Trunks kesulitan menahan serangannya. Saat dia tumbuh besar nanti, kekuatan Pan bisa dipastikan akan meningkat lebih kuat dan mampu mengungguli petarung Z yang lain.

13. Master Roshi

Master Roshi adalah salah satu karakter legendaris dalam cerita Dragon Ball. Dia adalah penemu teknik Kamehameha yang ia wariskan kepada murid-murid terbaiknya. Roshi telah berumur 300 tahun sejak dimulainya cerita Dragon Ball. Usia yang panjang itu dia dapatkan setelah ia meminum ramuan keabadian.

Kemampuan bertarung Master Roshi mungkin memang tidak sebagus dulu, tetapi dia tidak bisa dianggap enteng. Selain kekuatannya yang hebat, Master Roshi juga memiliki kebijaksanaan yang tinggi. Ia telah membuktikan dirinya sebagai salah satu petarung yang memiliki pemikiran terbaik dalam cerita Dragon Ball. Dia dapat menganalisa serta menilai kekuatan dan kelemahan lawan sebelum melancarkan serangan.

Di usianya yang sudah tua, Master Roshi sempat ikut terlibat pertarungan antara petarung Z melawan tentara Frieza di film Resurrection of F. Selain itu, dia juga menjadi bagian dari tim Universe 7 dalam pertandingan di Tournament of Power.

Baca juga: 15 Villain yang Terbaik dalam Cerita Dragon Ball

12. Krillin

Krillin bisa dikatakan sebagai sahabat terbaik Goku di sepanjang cerita Dragon Ball. Petarung Z yang satu ini hampir selalu muncul dalam berbagai seri, berbeda dengan petarung Z lain yang beberapa kali menghilang dalam cerita. Meskipun Krillin tidak sekuat para Saiya, dia memiliki bakat alami yang sangat hebat dalam memanipulasi ki, lebih banyak dibandingkan petarung kuat lainnya..

Krillin juga mampu merasakan kekuatan tersembunyi dan memiliki gerakan khusus yang sangat kuat bernama Disk Destructo. Teknik Krillin tersebut mampu memotong gunung seperti halnya pisau yang mengiris mentega. Meskipun dia seringkali tewas dan dibangkitkan berkali-kali, Krillin termasuk petarung Z yang bisa diandalkan. Dia sangat lucu dan mampu menjadi pemecah suasana.

11. Tien Shinhan

Sebagai pribadi yang tabah dan fokus, Tien Shinhan adalah salah satu karakter yang paling disiplin dalam cerita. Nggak hanya itu, dia juga sangat serius dalam mengasah skill bela dirinya. Dia memang tidak cukup kuat untuk bertarung di garis depan, tetapi Tien memiliki kemampuan bertarung yang mumpuni dan mampu mengejutkan lawa.

Selama saga pertarungan melawan Frieza, dia mampu mengalahkan Jeice dan Burter secara bersamaan dan kemudian menahan kekuatan Imperfect Cell menggunakan teknik Neo Tri-Beam miliknya yang terkenal. Kedisplinan dari sosok Tien ini membuatnya mengalami peningkatan kekuatan dari waktu ke waktu. Sebagai contoh, Tien mampu mengalahkan banyak tentara Frieze tanpa perlu mengeluarkan teknik khusus.

Tien juga tampil dengan sangat keren sebagai petarung dari tim Z dalam film Resurrection of F, khususnya pada saat mereka bersama-sama mengalahkan seribu tentara Frieza dalam pertarungan yang sungguh epic. Selain itu Tien dipercaya menjadi bagian dari tim Universe 7 dalam Tournament of Power. Keberaniannya yang hebat itu membuatnya disanjung oleh Dewa Penghancur.

10. Uub

Uub merupakan reinkarnasi manusia dari Buu dan menjadikannya sebagai manusia terkuat yang pernah ada. Sebelum Goku mengalahkan sosok Kid Buu dengan bom roh, ia memiliki keinginan agar Buu dihidupkan kembali hingga membuat sosok Uub ini terlahir ke dunia.

Meskipun Uub kehilangan kemampuan biologis dan regenerasi dari Buu, ia tetap mempertahankan potensi kekuatannya yang mengerikan dan dia pun kehilangan sifat-sifat negatifnya, seperti sifat Buu yang susah diprediksi dan brutal.

Dalam cerita aslinya, Uub saat ini masih kecil, tetapi kemampuan Uub nanti kemungkinan akan berkembang lebih kuat dari manusia manapun, setidaknya lebih kuat dari SS3 Goku. Uub juga sama seperti Pan karena dia disiapkan untuk menjadi pemeran penting dalam cerita Dragon Ball di masa depan.

9. Goten

Secara umum, Goten adalah karakter yang menyenangkan dan agak nakal. Dia sebenarnya mampu menunjukkan lebih banyak potensi pada usianya dibandingkan dengan ayah atau kakak laki-lakinya. Dia meguasai bentuk Super Saiyan bahkan sebelum ia belajar terbang. Hal itu membuat Piccolo terkejut dengan bakat alami Goten.

Goten masih sangat muda dan kekuatanya belum berkembang hingga ke puncaknya. Jadi, fakta bahwa dia belum cukup kuat untuk menghadapi ancaman dari musuh yang sesungguhnya tidaklah buruk. Goten memang masih perlu belajar lebih disiplin hingga dia mampu naik ke level berikutnya.

Momen Goten yang paling terkenal adalah saat dia bergabung dengan Trunks dan menjadi Gotenks, salah satu karakter terkuat dan terpopuler di tim Z-Fighter. Dia dan Trunks saat ini sering menonjolkan momen-momen lcu sebagai pemanis cerita, tetapi ketangguhan dan tekad bertarung mereka tidak perlu diragukan lagi. Suatu hari nanti, ia akan mampu melampaui ayah dan juga kakak laki-lakinya.

8. Trunks

Sejak kecil, Trunks menunjukkan kecintannya terhadap teknologi, sama seperti ibu dan kakeknya. Hal itu membuat Trunks lebih pintar dibandingkan anak seumurannya. Trunks memanglah anak kecil, tetapi dia memiliki kekuatan yang sangat menakjubkan.

Trunks mampu berubah menjadi Super Saiyan pada usia 8 tahun, jauh lebih awal dibandingkan ayahnya dulu. Selain itu, Trunks pun terus berlatih bersama Vegeta di ruang gravitasi. Dia terbukti dapat bergerak dengan mudah pada gravitasi 100x dalam bentuk Super Saiyan.

Meskipun dia tidak bisa secara langsung menghadapi penjahat yang mengakhiri dunia seperti Buu, hampir semua penjahat yang lain menganggap Trunks sebagai lawan yang menantang. Dia dan Goten dapat dengan mudah mengalahkan sisa-sisa pasukan Frieza. Karena ia masih muda, kemungkinan besar kekuatan Trunks akan meningkat lebih kuat nantinya.

Baca juga: 15 Rivalitas Terbaik yang Muncul dalam Cerita Anime

7. Piccolo

Piccolo bukan hanya seorang pelatih dan pengawas anggota tim muda, melainkan ia juga selalu berdiri sebagai petarung terdepan yang selalu mengamati ancaman yang sekiranya membutuhkan peran dari petarung Z untuk turun tangan.

Meskipun Piccolo berada di urutan yang cukup tinggi dalam daftar ini, dia masih lebih lemah dibandingkan petarung Z lain yang berada di garda terdepan. Hal ini terbukti dari kapasitasnya yang belum cukup hebat dalam mengalahkan musuh utama dalam cerita.

Piccolo merupakan pejuang sejati yang kuat, bersemangat, dan mentor yang sangat baik. Dia juga memiliki kekuatan tersembunyi yang tersimpan dalam dirinya. Salah satu pertarungan terbaik Piccolo dalam cerita Dragon Ball mungkin adalah pertarungannya melawan Android 17 yang berlangsung hampir seimbang. Di samping itu, Piccolo pun selalu berperan dalam setiap konflik penting dalam cerita Dragon Ball dan ia selalu menjadi anggota inti dalam tim Z hingga detik ini.

6. Android 18

Android 18 telah mengalami peningkatan yang serius dalam hal kekuatan dibandingkan kemunculannya di awal. Pada satu waktu, kekuatan 18 memang lebih kuat dari adik laki-lakinya dan kemampuannya pun telah berkembang sangat pesat sejak kemunculan terakhirnya di Z.

Android 18 termasuk salah satu petarung terkuat dalam tim. Faktanya, hanya orang dengan kemampuan Saiya saja yang mampu mengalahkannya. Selain itu, kekuatan dari Android 18 ini layak untuk diperhitungkan karena dia sempat mengalahkan beberapa petarung Z di masa lalu, contohnya saat dia mematahkan lengan Vegeta saat pertemuan pertama mereka.

Android memang terkenal memiliki energi dan stamina yang tidak terbatas hingga membuat mereka menjadi petarung yang tak terhentikan. Sayangnya, Android 18 lebih memilih mundur dari pertarungan sejak kekalahannya melawan Buu dan lebih fokus menjadi seorang istri dan ibu. Meskipun demikian, dia tidak pernah berhenti berlatih. 18 juga sempat ditunjuk sebagai anggota tim Universe 7 dan menunjukkan taringnya dalam turnamen.

5. Android 17

Setelah dia dibangkitkan kembali pasca kekalahannya melawan Cell, Android 17 menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menjauh dari masa lalunya dan membuat hidupnya menjadi lebih baik. Android 17 kini terlihat lebih dewasa dan dia pun berkembang menjadi sosok yang memiliki kepribadiannya sendiri.

Seiring berjalannya waktu, 17 pun mulai menyadari kemampuan penting yang selalu dikatakan oleh Dr. Gero hingga membuatnya jauh lebih kuat dari sebelumnya. Kekuatannya nggak bisa dibayangkan. Berdasarkan statistik yang dijelaskan oleh Dende, kemampuan 17 akan sangat menakutkan apabila dia masih menjadi musuh yang jahat.

Untungnya, 17 menjadi pribadi yang baik dan menerima undangan Goku untuk menjadi anggota tim dalam Tournament of Power. Ia kini pun menjadi Android terkuat di alam semesta dan kekuatannya mampu mengalahkan SS2 Goku atau bisa dikatakan hampir setara dengan wujud SS3 Goku.

Baca juga: 10 Karakter Terkuat dalam Cerita InuYasha

4. Future Trunks

Kepribadian Future Trunks telah berkembang jauh lebih dewasa dan bermental kuat karena dia telah menjadi mangsa bagi predator di masa depan. Hal itulah yang membuat Future Trunks juga lebih berhati-hati dengan Trunks muda. Selain itu, Future Trunks bisa dibilang sebagai petarung yang luar biasa meski potensi sejatinya belum ditunjukkan sepenuhnya.

Future Trunks memiliki darah Saiyan yang membuat dia mampu berubah menjadi Super Saiyan dan mampu mencapai level tiga yang sangat kuat. Kemampuan bertarungnya meningkat pesat setelah dia berlatih dengan Supreme Kai. Teknik pedang milik Future Trunks pun lebih kuat.

Dalam cerita, Future Trunks telah mengalahkan beberapa musuh kuat, seperti Mecha Frieze, Android versi masa depan, dan bahkan Zamasu yang sangat kuat dalam cerita Dragon Ball Super. Sayangnya, Future Trunks kembali ke timeline aslinya sehingga dia tidak bisa menjadi bagian dari tim di turnamen.

3. Gohan

Karakter yang satu ini selalu ingin menjadi petarung yang sangat kuat dan dia mampu mengembangkan kekuatannya hingga ke titik puncak. Meskipun Gohan memilih untuk hidup sebagai pria normal yang memiliki keluarga, Gohan masih tetap memiliki kemampuan petarung yang menjadi ancaman bagi siapapun lawannya.

Piccolo dipercaya untuk melatih Gohan agar ia ikut turnamen dan semangat bertarung Gohan bisa kembali bangkit. Karena latiha itulah, Gohan dengan cepat mendapatkan kekuatanya dan dapat mengalahkan Piccolo beserta klonnya dengan mudah.

Di turnamen itu, Gohan telah menunjukkan sebagian besar kemampuan lamanya dan teknik baru yang telah dia kembangkan serta lebih kuat dibandingkan tekniknya yang dulu. Dalam waktu yang singkat, Gohan dapat berkembang jauh lebih kuat. Piccolo dan Vegeta berpikir bahwa Gohan masih menyimpan kekuatan di dalam dirinya dan dia bisa menjadi lebih kuat dari semua orang.

2. Vegeta

Petarung Z terkuat di posisi kedua adalah sosok Pangeran Saiyan sekaligus rival sejati dari Son Goku. Dia merupakan karakter yang sangat fleksibel dan berkembang dengan sangat baik seiring berjalannya waktu, mulai dari saat dia masih menjadi musuh hingga dia menjadi sekutu Goku. Ia biasanya selalu mengambil peran kedua setelah Goku dan termasuk salah satu petarung terkuat di alam semesta.

Vegeta memang terlahir menjadi petarung yang kuat dan dia mampu menunjukkan kekuatanya yang besar di usia muda. Sepanjang cerita, dia telah menampilkan berbagai pertempuran dan transformasi epik. Selain itu, dia telah mengalahkan banyak musuh-musuhnya. Ngak hanya itu, Vegeta disebut sebagai salah satu dari 3 kartu truf di Universe 7, bersama dengan Goku dan Frieza.

Dalam Tournament of Power, Vegeta terbukti membuktikan dirinya sebagai satu-satunya petarung yang mampu memukul Jiren, petarung terkuat di multiverse. Selain itu, Vegeta juga mampu mencapai bentuk Super Saiyan Blue sama seperti Goku dan membuat dirinya lebih kuat dari sebelum-sebelumnya. Yang paling penting adalah dia tidak pernah berhenti berlatih.

1. Goku

Mungkin tidak terlalu mengejutkan bahwa Goku adalah petarung di tim Z yang terkuat dan mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu petarung terkuat di alam semesta. Goku telah menunjukkan kemampuan bela dirinya yang sangat hebat sejak series pertama Dragon Ball. Goku juga telah membuktikan dirinya bahwa dia layak menempati posisi sebagai petarung top dalam cerita ini.

Goku memiliki potensi yang kelihatannya tak terbatas dan selalu meningkat dari waktu ke waktu. Ia selalu berlatih untuk mengembangkan teknik dan transformasi terbaru, khususnya di tengah-tengah pertarungan. Dalam cerita Dragon Ball Super, Goku telah mencapai prestasi yang hanya dimiliki oleh segelintir makhluk di Multiverse karena dia cukup kuat untuk menyaingi God of Destruction.

Goku telah tampil mengesankan berkali-kali di turnamen dan dia telah mengeleminasi musuh kuat seperti Kefla. Dalam bentuk dasarnya, petarung tingkat bahwa bahkan terkagum-kagum dengan kekuatan Goku. Sama seperti Vegeta, Goku mampu mencapai Super Saiyan Blue, transformasi terkuat yang pernah ada. Selain itu, Goku mampu menggunakan teknik Kaioken miliknya dalam mode itu. Saking kuatnya Goku, Jiren sampai menganggapnya sebagai petarung yang harus dia singkirkan secara pribadi.

Baca juga: Profil dan Kekuatan Anggota Night Raid dalam Cerita Akame ga Kill

0 Response to "Peringkat Kekuatan Anggota Z-Fighter Mulai dari Yang Terlemah Hingga Terkuat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel