15 Bintang Film Bela Diri yang Terbaik di Dunia

Film seni bela diri atau martial arts merupakan salah satu genre film yang diminati oleh banyak orang karena ada banyak adegan perkelahian yang seru dan menegangkan. Enggak hanya itu, kita mungkin mengenal berbagai macam jenis bela diri berkat peran dari aktor atau aktris yang bermain dalam film tersebut.

Dengan kombinasi antara kemampuan seni peran dan seni bela diri, para bintang laga tersebut mampu menyajikan adegan yang memukau hingga membuat penonton terkesima. Nah, berikut ini MogiMogy telah mengulas daftar bintang film bela diri terbaik di dunia yang dilansir dari situs Screenrant.com.

Langsung saja yuk, kita lihat daftarnya berikut ini!

15. Michael Jai White

Untuk memulai list kali ini, ada sosok Michael Jai White yang sangat ahli dalam berbagai seni bela diri. Enggak hanya itu, dia telah menunjukkan kemampuan itu dalam berbagai filmnya.

Michael Jai White telah mempelajari seni bela diri sejak kecil dan ia memegang sabuk hitam Shotokan Karate, Goju Ryu, Kyokushin, Taekwondo, Kobudo, Wushu, dan Tang Soo Doo. Beberapa filmnya yang sangat terkenal contohnya adalah Universal Soldier: The Return, Exit Wounds, Undisputed 2: Last Man Standing, dan Never Back Down 2: The Beatdown.

Pengetahuannya yang sangat baik tentang seni bela diri membuat dia serin berperan sebagai stuntman dan koreografer film aksi.

14. Cynthia Rothrock

Sama seperti Michael Jai White, aktris cantik yang satu ini memiliki kemampuan bela diri jauh sebelum dia terjun di dunia perfilman. Cynthia Rothrock telah mendapatkan sabuk hitam dalam tujuh seni bela diri yang berbeda dan dia memenangkan lima kejuaraan dunia.

Selama berkarier di bidang seni bela diri yang kompetitif, dia pertama kali direkrut oleh perusahaan produksi film Golden Harvest yang terkenal. Kemudian, ia memulai debutnya dalam film Yes, Madam yang diperankan bersama Michelle Yeoh.

Setelah itu, Cynthia Rothrock pun ikut bermain dalam beberapa film China yang populer seperti China O’Brien, The Inspector Wears Skirts, dan Righting Wrongs. Di samping itu, dia juga berperan dalam film Amerika low-budget, seperti Irresistible Fore, Outside The Law, dan Mercenaries.

13. Sammo Hung

Sama seperti sahabat baiknya Jackie Chan, Sammo Hung dulu berlatih di seni bela diri di Peking Opera School sebelum memulai kariernya di industri perfilman China. Saat masih menjadi murid, dia dan Chan sempat menjadi bagian dari grup Seven Little Fortune.

Sebagian besar kariernya dihabiskan di tanah airnya hingga membuat dia menjadi ikon film aksi China. Bagi penonton dari Barat, dia mungkin paling dikenal berkat serial singkatnya yang berjudul Martial Law yang ditayangkan selama dua musim di CBS dari 1998 hingga 2000. Dalam film itu, Hung berperan sebagai polisi China yang dipindahkan ke Los Angeles.

Di Tiongkok, ia telah bekerja sebagai aktor, sutradara, stuntman, dan koreografer aksi pada ratusan film. Sammo Hung memulai debutnya di dunia film sebagai aktor kecil dalam film Education of Love pada tahun 1961 dan dia sudah membintangi banyak film yang keren.

12. Jim Kelly

Jim Kelly bisa disebut sebagai ahli bela diri sejati dan dia telah memenangkan juara dunia berkali-kali pada awal tahun 70’an. Kelly adalah seorang master di Shorin-ryu Karate dan ia membuka sekolahnya sendiri di Los Angeles.

Di sanalah, produser dari film Enter the Dragon Jerry Weintraub menemukan Kelly dan merekrutnya untuk bermain sebagai Williams. Ia beradu akting dengan aktor legendaris Bruce Lee dalam film terakhirnya. Hal itu adalah anugerah yang besar bagi karier Kelly yang sedang berkembang.

Setelah kesuksesan film Enter the Dragon, Kelly terus menunjukkan kehebatan seni bela dirinya hingga dia menjadi salah satu bintang terbesar dari genre blaxploitation berkat film-film seperti Black Belt Jones, Three the Hard Way, Black Samurai, dan Hot Potato.

Sebagai aktor kulit hitam pertama yang menjadi bintang film seni bela diri, Kelly membantu membuka jalan bagi artis modern seperti Michael Jai White dan Wesley Snipes. Kelly meninggal karena kanker pada tahun 2013 pada usia 67 tahun.

11. Kara Hui

Selanjutnya, ada Kara Hui yang termasuk salah satu ikon sinema TIongkok sekaligus salah satu aktris film bela diri terbaik sepanjang masa. Kara Hui memiliki riwayat panjang di industri perfilman selama lima dekade.

Ia ditemukan pertama kali oleh Lau Kar-leung dan dia berperan dalam film Challenge of the Masters yang dirilis pada tahun 1976. Pada awal kariernya, Hui lebih dominan berpran dalam film bela diri yang diproduksi oleh Shaw Brother Studios, contohnya film Invincible Shaolin, Mad Mokey Kung Fu, Return to the 36th Chamber, dan Clan of the White Lotus.

Perannya pada film My Young Auntie pada tahun 1982 sangatlah ikonik sehingga membuat dia memenangkan kategori aktris terbaik pada Hong Kong Film Awards yang perdana. Enggak hanya itu, dia juga memenangi kategori tersebut berkat perannya pada film At the End of Daybreak tahun 2010 dan Happines tahun 2017.

10. Iko Uwais

Iko Uwais adalah aktor termuda dalam daftar ini sekaligus memberi kabar baik bagi para fans, khususnya fans dari Indonesia. Ia memulai kariernya pada umur 34 tahun dan telah membintangi beberapa film aksi keren Indonesia dan beberapa film Hollywood.

Uwais pertama kali ditemukan oleh pembuat film Gareth Evans di dojo silat. Ia terkesan dengan kemampuan bela diri Uwais sehingga dia merekrut Uwais untuk berperan dalam film Merantau yang dirilis pada tahun 2009.

Karier dari Uwais semakin melejit ketika ia tampil dalam film The Raid tahun 2012 yang dianggap sebagai salah satu film bela diri terbaik sepanjang masa karena adegan yang penuh aksi dengan koreografi yang sempurna dan sangat brutal. Sekuelnya The Raid 2 yang dirilis pada tahun 2014 pun tak kalah keren. Selain itu, Iko Uwais juga sempat berperan dalam film Hollywod, seperti Mile 22 dan Starwars: The Force Awakens.

9. Ti Lung

Sama seperti Kara Hui, Ti Lung juga dianggap sebagai salah satu aktor ikonik di Tiongkok berkat peran utamanya dalam sejumlah film dari Shaw Brothers Studios. Ia merupakan seorang murid Wing Chun yang mendaftar di kursus akting studio.

Berkat keterampilannya yang hebat dan didukung fisiknya yang tampan, dia menemukan pekerjaan sebagai pemain film dengan cepat. Ia memulai debunya pada film Dead End tahun 1969 yang mengusung tema kontemporer. Akan tetapi, ia semakin populer berkat karyanya yang bergenre Wuxia.

Selain itu, Ti Lung juga membintangi sejumlah film bergenre populer, contohnya Have Sword, Will Travel 1969, Heroic Ones 1970, dan King Eagle 1971. Peran dari Ti Lung yang tak kalah ikonik adalah perannya sebagai Little Flying Dagger Li pada film Sentimental Swordsman dan sekuelya Return of  the Sentimental Swordsman. Perannya yang sangat heroik membuat dia disukai oleh banyak penggemarnya.

8. Jean-Claude Van Damme

Van Damme adalah aktor bela diri yang dikenal dengan julukan The Muscles form Brussels. Melalui film-film aksi yang dia bintaing, ia telah menunjukkan aksi bela diri yang luar biasa selama kurang lebih tiga puluh tahun.

Van Damme memegang sabuk hitam tingkat kedua Shotokan Karate dan dia telah berkompetisi di berbagai turnamen karate dan kickboxing sebelum dia memulai kariernya di dunia akting. Enggak hanya itu, dia juga mempelajari bela diri Taekwondo dan Muay Thai.

Akting Van Damme kian pecah ketika dia bermain dalam film klasik Bloodsport pada tahun 1988 yang bercerita tentang seorang ahli bela diri bernama Frank Dux dan pertarungannya di turnamen bawah tanah bernama Kumite.

Selain itu, aktingnya yang tak kalah keren adalah film Kickboxer pada tahun 1989 ketika ia berperan sebagai ahli bela diri yang berniat untuk membalas dendam atas kematian adiknya di tangan pembunuh yang brutal.

7. Tony Jaa

Saat ini, Muay Thai merupakan salah satu seni bela diri yang populer di dunia dan menjadi bagian dari turnamen MMA. Kepopuleran dari seni bela diri “delapan anggota tubuh” ini juga tak luput dari film Ong-Bak: The Thai Warrior yang dibintangi oleh Tony Jaa pada tahun 2003.

Akting dari Tony Jaa yang memukau pada film Ong-Bak membuat banyak orang yang tertarik dengan bela diri dari Thailand tersebut. Selain film Ong-Bak, Tony Jaa juga menunjukkan aksinya yang tak kalah keren pada film The Protector pada tahun 2005.

Saat masih kecil, Jaa memang terinspirasi untuk belajar seni bela diri karena dia sangat ngefans dengan sosok Bruce Lee, Jackie Chan, dan Jet Li. Kesuksesan akting Tony Jaa membuat ia dilirik oleh Jackie Chan dan diajak berperan dalam film Rush Hour 3, tetapi dia tidak bisa menerima tawaran itu karena jadwalnya syuting yang bentrok.

Meski sempat meninggalkan dunia film pad atahun 2010 untuk menjadi biksu Buddha, Jaa kembali lagi ke dunia akting pada tahun 2013. Ia pun membintangi beberapa film terkenal lain, seperti Furious 7, XXX: Return of Xander Cage, dan Skin Trade.

6. Michelle Yeoh

Michelle Yeoh adlaah salah satu aktris paling terkenal di TIongkok sekaligus bintang internasional berkat karyanya dalam beberapa film Hollywood. Uniknya, Michelle Yeoh adalah seorang penari balet di masa mudanya.

Karena itulah, Michelle Yeoh memanfaatkan kemampuan atletisnya yang luar biasa dalam kariernya sebagai bintang laga. Seperti Jackie Chan yang menjadi lawannya dalam film Police Story 3, dia menjadi terkenal karena akrobatnya sendiri yang khas di banyak film.

Kariernya semakin berkembang berkat aktingnya dalam film Magnificent Warriors, Executioners, dan Tai Chi Master. Selain itu, perannya sebagai agen China Wai Lin sangatlah tenar dalam film James Bond tahun 1997 Tomorrow Never Dies.

Enggak cuman itu, ia juga menerima beberapa penghargaan untuk perannya Yu Shu Lien dalam film Crouching Tiger, Hidden Dragon pada tahun 2000. Setelah enam belas tahun berlalu, ia pun kembali memainkan peran tersebut dalam sekuelnya Sword of Destiny. Selain itu, Michelle Yeoh pun berperan dalam seri terbaru Star Trek: Discovery  dan muncul sebagai cameo dalam film Guardians of The Galaxy Vol. 2.

5. Chuck Norris

Buat kalian para penggemar meme, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan Chuck Norris yang terkenal greget hehe. Meskipun fakta aslinya Chuck Norris tidak segreget yang ada di meme, ia tetaplah seorang aktor bela diri yang keren dan aksinya luar biasa.

Sebagai bukti, dia telah memiliki sabuk hitam untuk beberapa seni bela diri, seperti Karate, Taekwondo, dan Tang Soo Doo. Enggak cuman itu, Chuck Norris bahka menciptakan gaya bertarungnya sendiri yang disebut dengan Chun Kuk Do.

Salah satu peran besar pertamanya dalam industri film adalah perannya sebagai musuh dari Bruce Lee dalam film Way of The Dragon. Dalam film itu, kedua bintang laga tersebut saling beradu tinju dan kemampuan bela diri di Coloseum, Roma.

Sejak saat itulah, Chuck Norris dikenal sebagai salah satu bintang laga yang terbaik di dunia dan telah membintangi film-film ternama seperti The Delta Force, Missing in Action, dan Firewalker. Selain itu, dia juga membintangi seri televise Walker, Texas Ranger yang tak kalah populer dari filmnya.

4. Donnie Yen

Donnie Yen memang telah lama menjadi superstar di tanah kelahirannya, Tiongkok. Ia adalah aktor bela diri yang sangat berbakat dalam berbagai gaya yang berbeda. Awalnya, dia memasuki dunia film sebagai seorang stuntman pada tahun 1983.

Tak lama setelah itu, Yen kemudian menjadi koreografer, sutradara, hingga dia membintangi filmnya sendiri. Peran besarnya dalam film Iron Monkey, Ip Man, dan Hero telah mengukukuhkan statusnya sebagai salah satu bintang laga paling populer dari China.

Selain menjadi pemeran utama, Donnie Yen juga menunjukkan kemampuan aktingnya sebagai peran pendukung dalam beberapa film Hollywood, termasuk Highlander: Endgame, Blade 2, dan Shanghai Knights. Selain itu, ketenarannya semakin meningkat berkat perannya sebagai Chirrut Imwe dalam film Rogue One: A Star Wars Story.

3. Jet Li

Sebelum berkarier di kancah perfilman Hollywod, karier Jet Li sangat sukses di tanah airnya, seperti Bruce Lee dan Jackie Chan. Ia termasuk aktor bela diri yang terbaik segenerasinya berkat karya-karyanya di industri film seperti Once Upon A Time In China, Black Mask, dan versi remake film Fist of Legend yang luar biasa.

Hanya masalah waktu saja sebelum Jet LI berkripah di industri film Barat. Setelah sukses dengan perannya sebagai penjahat di Lethal Weapon 4 tahun 1994, Jet Li pun kemudian terus bekerja sebagai aktor film-film Amerika.

Meskipun perannya tidak seikonik dalam film Hero, film Jet Li yang berjudul Romeo Must Die, The One, dan War sangatlah recommended buat ditonton. Saat ini, dia memegang peran besar sebagai Yin Yang dalam franchise film Expendables.

2. Jackie Chan

Siapa yang enggak kenal dengan Jackie Chan? Dia adalah aktor laga yang sangat badass, terkenal, dan selalu melakukan aksi-aksi menegangkan dengan kemampuannya sendiri untuk sebagian besar kariernya. Oleh karena itu, Chan berkali-kali mengalami patah tulang selama proses pembuatan film-filmnya.

Di samping itu, karakter Jackie Chan dalam film selalu disukai oleh penggemar. Jika aktor bela diri lain terlihat penuh amarah dan suka memasang cemberut dalam berakting, Jackie Chan cenderung terlihat bersenang-senang dalam filmnya.

Jackie Chan telah menjalani pelatihan bertahun-tahun di Opera Peking School hingga dia menjadi seniman bela diri yang sangat berbakat. Ia kemudian mulai bekerja sebagai stuntman pada tahun 70’an. Ia sempat mendapatkan peran pembantu dalam film-film yang dibintangi Bruce Lee hingga dia mendapatkan filmnya sendiri yang meledak di pasaran, seperti Drunken Master, The Big Brawl, dan Police Story. Selain itu, film Jackie Chan di industri film Hollywood juga sangat disukai oleh banyak orang, seperti Rush Hour, Shanghai Noon, dan The Forbidden Kingdom.

1. Bruce Lee

Bintang bela diri terbaik sepanjang masa, tak perlu diragukan lagi, adalah Bruce Lee yang sangat legendaris. Aktor yang satu ini merupakan ikon terbesar dari film bela diri. Meskipun Bruce Lee meninggal di usia yang relatif muda 32 tahun, Bruce Lee telah melakukan banyak pencapaian semasa hidupnya.

Dalam kehidupannya yang singkat, Bruce Lee menguasai Kung Fu dan mengembangkan ilmu bela dirinya sendiri, yakni Jun Fan Gung Fu yang pertama dan Jeet Kune Do. Enggak hanya itu, Bruce Lee telah menulis beberapa buku, membintangi serial The Green Hornet, menentang konvensi dengan melatih orang Barat yang ingin belajar bela diri China, dan menjadi salah satu bintang film terbesar di dunia.

Film seni bela dirinya, seperti The Big Boss, Fist of Fury, Way of the Dragon, Enter the Dragon, dan Game of Death, masih dijadikan standar untuk pembuatan film bela diri yang lain selama hampir 50 tahun setelah kematiannya.

0 Response to "15 Bintang Film Bela Diri yang Terbaik di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel