10 Musuh Superman yang Paling Legendaris

Superman adalah salah satu superhero dalam komik DC yang namanya udah melegenda. Sebagai superhero, Superman tentu saja bertugas melindungi bumi dari serangan atau ancaman yang berbahaya.

Saat membasmi kejahatan, Superman tentu bertemu dengan musuh-musuh hebat yang punya kekuatan untuk menjatuhkannya. Nah, kali ini MogiMogy ingin mengulas daftar musuh Superman yang paling legendaris di sepanjang cerita DC. Langsung kita bahas aja yuk!

10. Metallo

Dalam cerita DC, ada beberapa karakter yang memiliki kekuatan cyborg. Salah satunya adalah John Corben atau yang lebih dikenal dengan nama Metallo. Setelah mengalami insiden yang membuatnya terluka parah, ia diselamatkan oleh ilmuwan bernama Dr. Vale.

Vale berusaha semaksimal mungkin dan memodifikasi organ Corben yang masih berfungsi dengan tubuh mekanik. Uniknya, sumber kehidupan dari Metallo berasal dari inti Kripton yang ditanam dalam tubuhnya. Karena itulah, ia memiliki kekuatan untuk membunuh Superman.

9. Parasite

Musuh Superman yang satu ini awalnya adalah seorang pekerja di laboratorium bernama Rudy Jones. Suatu ketika, ia membuka sebuah kotak tersembunyi di laboratorium yang dia kira berisi barang berharga.

Kotak itu nyatanya mengandung bahan radioaktif yang mengubahnya menjadi monster Parasite. Untuk bertahan hidup, Parasite harus menyerap energi kehidupan dari makhluk lain. Namun, saat berhadapan dengan Superman ia mampu menyerap kekuatan sekaligus ingatan Superman.

8. Mongul

Mongul pada dasarnya adalah pemimpin alien yang sangat kejam dan brutal hingga dia diasingkan oleh rakyatnya sendiri. Ia kemudian berkelana ke luar angkasa hingga dia menemukan Warworld, sebuah planet buatan yang dia kuasai dan mameksa penghuninya untuk melakukan pertandingan gladiator.

Mongul memiliki kekuatan yang bisa menyaingi Superman, apalagi dia juga sangat licik dan kejam. Setelah berupaya untuk membuat bumi seperti Warworld, Superman dan beberapa pahlawan lain menyerbu planet tersebut. 

Baca juga: 10 Karakter Anti Hero yang Paling Keren dalam Komik DC

7. Mr. Mxyzptlk

Musuh Superman yang satu ini ialah penipu interdimensi yang sangat cerdik. Saat dia muncul, ia selalu mengganggu Superman dengan segala tingkah nakalnya. Mxy memiliki kemampuan untuk membengkokkan realitas hanya dengan jentikan jari.

Meskipun dia punya kekuatan yang cukup menakutkan, ia pada dasarnya bukanlah ancaman yang serius karena dia adalah penjahat yang sengaja dibuat sebagai jokes. Kehadirannya membuat jalan cerita jadi lebih segar dan tidak terlalu serius.

6. Bizarro

Karakter yang satu ini bisa dibilang sebagai kebalikan dari Superman. Ia memang sengaja diciptakan sebagai duplikat dari manusia baja tersebut. Sayangnya, proses penciptaannya tidak berjalan dengan mulus dan hasilnya dia malah mirip seperti monster Frankenstein.

Bizarro tidak bisa membedakan kebenaran dan kesalahan. Karena itulah, dia suka mengamuk dan membawa kehancuran di kota Metropolis. Saat melakukan itu, ia merasa bahwa dirinya seperti halnya Superman yang sedang beraksi. Yang jelas, aksinya selalu membuat ia berada dalam masalah besar.

5. Zod

Zod adalah salah satu Kryptonian yang berhasil selamat dari kehancuran planet Krypton. Ia dulu sempat memimpin pasukan pemberontak militer dan ia berhasil ditangkap lalu dipenjara di Phantom Zone.

Setelah berhasil keluar, dia melarikan diri ke bumi dan berniat untuk menguasai bumi di bawah kepemimpinannya yang diktator. Rasa dendamnya terhadap Superman hanyalah bonus semata. Selain itu, Zod bisa dikatakan sebagai sisi gelap dari Superman dan ia juga memiliki kemampuan penghancur yang hebat.

4. Doomsday

Monster yang satu ini adalah musuh Superman yang sangat mengerikan karena kedatangannya menjadi sebuah bencana. Doomsday tidak segan-segan menghancurkan apapun dan kekuatannya mampu membuat Superman beserta Justice League kewalahan.

Berbeda dengan penjahat lain yang memiliki kepribadian dinamis, Doomsday hanyalah monster yang memiliki sifat alami untuk menghancurkan sekelilingnya. Ia bahkan memiliki kekuatan untuk membunuh Superman. Hasil pertarungan keduanya memang berakhir imbang karena kedua-duanya terbaring dan terkapar hingga tewas.

Baca juga: 10 Versi Alternatif Batman yang Paling Gila dan Keren

3. Brainiac

Jika musuh Superman sebelumnya adalah seorang monster, Brainiac bisa dikatakan sebagai super komputer yang hidup atau bisa juga disebut sebagai alien berkabel. Yang jelas, ia memiliki pengetahuan yang tak terbatas tentang semesta.

Brainiac menggunakan pengetahuan tersebut untuk memperkuat senjata di gudang teknologinya dan ia juga mampu menyerap data ke dalam dirinya. Lambat laun terungkap bahwa Brainiac sebenarnya adalah AI ciptaan Kryptonian yang bertanggung jawab atas kepunahan orang-orang Krypton.

2. Darkseid

Di urutan kedua, ada sosok Darkseid yang merupakan pemimpin kejam dari Apokolips. Ia memerintah planetnya dengan tangan besi. Nggak cuman itu, ia juga memiliki banyak pengikut yang memiliki kekuatan di atas rata-rata.

Menurut Darkseid, Superman adalah salah satu pengikut yang sangat potensial. Karena itulah, ia berkali-kali membujuk Superman untuk menjadi pengikutnya dengan beragam cara. Hal itu membuat Superman sangat membenci Darkseid. Terlepas dari sifat liciknya, Darkseid pun memiliki kekuatan yang sangat sulit untuk ditandingi.

1. Lex Luthor

Musuh Superman yang paling legendaris tentu saja adalah Lex Luthor. Ia memang seorang manusia tanpa kekuatan super, tetapi dia memiliki otak yang sangat jenius dan didukung oleh kekayaan sekaligus perusahaan yang ia kelola sendiri.

Luthor menjalankan bisnis dan mengembangkan berbagai macam teknologi di kota Metropolis. Namun, kehadiran Superman membuat pemikiran Luthor berubah. Ia jadi terobsesi untuk mengalahkan Superman dengan berbagai macam cara dan membuktikan bahwa dirinya jauh lebih baik dari Superman.

Baca juga: 10 Karakter Bakugan Brawlers yang Bikin Nostalgia

Previous Post Next Post

Contact Form