Silsilah Keluarga SquarePants dalam Cerita SpongeBob SquarePants

SpongeBob SquarePants merupakan salah satu kartun Nickelodeon yang sangat terkenal dan disukai oleh anak-anak. Cerita dari kartun ini berfokus pada kehidupan SpongeBob bersama dengan teman-temannya yang tinggal di Bikini Bottom.

Buat kalian yang hobi nonton kartun ini, kalian tau nggak sih silsilah atau anggota keluarga SquarePants yang ada di kartun ini? Agar kalian tahu jawabannya, yuk baca artikel ini sampai habis!

1. Primitive Sponge

Dalam episode SB-129, Squidward diceritakan terlempar ke masa pra sejarah. Di waktu itu, Squidward bertemu dengan Sponge primitif yang dikenal sebagai nenek moyang dari SpongeBob. Pertempun mereka sangatlah awkward.

Selain itu, Sponge terlihat bersama dengan Patrick. Mereka berdua masih sangat liar karena mereka masih tinggal di alam bebas dan belum mengenal peradaban. Di samping itu, mereka pun masih belum bisa berbicara. 

2. SpongeGar

Berbeda dengan Sponge yang primitif, SpongeGar terlihat lebih cerdas dan maju karena dia telah mengenal peradaban. Ia mempunyai rumah nanas yang masih terlihat primitif. Selain itu, dia memelihara siput purba mirip Gary yang berukuran raksasa.

Meskipun penampilan SpongeGar masih tampak primitif, dia memiliki rasa penasaran yang tinggi dan mampu berkomunikasi dengan lebih baik. Ia bersama dengan Patar dan Squog sempat menunjukkan keseruan dalam episode yang berjudul Ugh

3. SpongeBuck SquarePants

Jika dibandingkan kedua pendahulu SpongeBob sebelumnya, SpongeBuck jauh lebih modern dan keren. Ia muncul dalam episode Pest of the West dan diperkenalkan sebagai seorang hero yang tinggal di Dead Eye Gulch.

SpongeBuck dianggap sebagai pahlawan karena dia berhasil mengalahkan musuh jahat bernama Dead Eye Plankton yang menguasai Dead Eye Gulch. Berkat aksi heroiknya, SpongeBuck mampu menghentikan rencana jahat Dead Eye dan menyelamatkan kota. 

4. Grandpa SquarePants

Grandpa SquarePants adalah kakek dari Spongebob sekaligus ayah dari tiga orang anak, yaitu Harold, Sherm, dan Blue SquarePants. Karakter ini pertama kali disinggung dalam episode Rock Bottom saat SpongeBob ketinggalan bus.

Grandpa dikenal mempunyai nasihat-nasihat unik yang selalu diingat oleh SpongeBob. Sebagai contoh, ia sempat berpesan kepada SpongeBob untuk tidak mengejar bus yang melintas di sudut 90 derajat. Selain itu, Grandpa sempat berpesan pula tentang spons yang bisa terbang.

5. Grandma SquarePants

Sesuai namanya, Grandma SquarePants adalah istri dari Grandpa sekaligus nenek dari SpongeBob yang sangat perhatian terhadap cucunya. Ia biasa dikunjungi oleh SpongeBob atau anggota keluarga SquarePants yang lain.

Grandma selalu memperlakukan SpongeBob layaknya anak kecil yang butuh kasih sayang. Perlakuan tersebut membuat SpongeBob seringkali kesal karena dia merasa sudah dewasa. Hal itu terlihat jelas dalam episode Grandma’s Kisses

6. Harold SquarePants

Harold SquarePants merupakan ayah dari SpongeBob yang sangat baik hati. Berbeda dengan SpongeBob, Harold mempunyai kepala yang berbentuk bundar/lonjong. Harold beserta istrinya pertama muncul dalam episode Home Sweet Pineapple.

Dalam episode itu, SpongeBob kehilangan rumah nanasnya akibat ulah Nematoda sehingga kedua orang tuanya memaksa SpongeBob untuk pindah bersama mereka. Harold sangat protektif terhadap istrinya dan ia sangat suka menghabiskan waktu untuk pekerjaannya. 

7. Margaret SquarePants

Seperti sosok ibu pada umumnya, Margaret sangatlah perhatian terhadap SpongeBob. Bersama dengan Harold, Margaret ikut menjemput SpongeBob yang tengah berduka setelah kehilangan rumah nanas kesayangannya.

Selain itu, Margaret dan Harold juga sering muncul dalam beberapa episode yang lain. Contohnya dalam episode New Digs saat mereka mengunjungi SpongeBob di Krusty Krab untuk memastikan keadaan anaknya. 

8. Captain Blue SquarePants

Captain Blue adalah paman dari SpongeBob sekaligus ayah dari BlackJack, salah satu sepupu SpongeBob. Ia merupakan mantan kapten polisi yang telah pensiun dan pertama kali diperkenalkan dalam episode BlackJack.

Captain Blue terlihat sangat pemalas. Hal itu mungkin disebabkan karena dia sudah pensiun dari pekerjaannya. Dia lebih suka menikmati jus sambil mendengarkan alunan music country dari record player kesayangannya.

9. Sherm SquarePants 

Seperti Captain Blue, Sherm SquarePants adalah paman dari SpongeBob sekaligus ayah dari Stanley. Meskipun tidak diperlihatkan langsung dalam cerita, SpongeBob sempat menunjukkan foto dari Sherm dalam episode Pest of the West.

Sherm sangat kerepotan dengan ulah anaknya karena Stanley selalu membawa kehancuran di mana-mana. Ia bahkan melarang Stanley untuk menyalakan TV. Akibat hal itu, Sherm sempat mengirim Stanley kepada SpongeBob dalam episode Stanley S. SquarePants.

10. SpongeBob SquarePants 

Sosok SpongeBob SquarePants mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian penggemar kartun Nickelodeon. SpongeBob adalah anak dari Harold dan Margaret SquarePants yang sehari-hari bekerja sebagai koki di Krusty Krab.

SpongeBob tinggal di sebuah rumah nanas yang terletak di 123 Conch Street. Selain itu, dia memelihara seekor siput yang bernama Gary. Saat tidak bekerja, SpongeBob biasa menghabiskan waktunya bersama dengan Gary.

11. BlackJack SquarePants 

BlackJack adalah sepupu SpongeBob yang sangat kasar. Ia sempat mendapatkan sorotan dalam sebuah episode yang berjudul BlackJack. Saat masih kecil, BlackJack memiliki tubuh yang lebih besar dari SpongeBob sehingga dia suka mengejek SpongeBob.

Setelah keluar dari penjara, BlackJack sempat berbuat masalah dan menakut-nakuti SpongeBob melalui pesan yang ia kirimkan. SpongeBob sangat khawatir dengan keselamatan keluarganya. Lucunya, BlackJack tidak semenakutkan dulu karena tubuhnya telah menyusut. 

12. Stanley S. SquarePants

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Stanley S. SquarePants adalah anak dari Sherm yang sangat suka berbuat kehancuran. Stanley digambarkan sebagai sosok yang tidak bisa bertanggung jawab dan sering membawa masalah.

Lucunya, setiap benda yang disentuh oleh Stanley pasti akan rusak. Hal itu membuat Sherm dan SpongeBob sangat kesal terhadap dirinya. Meskipun demikian, Stanley adalah sosok yang penuh semangat dan terlihat ceria. 

13. Todd SquarePants

Todd adalah saudara jauh dari SpongeBob yang tidak diperkenalkan dalam acara TV, tetapi dia muncul dalam cerita buku The Never-Ending Stay. Todd mempunyai penampilan yang mirip dengan SpongeBob dengan kumis dan jenggot yang menjadi ciri khasnya. 

Berbeda dengan SpongeBob, Todd mempunyai kepribadian yang berantakan dan kurang peduli terhadap kebersihan. Ia suka mengenakan kaos kaki yang sangat bau. Selain itu, dia membiarkan kotak pizza berserakan tanpa berniat membersihkannya. 

14. Cucu SpongeBob

Dalam episode yang berjudul The Great Patty Caper, SpongeBob diceritakan memiliki cucu yang tinggal di masa depan. Meskipun namanya tidak diketahui, cucu SpongeBob ini sangat mirip dengan SpongeBob.

Namun, outfit yang mereka gunakan sangat berbeda. Selain itu, cucu SpongeBob sangat terobsesi dengan game. Ia bahkan kurang peduli dengan cerita heroik SpongeBob dan Patrick saat menemukan formula Krabby Patty.

15. SpongeTron

SpongeTron merupakan keturunan SpongeBob SquarePants yang berbentuk robot. Dalam episode SB-129, Ia diceritakan tinggal di abad ke-41 yang sangat maju. Selain itu, SpongeTron uniknya bekerja sebagai di Krusty Krab.

Karena SpongeTron adalah robot, tubuhnya dilengkapi dengan peralatan canggih, seperti mesin roket, palu laser, dan intelektual yang sangat tinggi. Selain itu, SpongeTron mempunyai klon dalam jumlah yang sangat banyak.

2 Responses to "Silsilah Keluarga SquarePants dalam Cerita SpongeBob SquarePants"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel