20 Rekomendasi Anime Reverse Isekai yang Menarik Buat Kamu Tonton


Isekai merupakan salah satu genre anime yang sangat populer di kalangan penggemar anime, seperti Sword Art Online, Overlord, atau Re: Zero. Normalnya, karakter utama dalam cerita-cerita isekai berpindah dari bumi ke dunia lain karena suatu alasan tertentu.

Meskipun demikian, ada banyak anime bertemakan reverse isekai yang mengusung konsep cerita terbalik. Reverse isekai berfokus pada karakter-karakter dari dunia lain yang pindah atau berteleportasi ke bumi.

Pada kesempatan kali ini, MogiMogy ingin merekomendasikan daftar anime reverse isekai yang menarik buat kamu tonton. Apa sajakah itu? Cek ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Gate

Gate berfokus pada perjuangan seorang otaku sekaligus anggota Japan Self-Defense Forces bernama Yōji Itami. Suatu ketika, dia menemukan sebuah portal misterius yang terhubung dengan dunia lain. Para prajurit dari dunia lain itupun melakukan serangan ke Tokyo. 

Yuji beserta pasukan JSDF berusaha untuk menghentikan serangan tersebut dan melindungi para warga sebisa mungkin. Selain itu, mereka pun berencana untuk pergi ke dunia lain tersebut dengan harapan mereka bisa menjalin komunikasi dan bisa memahami satu sama lain. 

2. Hataraku Maou-sama!

Bagaimana jadinya jika seorang raja iblis dari dunia lain bekerja sebagai pelayan di restoran cepat saji? Ya, itulah premis utama yang diangkat dalam cerita Hataraku Maou-sama!. Setelah gagal menaklukkan dunianya, Sadao Maou alias Satan terpaksa pindah ke dunia lain alias bumi.

Selama berada di bumi, Maou kehilangan kekuatannya dan tidak punya apa-apa. Demi mencukupi kebutuhannya sehari-hari, dia terpaksa harus bekerja di sebuah restoran bernama MgRonald’s. Dia juga sering mengalami aksi kocak bersama bawahan setianya.

3. Kobayashi-san Chi no Maid Dragon

Kobayashi pada awalnya adalah pekerja kantoran yang menjalani hari-harinya secara normal. Akan tetapi, kehidupannya berubah drastis dan kacau setelah dia bertemu dengan naga cantik bernama Tohru yang berasal dari dunia lain.

Setelah diselamatkan oleh Kobayashi, Tohru memutuskan untuk mengabdi sebagai pelayan pribadi Kobayashi. Dia bahkan mengenakan pakaian maid yang imut. Mereka pun sering terlibat aksi yang lucu. 

4. Isekai Ojisan

Takafumi Takaoka mempunyai seorang paman yang telah koma selama 17 tahun setelah mengalami insiden kecelakaan. Setelah terbangun dari koma, pamannya bercerita bahwa dia terjebak di dunia lain selama dia koma.

Menariknya, paman Takafumi mampu menggunakan kemampuan sihir di dunia nyata. Dia juga bisa menampilkan ingatan-ingatannya selama bertualang di dunia isekai. Lucunya, petualangan paman Takafumi selalu kocak dan berada di luar dugaan.

5. Beelzebub 

Tatsumi Oga dikenal sebagai siswa SMA berandalan yang sangat kuat di sekolahnya. Namun, kehidupannya berubah setelah dia bertemu dengan Kaiser de Emperana Beelzebub IV alias “Bayi Beel” yang berasal dari dunia lain.

Oga pun terpaksa menjadi pengasuh Beel dan merawatnya sehari-hari. Selain itu, dia seringkali terlibat momen yang lucu bersama dengan Beel. Setiap kali Beel marah atau menangis, dia akan mengeluarkan sengatan listrik yang sangat kuat. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Anime Tentang Dunia Kerja yang Menarik Buat Ditonton

6. Re: Creators

Re: Creators berfokus pada kisah siswa SMA bernama Sota Muzshino yang punya keinginan kuat untuk menjadi penulis novel ringan. Saat dia sedang menonton anime untuk mencari inspirasi, dia tanpa diduga tersedot ke dalam adegan pertarungan anime tersebut.

Meskipun Sota berhasil kembali ke dunia nyata, Selesia Yupitisia alias MC anime tersebut turut terjebak di dunia Sota. Insiden serupa juga terjadi di berbagai tempat. Sota dan Selesia pun bekerja sama untuk mencari penyebab peristiwa itu dan mencegah kemungkinan terburuk. 

7. Isekai Shokudou 

Isekai Shokudou atau Restaurant to Another World bercerita tentang sebuah restoran menarik bernama Western Restaurant Nekoya. Restoran tersebut mempunyai portal khusus yang menghubungkan dunia manusia ke dunia lain.

Sehari-hari, restoran tersebut melayani para pengunjung yang tinggal di Tokyo. Khusus hari Sabtu, mereka akan melayani para penghuni dunia lain, seperti para peri, naga, elf, penyihir, dan makhluk-makhluk unik dari dunia lain.  

8. Sewayaki Kitsune no Senko-san

Sesuai judulnya, anime ini bercerita tentang seorang rubah bernama Senko-san yang berasal dari dunia spirit dan telah berumur 800 tahun. Dia dikirim ke bumi dengan tujuan untuk membantu seorang manusia bernama Kuroto Nakano.

Kuroto tinggal sendirian dan kurang bisa merawat dirinya karena dia terlalu fokus dalam bekerja. Senko-san berusaha memastikan agar Kuroto bisa tidur cukup dan mempunyai pola makan yang sehat. Kehadirannya membuat hidup Kuroto jadi lebih baik.

9. Amagi Brilliant Park

Suatu ketika, Seiya Kaine diajak kencan oleh seorang perempuan bernama Isuzu Sento ke sebuah taman hiburan bernama Amagi Park. Tanpa diduga, dia malah direkrut oleh Sento dan pemilik taman untuk menjadi manajer baru dan memastikan agar taman tersebut dikunjungi 500.000 orang. 

Taman tersebut rupanya bukanlah taman biasa. Para pegawai di taman tersebut pada aslinya adalah penduduk dari dunia lain yang disebut Maple Land. Agar mereka bisa bertahan hidup, mereka membutuhkan energi yang dihasilkan oleh manusia saat bersenang-senang di taman hiburan.

10. Isekai Izakaya: Koto Aitheria no Izakaya Nobu

Anime ini berfokus pada sebuah restoran izakaya yang bernama Nobu. Sekilas, restoran tersebut terlihat biasa-biasa aja. Akan tetapi, restoran tersebut mempunyai sebuah rahasia besar. Restoran itu adalah portal menuju ke dunia paralel Aitheria. 

Berhubung restoran tersebut menyajikan menu yang unik, restoran itupun jadi cukup populer bagi penduduk Aitheria. Mereka sering berkunjung ke restoran itu. Interaksi mereka dengan para pelayan terlihat menarik untuk dilihat.

Baca juga: 10 Rekomendasi Anime Tentang Yokai yang Paling Menarik

11. Gabriel Dropout

Gabriel White Tenma merupakan seorang malaikat yang mengikuti program khusus untuk hidup bersama dengan manusia. Saat dia memutuskan pergi ke Bumi, banyak yang menaruh ekspektasi tinggi kepadanya.

Namun, realitanya malah berbanding terbalik. Gabriel malah terlena dengan gaya hidup santai, seperti bermain video games dan makan cemilan ringan. Hal itu membuat dia jadi lupa dengan progam yang dia jalankan.

12. Kekkai Sensen

Setelah portal yang menghubungkan Bumi dan Beyond terbuka, New York City menjadi kota yang sangat kacau hingga hancur dan dibangun kembali sebagai Hellsalem’s Lot. Kota tersebut dipenuhi oleh manusia dan makhluk dunia lain.

Seorang pria bernama Leonardo Watch pergi ke tempat asing tersebut untuk menyembuhkan penglihatan adik perempuannya. Dia kemudian terlibat dengan kelompok Libra yang mempunyai tugas penting dalam menjaga perdamaian manusia dan orang-orang dari Beyond.

13. Hinamatsuri

Nitta adalah seorang anggota yakuza yang biasa melakukan pekerjaan kriminal. Kehidupannya tiba-tiba berubah drastis setelah dia bertemu dengan gadis misterius bernama Hina dalam kapsul besar. Dia diceritakan melarikan diri dari dunianya.

Tanpa memusingkan asal-usul Hina, Nitta pun memutuskan untuk merawat Hina dan berperan seperti sosok ayah. Hina bukanlah gadis biasa karena dia punya kemampuan telepati. Kemampuan uniknya sering memudahkan pekerjaan Nitta sebagai yakuza.

14. Dead Mount Death Play

Dead Mount Death Play bercerita tentang seorang necromancer kuat bernama  Corpse God. Setelah dikalahkan di dunianya, dia menggunakan sihir reinkarnasi hingga dia terlahir kembali di tubuh remaja bernama Shinoyama Polka.

Polka yang asli telah terbunuh saat dia berada di Shinjuku. Corpse God pun berpura-pura sebagai Polka dan beradaptasi dengan dunia barunya. Dia juga menggunakan kemampuan sihirnya untuk melawan orang-orang yang memburu Polka.

15. Hagura Yuusha no Aesthetica

Hagura Yuusha no Aesthetica bercerita tentang seorang pahlawan nakal bernama Akatsuki yang berpetualang di dunia fantasi bernama Alayzard. Setelah mengalahkan Dark Lord, dia pun kembali ke Bumi bersama dengan putri Dark Lord yang bernama Miu.

Selama berada di Bumi, Akatsuki harus menyembunyikan identitas asli Miu dari orang-orang. Dia pun berpura-pura menganggap Miu sebagai adiknya. Mereka berdua bergabung dengan organisasi Babel yang melindungi para pengguna kekuatan spesial dari dunia fantasi.

Baca juga: 15 Anime tentang Permainan Kartu yang Paling Keren

16. Zatch Bell!

Zatch Bell! berfokus pada pertempuran para Mamodo yang mempunyai kemampuan spesial. Mereka harus bertarung dalam sebuah turnamen untuk memperebutkan gelar Raja Mamodo. Salah satu kandidat kuat turnamen itu adalah Zatch Bell.

Para Mamodo tidak bisa bertarung sendirian karena mereka harus berpasangan dengan manusia agar kekuatan mereka bisa maksimal. Zatch Bell memilih seorang remaja bernama Kiyo Takimane. Mereka pun bekerja sama untuk mengalahkan musuh-musuh mereka.

17. Edomae Elf

Edomae Elf berfokus pada kisah seorang gadis kuil muda bernama Koito dan seorang elf lucu bernama Elda. Ratusan tahun yang lalu, Elda dipanggil ke Bumi hingga dia dianggap sebagai seorang dewi karena dia bisa hidup abadi.

Elda pun dirawat oleh keluarga Koganei dan tinggal di Kuil Takamimi. Salah satu hal yang menarik dari Elda adalah dia sangat terobsesi dengan kultur otaku. Selain itu, dia tidak suka berinteraksi dengan orang lain.

18. Sugar Sugar Rune

Sugar Sugar Rune merupakan anime mahou shoujou yang cukup klasik karena anime ini tayang pada tahun 2000. Anime ini berfokus pada dua penyihir cantik, yaitu Chocolat dan Vanilla. Mereka saling berkompetisi untuk memperebutkan tahta di dunia penyihir.

Lucunya, mereka berkompetisi di bumi dan menarik perhatian orang-orang sebanyak mungkin untuk menentukan pemenangnya. Dibandingkan dengan adegan aksi, serial ini lebih berfokus pada rivalitas dan pertemanan mereka berdua.

19. Jashin-chan Dropkick

Suatu ketika, Yurine Hanazono memanggil iblis cantik dari dunia lain yang bernama Jashin-chan. Karena Yurine tidak tahu cara mengembalikan Jashin-chan ke dunianya, dia pun terpaksa merawat Jashin-chan dan membiarkannya tinggal bersamanya.

Selama tinggal bersama dengan Jashin-chan, Yurine seringkali terlibat momen dan pertengkaran yang lucu. Sebagai contoh, Yurine tidak ragu-ragu menyerang Jashin-chan dengan senjata karena dia tahu bahwa Jashin-chan bisa meregenerasi tubuhnya dan hidup abadi.

20. Kuromukuro

Yukine Shirahine merupakan putri dari kepala ilmuwan di United Nations Kurobe Research Institute. Suatu ketika, dia menyelesaikan teka-teki dari sebuah artefak kuno. Tanpa dia sadari, artefak itu memunculkan seorang samurai dari era Sengoku yang bernama Kennosuke Tokisada Ouma.

Kennosuke tentu saja kebingungan dan belum bisa beradaptasi dengan dunia modern. Namun, hal itu tidaklah penting karena ada masalah yang jauh lebih besar. Kennosuke beserta Yukine harus bertarung mempertahankan bumi melawan pasukan robot dan alien dari luar angkasa.

Baca juga: 10 Rekomendasi Anime tentang Balapan yang Paling Keren

Previous Post Next Post

Contact Form