24 Rekomendasi Anime Psikologi Thriller yang Menarik Buat Ditonton


Psikologi thriller merupakan salah satu genre anime yang sangat menarik dan menegangkan buat ditonton. Anime dengan genre tersebut seringkali memainkan unsur psikologi manusia dan diselimuti dengan misteri yang menimbulkan tanda tanya bagi penonton.

Selain itu, anime psikologi thriller seringkali berkaitan erat dengan dunia kriminal dan kasus pembunuhan. Selain itu, anime itu menghadirkan banyak adegan kekerasan atau gore. Karena itulah, penonton harus menyiapkan mental mereka saat menonton anime bergenre tersebut.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas daftar rekomendasi anime psikologi thriller yang menarik buat kalian tonton di waktu senggang. Yuk, kita bahas langsung aja berikut ini!

1. Death Note

Death Note merupakan anime psikologi thriller yang sangat populer dan terbaik sepanjang masa. Anime tersebut bercerita tentang seorang pelajar bernama Light Yagami yang mendapatkan sebuah buku misterius Death Note yang bisa membunuh orang lain.

Dengan buku itu, Light pun terobsesi untuk menghapus kejahatan di muka bumi. Namun, tindakannya menarik perhatian pihak kepolisian dan detektif jenius bernama L. Light dan L pun saling berkonfrontasi untuk mengungkap jati diri masing-masing. 

2. Monster

Mirip seperti Death Note, Monster juga menghadirkan cerita kriminal dengan unsur psikologi thriller yang sangat kuat. Anime tersebut berfokus pada seorang dokter bedah bernama Kenzo Tenma yang memburu seorang penjahat yang pernah dia selamatkan di masa lalu.

Penjahat tersebut adalah Johan Liebert yang sangat jenius, manipulatif, dan sangat sulit untuk ditebak. Dia telah melakukan berbagai aksi pembunuhan yang keji. Karena merasa bertanggung jawab, Dr. Tenma memburu Johan dan berniat menghabisinya.

3. Classroom of The Elite

Clasrroom of The Elite adalah salah satu anime tentang psikologi thriller terbaik yang disukai banyak fans. Anime tersebut bercerita tentang Kiyotaka Ayanokouji yang dikenal sebagai siswa pendiam di Kelas D, SMA Koudo Ikusei.

Tanpa disadar, Ayanokouji mempunyai otak yang jenius, manipulatif, dan pandai dalam menyusun strategi. Dia diam-diam selalu membantu teman-temannya untuk mendapatkan poin sehingga mereka tidak kalah dari kelas lain. 

4. Psycho-Pass

Psycho-Pass termasuk anime yang berkaitan erat dengan dunia kriminal dan detektif. Serial tersebut mengambil latar di masa depan Jepang. Pada masa itu, ada sebuah alat bernama Sybil System yang mampu mengukur tingkat ancaman/kejahatan seseorang.

Mereka yang punya level ancaman tinggi dan membahayakan masyarakat akan langsung diburu oleh petugas khusus. Cerita dari anime tersebut berfokus pada perjuangan Kogami yang berusaha membalaskan dendam atas kematian temannya.

5. The Promised Neverland 

The Promised Neverland adalah salah satu anime psikologi thriller yang terbaik untuk ditonton. Anime tersebut menghadirkan sebuah dunia distopia yang mencekam. Di dunia itu, para manusia dijadikan ternak untuk makanan makhluk-makhluk buas dan menakutkan.

Para anak-anak tak berdosa pun turut menjadi korban dari kekejaman tersebut. Cerita berfokus pada tiga orang anak yang berusaha melarikan diri dari panti asuhan mereka setelah mereka mengetahui sisi gelap dari tempat tersebut.

Baca juga: 15 Rekomendasi Anime Tentang Mafia yang Menarik Buat Ditonton

6. Summer Time Rendering

Summer Time Rendering termasuk anime psikologi thriller yang melibatkan perjalanan waktu sebagai kunci penting dalam cerita. Anime tersebut bercerita tentang Shinpei Ajiro yang berusaha mengungkap kebenaran di balik kematian sahabatnya.

Shinpei mengalami fenomena perputaran waktu yang aneh. Dia pun mulai mengungkap misteri kematian sahabatnya secara perlahan tapi pasti. Namun, dia menemukan rahasia-rahasia gelap yang mengubah pandangannya terhadap dunia. 

7. Wonder Egg Priority

Selanjutnya, ada anime berjudul Wonder Egg Priority yang mengkombinasikan unsur horor dan cerita fantasi. Anime tersebut berfokus pada seorang gadis muda bernama Ai Ooto yang merasa putus asa setelah dia kehilangan teman baiknya.

Suatu ketika, Ai mendapatkan sebuah objek aneh yang bernama Wonder Egg. Objek itu membawanya ke sebuah dunia baru yang asing baginya. Dia pun mendapatkan tugas untuk menyelamatkan orang-orang yang mempunyai masalah berat.

8. Boogiepop Phantom

Boogiepop Phantom termasuk anime klasik yang mengusung tema psikologi. Alur cerita anime tersebut berfokus pada tragedi, kematian, dan kehilangan. Selain itu, anime tersebut juga menghadirkan nuansa yang menegangkan.

Setalah serangkaian pembunuhan meneror kota, orang-orang semakin ketakutan karena mereka mendengar rumor kemunculan Boogiepop Phantom. Sosok tersebut dianggap sebagai shinigami yang menakutkan.

9. Death Parade

Death Parade merupakan salah satu anime bergenre thriller yang menyajikan alur cerita menarik dan penuh misteri. Anime ini mengeksplorasi tentang dunia setelah kematian. Fokus dari anime ini pun berpusat pada para Arbiter yang punya tugas menarik dalam cerita.

Para Arbiter harus membuat keputusan untuk menentukan nasib mereka yang sudah mati tanpa melibatkan emosi dan empati terhadap mereka. Selain itu, ada beberapa karakter menarik yang ikut menghiasi alur cerita anime ini.

10. Neon Genesis Evangelion

Selain menghadirkan pertempuran mecha yang keren, Neon Genesis Evangelion juga menghadirkan unsur psikologi yang melibatkan kerumitan emosi dan pikiran manusia. Hal itulah yang membuat anime mecha tersebut jadi menarik.

Cerita anime tersebut berfokus pada Shinji Ikari yang terpaksa bertarung sebagai pilot EVA untuk melawan entitas yang disebut Malaikat. Para Malaikat tersebut berniat untuk menghancurkan bumi. Karena itulah, mereka harus dikalahkan oleh Shinji beserta pilot EVA yang lain. 

Baca juga: 15 Rekomendasi Anime Tentang Idol yang Menarik Buat Ditonton

11. Another

Berbeda dengan anime sebelumnya, Another merupakan perpaduan antara cerita psikologis dan kisah horor. Tokoh utama anime tersebut adalah Kouichi Sakakibara yang menjadi murid pindahan di SMP Yomiyama Utara.

Sakakibara menyadari ada keanehan di kelasnya. Dia heran karena teman-temannya tidak menyadari keberadaan Mei Misaki yang duduk di bangku pojok di kelasnya. Dia pun akhirnya mengetahui misteri dan cerita kutukan mengerikan yang terjadi di kelasnya.

12. Elfen Lied

Selanjutnya, ada anime berjudul Elfen Lied yang tak kalah menarik. Alur cerita anime ini berfokus pada perempuan bernama Lucy. Dia adalah seorang Diclonius, sub-spesies misterius yang punya kemampuan mematikan. 

Karena dianggap sebagai ancaman, Lucy beserta Diclonius yang lain dikurung di ruangan khusus dan sering dijadikan subjek eksperimen tak bermoral. Setelah keluar dari tahanan, Lucy pun diburu oleh pihak militer hingga dia terluka parah dan kehilangan ingatan. 

13. Terror in Resonance

Sesuai judulnya, Terror in Resonance berkaitan erat dengan ketakutan manusia. Anime tersebut berlatar di Jepang yang sedang kacau akibat ancaman dari nuklir dan teroris. Kekacauan diperparah dengan kemunculan video dua orang yang menyebut diri mereka sebagai Sphinx.

Mereka memberikan sebuah ancaman kepada publik bahwa mereka akan melakukan teror apabila pihak kepolisian tidak bisa menangkap mereka. Pihak kepolisian pun bersusah payah untuk menghentikan aksi mereka.

14. Ergo Proxy

Selanjutnya, ada Ergo Proxy yang memadukan unsur psikologi dan cerita science fiction. Serial anime tersebut menghadirkan sebuah dunia apokalips. Di dunia itu, seluruh peradaban hampir punah. Namun, ada satu yang tersisa, yaitu sebuah kota kubah bernama Romdo.

Demi mendukung umat manusia, para ilmuwan menciptakan ras android yang disebut AutoReivs. Namun, masalah baru muncul karena android tersebut terkena penyakit berbahaya bernama Cogito Virus. Re-1 Mayer sang protagonis punya tugas untuk mengatasi masalah tersebut.

15. Paprika

Satoshi Kon adalah salah satu sutradara yang sering menggarap cerita anime psikologi thriller. Salah satu karya terbaiknya adalah Paprika. Anime tersebut mempunyai banyak kemiripan dengan film Inception

Paprika bercerita tentang seorang dokter bernama Atsuko Chiba yang memahami psikologi manusia. Dia menjadi seorang pejuang yang bertarung demi kewarasan manusia di dalam dunia mimpi. Selain punya alur cerita menarik, visual anime tersebut juga keren.

Baca juga: 16 Rekomendasi Anime yang Menggunakan Konsep Multiverse dan Dunia Paralel

16. Parasyte: The Maxim

Parasyte: The Maxim berkisah tentang seorang pria bernama Shinichi Izumi yang terkena infeksi dari alien parasit bernama Migi. Alien tersebut mampu mengontrol tubuh dan pikiran dari orang yang dirasukinya. 

Namun, Shinichi dan Migi adalah kasus yang unik. Karena Migi tidak bisa mencapai otak Shinichi, mereka berdua harus bekerja sama agar mereka bisa bertahan hidup. Mereka pun mengalami pengalaman yang unik d kehidupan sehari-hari.

17. Puella Magi Madoka Magica

Puella Magi Madoka Magica merupakan sebuah anime yang berfokus pada petualangan lima gadis penyihir. Setelah membuat kontrak dengan makhluk bernama Incubator, mereka memiliki kemampuan untuk menggunakan sihir dalam pertarungan.

Sekilas, anime tersebut terkesan seperti anime tentang mahou shoujou yang ceria dan menarik. Namun, alur cerita anime tersebut terbilang dark. Para gadis sihir tersebut jatuh dalam perangkap Incubator hingga mereka terjebak dalam siklus kematian dan kehancuran.

18. Deadman Wonderland

Deadman Wonderland merupakan salah satu anime yang menyuguhkan nuansa sadis dan menegangkan. Anime tersebut bercerita tentang petualangan Ganta Igarashi yang difitnah sebagai tersangka yang telah menghabisi seluruh teman sekelasnya.

Akibat kasus tersebut, Ganta pun ditahan di sebuah penjara terkenal bernama Deadman Wonderland. Dia pun berusaha untuk bertahan hidup dan melewati berbagai rintangan berbahaya. Dia juga mulai menyadari kekuatan Deadman yang ada pada dirinya.

19. Erased

Erased termasuk anime psikologi thriller yang berkaitan dengan misteri pembunuhan. Cerita berfokus pada seorang mangaka bernama Satoru Fujinuma yang mempunyai kekuatan misterius yang memungkinkan dia untuk melakukan perjalanan waktu.

Satoru menggunakan kemampuan itu untuk mencegah tragedi dan menyelamatkan nyawa orang lain. Suatu ketika, dia tanpa sadar kembali ke masa lalu ketika teman masa kecilnya menghilang. Dia pun menemukan misteri dan rahasia yang mengubah hidupnya.

20. Higurashi: When They Cry

Higurashi: When They Cry pada awalnya terlihat seperti anime slice of life pada umumnya. Seiring berjalannya waktu, alur cerita dari anime tersebut jadi lebih gelap dan berkaitan dengan misteri pembunuhan.

Cerita berfokus pada Keiichi Maebara yang tinggal di rumah barunya yang terletak di Hinamizawa. Dia lambat laun menyadari sejarah gelap di kota tersebut. Dia pun mulai mempertanyakan apapun yang ada di sekelilingnya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Anime Menarik yang Mengeskplorasi Dunia Sains

21. Paranoia Agent

Paranoia Agent termasuk salah satu anime karya Satoshi Kon yang punya alur cerita menegangkan. Cerita anime tersebut berpusat di Kota Musashino yang mengalami teror dari seorang bocah baseball bernama Lil’s Slugger.

Lil’ seringkali memukul orang lain dengan tongkatnya tanpa rasa ampun. Keberadaannya pun sangat meresahkan masyarakat hingga pihak berwenang pun turun tangan. Mereka pun mengejar Lil’ dan berusaha mengungkap identitasnya. 

22. Steins; Gate

Steins; Gate merupakan salah satu anime menarik yang mengeksplorasi konsep perjalanan waktu. Anime ini berfokus pada seorang ilmuwan nyentrik bernama Rintaro Okabe yang berhasil menemukan cara perjalanan waktu melalui microwave

Rintaro beserta timnya mampu mengirim pesan ke masa lalu. Dia bisa menggunakan kemampuan itu untuk mencegah peristiwa. Namun, tindakan tersebut tentu saja punya dampak yang serius karena dia bisa mengubah garis waktu hingga sejarah.

23. Serial Experiments Lain

Meskipun Serial Experiments Lain adalah anime klasik, serial tersebut masih releven untuk ditonton di masa kini buat kalian. Anime tersebut mengeksplorasi tentang psikologi yang melibatkan hubungan kemanusiaan dengan ancaman teknologi.

Sesuai judulnya, tokoh utama anime tersebut adalah seorang perempuan bernama Lain. Setelah dia mendapatkan e-mail misterius, Lain menyadari bahwa dirinya terhubung dengan dunia virtual bernama The Wired yang bersinggungan dengan realitas.

24. Perfect Blue

Perfect Blue adalah salah satu anime terbaik psikologi thriller yang dibuat oleh Satoshi Kon. Anime tersebut mengangkat tema sisi gelap dari kehidupan seorang selebriti. Cerita berfokus pada seorang idol muda bernama Mimi Kirigoe.

Dia mempunyai keinginan kuat untuk merintis solo karier. Namun, rencananya tidak berjalan mulus karena dia mendapatkan banyak tekanan di lingkungan kerjanya. Belum lagi, dia diteror oleh salah satu penggemar beratnya sehingga kehidupannya menjadi lebih buruk.

Baca juga: 10 Rekomendasi Anime Tentang Yokai yang Paling Menarik

Previous Post Next Post

Contact Form