10 Versi Alternatif Captain America yang Paling Menarik


Captain America merupakan salah satu superhero yang menjadi ikon dari komik Marvel. Kostum tersebut melekat sangat kuat kepada Steve Rogers karena dia adalah orang pertama yang bertarung sebagai Captain America.

Meskipun begitu, cerita Marvel menghadirkan berbagai versi alternatif dari Captain America yang punya keunikan masing-masing. Kira-kira, versi manakah yang paling menarik? Cek pembahasan berikut ini untuk info selengkapnya!

10. Cap 2099

Cerita Marvel versi 2099 mengambil sebuah latar yang menggambarkan bahwa Amerika dikuasai oleh perusahaan besar. Pada masa itu, Roberta Mendez bertarung sebagai Captain America dan berusaha untuk merebut kembali Amerika.

Roberta menunjukkan kekuatan dan refleks yang mengesankan. Dia pun dibantu oleh teknologi canggih yang ada di masa depan. Hal menarik lainnya dari Roberta adalah dia menguasai kemampuan bernama Alchamex yang memungkinkan dia untuk membagi kepribadiannya.

9. Isaiah Bradley

Sebelum serum Super-Soldier berfungsi secara sempurna, serum tersebut sempat diujicobakan pada orang lain terlebih dulu. Sebagian besar dari mereka menderita efek samping yang mengerikan. Namun, ada pula yang berhasil mendapatkan kekuatan dan stamina super, seperti Isaiah Bradley.

Isaiah Bradley kemudian menjalani misi rahasia untuk menyusup ke barisan musuh hingga dia terluka parah. Namun, dia berhasil bertahan hidup berkat efek serum tersebut. Tindakan heroik dari Isaiah mendapatkan pengakuan dari Steve Rogers. 

8. Danielle Cage

Danielle Cage merupakan putri dari Luke Cage beserta Jessica Jones. Kedua orang tersebut dikenal sebagai superhero yang sering terlibat aksi berbahaya, khususnya Luka Cage yang mempunyai kekuatan super dan kulit keras yang bisa menahan peluru.

Danielle pun mewarisi kekuatan dari kedua orang tuanya sehingga dia bisa bertarung sebagai superhero. Dia mampu membuktikan bahwa dirinya pantas menjadi Captain America. Dia menggunakan tameng khusus yang bisa dikontrol melalui suaranya.

Baca juga: 10 Komik Keren yang Diadaptasi dari Film Populer

7. Samantha Wilson

Samantha Wilson merupakan seorang insinyur jenius yang turut terlibat dalam program Super Soldier. Saat Steve Rogers mengalami luka serius, dia menjalani prosedur serupa untuk mendapatkan kekuatan manusia super.

Samantha kemudian mengambil alih peran Steve Rogers sebagai Captain America. Dia juga sempat membeku hingga dia kemudian dibangkitkan lagi untuk menyelamatkan dunia. Selain berhadapan dengan HYDRA, dia juga berhadapan dengan organisasi kriminal bernama SILK.

6. Ultimate Cap

Ultimate Cap mempunyai karakteristik yang hampir mirip seperti Steve Rogers asli. Bedanya, dia mempunyai kekuatan yang lebih tangguh. Dia mampu mengalahkan sejumlah pasukan kecil tanpa merasa kesulitan sama sekali.

Selain itu, Ultimate Cap menunjukkan sisi inspiratif sebagai seorang pemimpin. Dia bahkan mendapatkan kepercayaan untuk mencalonkan diri sebagai presiden ketika Amerika sedang krisis. Salah satu momen heroiknya adalah dia rela mengorbankan dirinya demi menghentikan Galactus.

5. Peggy Carter

Peggy Carter merupakan kekasih dari Steve Rogers. Dia merupakan agen rahasia yang ikut bertarung bersama Captain America dalam Perang Dunia II. Dia semakin populer ketika dia diperankan oleh Haley Atwell dalam film pertama Captain America.

Dalam cerita Exiles, Steve diceritakan telah dikalahkan oleh Red Skull. Melihat situasi yang kritis, Peggy memutuskan untuk menggunakan serum Super-Soldier hingga dia kemudian bertarung sebagai Captain America.

Baca juga: 10 Villain yang Paling Terkenal dalam Cerita Komik Marvel

4. Soldier Supreme

Soldier Supreme merupakan versi unik dari Captain America yang muncul selama peristiwa Infinity Warps. Bukannya menjalani prosedur sains, Steve mendapatkan kemampuan super melalui penggunaan sihir.

Soldier Supreme kemudian bertarung bersama Dum Dum Fury dan Bucky Wong untuk mengalahkan berbagai ancaman serius, seperti Dormammu Red. Uniknyalagi, dia menggunakan kemampuan sihirnya untuk membuat tameng sebagai senjatanya. 

3. Bucky Burnes

Dalam Captain America #25, Steve Rogers diceritakan terbunuh akibat skema jahat Red Skull. Pasca insiden itu, Bucky sempat ditawari oleh Tony untuk menggantikan posisi Steve sebagai Captain America. 

Meskipun sempat ragu, Bucky mau menerima tawaran itu karena dia tidak ingin orang lain menyandang peran tersebut. Dia mendapatkan kostum baru yang dirancang oleh Stark. Dia pun bertarung melawan para penjahat yang bersekongkol dengan Red Skull, seperti Crossbones.

2. Super Soldier

Marvel dan DC sempat bekerja sama dalam sebuah proyek bernama Amalgam Universe. Seri tersebut menghadirkan crossover keren antara superhero Marvel dan DC. Contohnya adalah Super Soldier yang tercipta dari perpaduan Captain America dan Superman.

Di dunia Amalgam, Clark Kent menjalani proses penyuntikan DNA yang ditemukan di kapal Kryptonian. Dia kemudian mendapatkan kekuatan super dan bertarung sebagai Super Soldier untuk melawan musuh bernama Axis.

1. Sam Wilson

Menurut penulis, Sam Wilson adalah versi alternatif Captain America yang terbaik. Dia memulai kariernya sebagai superhero dengan julukan Falcon. Dia pun menunjukkan loyalitas yang tinggi dalam membantu Captain America.

Saat Steve telah menua dan tidak sekuat dulu, dia memilih Sam untuk menjadi penerusnya sebagai Captain America yang baru. Sam pun menerima tawaran itu dengan bangga. Uniknya, dia mengkombinasikan kostum Captain America dengan teknologi canggih Falcon.

Baca juga: 10 Karakter X-Men yang Paling Populer dalam Komik Marvel

Previous Post Next Post

Contact Form