All Second Rider Era Heisei


source: dimzww.blogspot.com

Dalam series kamen rider, pada umumnya terdapat second rider yang senantiasa membantu main rider untuk membasmi para musuhnya. Namun kadangkala second rider ini juga dapat menjadi rival yang seringkali bentrok dengan main rider karena suatu alasan.

Nah, kali ini saya pengen membahas seluruh second rider dalam sepanjang perjalanan kamen rider era Heisei. Mari kita bahas satu persatu.

1. Kamen Rider G3

source: arekmbois.blogspot.com

Dalam serial kamen rider Agito, G3 merupakan second rider yang membantu membasmi Unknown. G3 sebenarnya merupakan sebuah sistem yang dikembangkan oleh polisi Tokyo untuk berjaga-jaga apabila ada serangan dari monster seperti Grongi dalam serial Kuuga. G3 sendiri juga merupakan bentuk penyempurnaan dari projek G1 dan G2 yang belum sempurna.

Orang yang menjadi kamen rider ini adalah Makoto Hikawa seorang petugas kepolisian yang terlibat dalam insiden kapal Akastsuki. Dalam bertarung melawan Unknown, G3 bekerja dalam sebuah tim. Ada tim yang mengatur sistem persenjataan dan juga memberikan komando. Senjata yang digunakan oleh G3 juga beraneka macam seperti Guard Acceler, GM-01 Scorpion, GG-02 Salamander dsb.

2. Kamen Rider Knight

source: myshinytoyrobots.com

Kamen rider Knight merupakan second rider dalam serial Ryuki. Orang yang menjadi kamen rider ini adalah Ren Akiyama. Ren bertarung untuk menyelamatkan kekasihnya yang koma. Ia membuat kontrak dengan monster kelelawar yang bernama Darkwing. Setelah membuat kontrak dia akhirnya mampu henshin menjadi kamen rider Knight.

Dalam bertarung, kamen rider menggunakan advent decks yang terdiri dari beberapa vent seperti Sword Vent, Nasty Vent hingga Final Vent. Pada awal series, Knight bertarung sendiri-sendiri dengan Ryuki. Mereka tidak dapat bekerja sama dan seringkali bertengkar tanpa alasan yang jelas. Namun lama-lama, Knight mulai bisa bertarung bersama Ryuki untuk menghadapi monster dan rider-rider antagonis.

Knight juga merupakan kamen rider di serial ini yang pertama kali menggunakan Survive Cards sebelum Ryuki. Pada akhirnya, Knight adalah kamen rider yang keluar sebagai pemenang dari Battle Royal para rider setelah mengalahkan kamen rider Odin.

3. Kamen Rider Kaixa

source: kamenrider.wikia.com

Kamen rider Kaixa merupakan second rider dalam seri kamen rider Faiz. Orang yang menjadi kamen rider ini adalah Masato Kusaka. Ia adalah salah satu orang yang dapat menggunakan belt Kaixa karena tidak semua orang dapat menggunakan belt ini. Dalam series ini, Kaixa bisa dibilang karakter yang cukup licik. Meskipun dia merupakan second rider, bukan berarti dia dapat berteman dengan Faiz.

Kaixa kerapkali memancing pertempuran dengan kamen rider Faiz. Namun, ia juga turut andil dalam membasmi Orpnoch yang menyerang para warga. Kamen rider Kaixa terbilang cukup kuat. Ketika bertarung, ia menggunakan beragam senjata seperti SB-931X Kaixa Blaygun dan SB-931C Kaixa Shot. Sayangnya, kamen rider Kaixa harus mati di akhir seri setelah bertarung melawan Orphnoch yang kuat.

4. Kamen Rider Garren

source: rider48.blogspot.com

Sakuya Tachibana adalah kamen rider Garren yang merupakan second rider dalam seri Blade. Ia ditunjuk oleh perusahaan BOARD untuk menjadi kamen rider setelah melalui beberapa tahap eksperimen. Kamen rider menggunakan motif diamond dan juga stag Beetle.

Dalam bertarung ia menggunakan senjata sebuah pistol yang bernama Garren Rouzer. Ia menggunakan kartu dari Undead untuk menciptakan kombinasi-kombinasi serangan yang dapat mengalahkan Undead. Selain dalam Ace Form, kamen rider Garren juga dapat menggunakan Jack Form dengan menggunakan Rouze Absorber yang dikembangkan oleh pemimpin BOARD.

5. Kamen Rider Ibuki

source: youtube.com

Kamen rider Ibuki merupakan second rider dalam serial kamen rider Hibiki. Sebenarnya dalam seri ini kamen rider mendapat sebutan Oni yang bertarung melawan para Makamou. Orang menjadi kamen rider Ibuki sendiri adalah Iori Izumi.

Dalam bertarung melawan para monster, Ibuki menggunakan senjata berupa terompet yang juga dapat berfungsi sebagai pistol yang dinamakan Ongekikan Reppuu. Ibuki juga selalu membantu Hibiki dalam mengalahkan para monster.

6. Kamen Rider Gattack

source: legendsofthemultiuniverse.wikia.com

Arata Kagami adalah orang yang berhasil berubah menjadi kamen rider Gattack. Meskipun kemunculan kamen rider ini adalah di tengah-tengah cerita, namun Gattack dapat dikatakan sebagai second rider yang membantu kamen rider Kabuto dalam membasmi worm. Kamen rider Gattack berwarna biru dan menggunakan tema Stag Beetle.

Kagami menggunakan Gatack Zecter untuk berubah menjadi kamen rider. Alat itu dia dapatkan setelah melalui proses yang panjang karena Gatack Zecter itu sedikit liar. Ia menggunakan dua buah senjata pedang kembar yang bernaa Gatack Double Calibur. Kamen rider Gatack juga mampu bertransformasi ke Hyper Form selain Kabuto.

7. Kamen Rider Zeronos

source: phonenumber789.deviantart.com

Kamen rider Zeronos merupakan second rider di serial kamen rider Den-O. Orang yang berubah menjadi kamen rider ini adalah Sakurai Yuuto yang merupakan tunangan dari kakak Ryotaro Nogami. Sakurai Yuuto membuat kontrak dengan imajin yang bernama Deneb sehingga dia mampu berubah menjadi kamen rider Zeronos.

Zeronos memiliki beberapa form yaitu Plat Form, Altair Form, Vega Form dan Zero Form. Senjata yang dia gunakan dalam bertarung adalah Zero Gaster dan Denebick Buster. Zeronos juga memiliki kendaraan sendiri seperti Den-O yang berna Zero-Liner.

8. Kamen Rider Ixa

source: ooo19415.deviantart.com

IXA merupakan second rider dalam serial kamen rider Kiva. Berbeda dengan Kiva, IXA merupakan sebuah sistem rider yang dikembangkan oleh Aozora, salah satu organisasi pemburu. IXA diciptakan untuk memburu Fangire.

Pada awal pembuatannya, IXA menimbulkan efek yang cukup berbahaya bagi penggunanya. Namun setelah dimodifikasi beberapa kali, IXA tidak lagi memiliki efek berbahaya ketika digunakan. Pengguna dari IXA ini ada banyak. Namun user utama dari IXA adalah Keisuke Nago.

IXA sendiri memiliki beberapa form yaitu save mode, burst mode dan rising IXA. Untuk pertempuran, IXA memiliki senjata utama yaitu Ixa Calibur yang dapat digunakan menjadi pedang dan juga tembakan dalam gun mode.

9. Kamen Rider Diend


source: duniaku.net

Daiki Kaito adalah orang yang berubah menjadi kamen rider Diend yang merupakan second rider dalam serial Decade. Daiki senang berpetualang dan mencari harta karun yang berharga. Ia merupakan karakter menjengkelkan dan kadang menghalangi Tsukasa di dunia para rider.

Ketika bertarung, Diend menggunakan senjata sebuah pistol yang juga digunakannya untuk henshin yaitu Diendriver. Ia juga menggunakan Card Holder yang membuatnya mampu memanggil para rider-rider lain untuk bertarung. Berbeda dengan Decade yang mampu berubah menjadi main rider di serial yang lain.

10. Kamen Rider Accel


source: akihanews.com

Kamen rider Accel merupakan second rider dalam serial kamen rider W. Orang yang berubah menjadi kamen rider ini adalah Ryu Terui yang merupakan salah satu anggota kepolisian. Bentuk dari kamen rider ini seperti sepeda motor. Untuk berubah Terui menggunakan Accel Driver yang berbentuk seperti starter pada motor. Selain dalam bentuk kamen rider, Accel juga bisa berubah menjadi motor dalam Bike Form.

Pada awal pertempurannya, Accel memiliki dua buah Gaia Memory yaitu Accel dan Engine. Ia kemudian mendapatkan memori Trial yang mampu merubahnya menjadi kamen rider Accel Trial yang lebih kuat dari form sebelumnya. Accel juga memiliki senjata utama yaitu Engine Blade, sebuah pedang perak yang bisa digunakan tanpa perlu bertransformasi.

11. Kamen Rider Birth


source: haritstokusatsu.blogspot.com

Kamen rider Birth adalah second rider dalam serial kamen rider OOO. Orang yang ditunjuk menjadi kamen rider ini adalah Akira Date. Berbeda dengan Oz yang berubah menggunakan Core Medal, untuk henshin Birth menggunakan Cell Medal. Birth memang memiliki desain yang berbeda dari kamen rider Oz. Birth diciptakan dan dikembangkan oleh Kagami Foundation untuk melawan para Greed.

Senjata utama Birth dalam bertarung adalah Birth Buster dan Birth CLAWs. Birth Buster merupakan pistol utama yang biasanya digunakan Birth. Sedangkan Birth CLAWs terdiri dari beberapa macam senjata seperti Crane Arm, Breast Cannon, Drill Arm, Catepillar Leg, Shovel Arm dan Cutter Wing.

12. Kamen Rider Meteor


source: akihanews.com

Kamen rider Meteor merupakan second rider dalam serial kaman rider Fourze. Berbeda dengna Fourze, Meteor berubah dengan menggunakan teknologi satelit luar angkasa yang disebut M-BUS. Dalam bertarung, kamen rider Meteor menggunakan teknik bela diri Jeet Kune Do ala Bruce Lee yang membuatnya terlihat lebih terampil daripada Fourze saat bertarung. Orang yang berubah menjadi kamen rider Meteor adalah Ryusei Sakuta.

Kamen rider Meteor memiliki dua wujud yaitu Meteor dan Meteor Storm. Meteor Storm merupakan evolusi terkuat Meteor. Meteor juga memiliki tiga variasi serangan yang mempresentasikan tiga planet dalam tata surya yaitu  Mars Lever, Jupiter Lever dan Saturn Lever.


13. Kamen Rider Beast

source: jefusion.com

Kamen rider Beast merupakan second rider dalam serial kamen rider Wizard. Wujud manusia dari kamen rider ini adalah Kosuke Nitoh. Ia merupakan pemuda yang suka berpetualang. Pada suatu hari ia menemukan sebuah artefak kuno yang membuatnya mampu berubah menjadi kamen rider Beast. Dalam diri Nitoh terdapat Chimera yang selalu membutuhkan makanan dari para Phantom. Oleh sebab itu, setelah mengalahkan musuhnya Nitoh akan menyerap energi Phanton sebagai makanan untuk Chimera.

Penampilan dari kamen rider Beast ini berwarna kuning dan memiliki motif singa. Ia juga menggunakan mantel di pundaknya.yang dapat berubah-ubah berdasarkan kekuatan hewan-hewan tertentu. Selain menggunakan sihir, kamen rider Beast juga menggunakan senjata utama yaitu Dice Saber dalam pertarungan. Nitou selalu membantu Haruto selaku kamen rider Wizard untuk membasmi para Phantom.

14. Kamen Rider Baron

source: yorkemaster.deviantart.com

Kamen rider Baron merupakan salah satu rival kamen rider Gaim. Ia juga merupakan second rider dalam serial Gaim. Orang yang berubah menjadi kamen rider ini adalah Kumon Kaito. Motif dan kekuatan utama dari kamen rider Baron adalah Banana Lockseed. Senjata utama dari kamen rider ini adalah tombak yang bernama Banaspear. Selain itu, kamen rider Baron juga dapat beruah form dengan memakai lockseed lainnya seperti Mango Lockseed dll.

Di akhir cerita, Baron berubah menjadi Invest yang bernama Lord Baron. Ia bertarung melawan Gaim dengan final form untuk memperebutkan buah emas dari hutan Helheim. Dalam pertarungan itu, dia mati di tangan Gaim.

15. Kamen Rider Mach


Kamen rider Mach adalah second rider dalam serial kamen rider Drive. Orang yang menjadi kamen rider ini adalah Go Shijima. Ia merupakan anak dari pencipta Roidmude. Kekuatan kamen rider Mach memakai hampir mirip seperti motor balap di sirkuit. Berbeda dengan kamen rider Accel, ia tidak bisa berubah bentuk menjadi motor.

Untuk berubah ia menggunakan Signal Bikes dan Mach Driver. Senjata utama yang dia gunakan dalam bertarung adalah pistol yang bernama Zenrin Shooter. Kadang ia juga meminjam Shift Cars milik kamen rider Drive. Kamen rider Mach memiliki beberapa form seperti Mach Moer dan Deadheat Mach.

16. Kamen Rider Specter


source: malecoc.deviantart.com

Kamen rider Specter merupakan second rider dalam serial kamen rider Ghost. Pada awal kemunculannya, rider ini berperan sebagai rider antagonis yang bertarung melawan kamen rider Ghost untuk mengumpulkan Eyecon. Orang yang berubah menjadi kamen rider ini adalah Makoto Fukami. Ia ingin menyelamatkan adiknya yang terjebak di dalam Eyecon.

Dalam bertarung, ia dapat menggunakan beberapa form berdasarkan kekuatan Eyecon pahlawan contohnya adalah dalam mode Nobunaga Damashi, Tutankhamun Damashi, Houdini Damashi, dsb. Ia juga bisa bertransformasi menjadi Deep Specter yang lebih kuat dari form sebelumnya. Senjata utama dari kamen rider Specter adalah Gan Gun Hand dan Deep Slasher. Meskipun di awal dia berperan sebagai antagonis, setelah beberapa waktu berjalan ia berbalik membantu Ghost untuk mengalahkan pasukan Ganma.

17. Kamen Rider Brave


source: malecoc.deviantart.com

Kamen rider Brave merupakan second rider dalam serial kamen rider Ex-Aid. Orang yang menjadi kamen rider ini adalalh Hiro Kagami. Ia merupakan seorang dokter muda yang sangat pintar dan berpengalama dalam bidang operasi. Untuk berubah ia menggunakan Gamer Driver dan Gashat Game Tadle Quest.

Brave sangat mahir bertarung menggunakan pedang. Ia memiliki senjata utama yaitu Gasachon Sword. Selain itu, bersama dengan para rider lain Brave juga saling bersaing meningkatkan level kekuatannya. Brave mampu mencapai level 50 dalam mode Fantasy Gamer dan level 100 dalam mode Legacy Gamer.

18. Kamen Rider Crozz-Z


source: youtube.com

Kamen rider Cross-Z adalah second rider dalam serial kamen rider Build. Banjo Ryuga adalah orang yang dapat berubah menjadi kamen rider ini setelah melalui eksperimen yang mampu meningkatkan taraf kekuatan Hazard miliknya. Ia berubah menjadi kamen rider Crozz-Z dengan Build Driver dan Fullbottle Dragon yang diinjeksikan ke dalam Cross-Z Dragon.

Selain itu, Banjo juga mampu berubah ke form lain dengan menggunakan Sclash Driver dan Evol Driver. Kamen rider Cross-Z biasanya bertarung dengan menggunakan tangan kosong dengan pukulan yang sangat kuat. Meskipun demikian, Cross-Z kadang juga bertarung dengan senjata pedang dan kadang memakai pistol. Bentuk-bentuk lain dari kamen rider Cross-Z adalah Cross-Z Charge dan Crozz-Z Magma.

****

Barangkali itu saja sobat all second kamen rider di era heisei. Saya ingin meminta maaf apabila informasi yang saya cantumkan di atas tidak terlalu lengkap karena pada dasarnya saya menulis artikel ini untuk memberikan gambaran umum saja mengenai second rider di era heisei. Semoga tulisan ini menarik dan menghibur bagi sobat. Jangan lupa di-share ya.


EmoticonEmoticon