20 Film Stephen Chow yang Terbaik dan Paling Seru


Stephen Chow merupakan seorang aktor komedi yang terkenal berkat film-filmnya yang sangat kocak dan menghibur. Dia mampu memainkan perannya dengan maksimal dengan gayanya yang sangat khas. 

Pada kesempatan kali ini, MogiMogy ingin membahas daftar film Stephen Chow yang terbaik dan paling seru. Penasaran? Yuk, kita bahas bersama-sama berikut ini! 

1. Kung-fu Hustle (2004)

Kung-fu Hustle merupakan salah satu film Stephen Chow yang paling sukses dan terkenal. Film tersebut menggabungkan unsur komedi beserta gaya bela diri Kungfu yang sangat khas. Selain itu, alur ceritanya pun sangat seru.

Dalam film tersebut, Stephen Chow berperan sebagai pemuda bernama Sing. Dia beserta sahabatnya terlibat konflik dengan Geng Kapak yang terkenal kejam dan ditakuti. Dia pun terlibat pertarungan yang mengancam nyawanya.

Setelah terkena serangan fatal dari pembunuh bernama Beast, Sing sempat berada dalam situasi yang sangat kritis. Tanpa diduga, serangan Beast menjadi pemicu yang membangkitkan kekuatan sejatinya sebagai master Kungfu.

2. Shaolin Soccer (2001)

Shaolin Soccer juga termasuk film Stephen Chow yang sangat ikonik dan tak terlupakan. Dalam film tersebut, Chow berperan sebagai mantan biksu shaolin yang bermain sepak bola bersama teman-teman seperguruannya di masa lalu.

Mereka tidak hanya bermain sepak bola secara natural, tetapi mereka mampu melakukan atraksi bela diri yang lucu sekaligus keren. Selain itu, mereka harus berhadapan dengan tim sepak bola kuat yang berisi para manusia super hasil eksperimen.

Kedua tim tersebut menyuguhkan pertandingan yang spektakuler di lapangan. Mereka saling mengeluarkan jurus-jurus yang di luar nalar. Hal itulah yang membuat alur film tersebut menjadi sangat seru.

3. Fight Back to School (1991)

Jauh sebelum Kung-fu Hustle dan Shaolin Soccer dirilis, Stephen Chow berhasil meraih kesuksesan melalui film yang berjudul Fight Back to School. Dia mampu menyuduhkan aksi komedi yang lucu dan menghibur para penonton.

Dalam film tersebut, Chow berperan Zhou Xing Xing yang bertugas sebagai anggota elit di Kepolisian Hong Kong. Kariernya sempat terancam karena ketelodarannya dalam bertugas. Namun, dia masih diberi kesempatan oleh atasannya. 

Xing Xing ditugaskan untuk menyelidiki kasus pencurian pistol revolver di sebuah sekolah bergengsi bernama Edinburgh College. Dia pun menyamar sebagai seorang siswa pindah dan berusaha untuk membaur dengan para siswa yang ada di sana. 

4. CJ7 (2008)

CJ7 menghadirkan sebuah alur cerita yang sangat unik dan lebih serius. Dalam film tersebut, Stephen Chow berperan sebagai Chow Ti. Dia adalah seorang buruh yang miskin dan tinggal bersama anaknya yang bernama Dicky.

Suatu ketika, Dicky merengek meminta mainan robot di sebuah supermarket. Karena Chow Ti tidak punya uang, dia pun tidak menuruti permintaan Dicky. Meskipun begitu, dia berusaha untuk mencari mainan bekas di tempat rongsokan.

Di tempat itu, Chow menemukan sebuah benda aneh yang berbentuk seperti tumbuhan berwarna hijau. Dia kemudian memberikan benda tersebut kepada Dicky. Tanpa dia sadari, benda itu ternyata mempunyai kekuatan tersembunyi yang mengubah hidup mereka.

5. From Beijing With Love (1994)

From Beijing With Love merupakan parodi dari James Bond dengan bumbu komedi yang sangat khas ala-ala Stephen Chow. Dalam film tersebut, Chow mengambil peran sebagai agen rahasia yang dikenal sebagai Agen 007.

Suatu ketika, 007 mendapatkan misi untuk menemukan sebuah tengkorak dinosaurus milik pemerintah Tiongkok yang dicuri oleh penjahat bernama Golden Gun. Selama menjalankan misi itu, dia ditemani gadis cantik bernama Lee Heung-kam (Lik-Chi Lee).

Lee Heung-kam sempat meragukan aksi 007 yang terkesan kurang menyakinkan. Namun, dia lambat laun mulai mengakui kehebatan 007. Interaksi keduanya terlihat sangat lucu dan menghibur di sepanjang cerita.

Baca juga: 10 Aktor Terbaik yang Memainkan Peran Batman dalam Film

6. Crazy Safari (1991)

The Gods Must Be Crazy merupakan salah satu film komedi terbaik yang sangat populer sepanjang masa. Film tersebut bercerita tentang petualangan pria Afrika bernama Xi yang mengalami perjalanan panjang hanya gara-gara sebuah botol.

Menariknya, film tersebut dibuat kembali dengan judul Crazy Safari yang dirilis pada tahun 1991. Dalam film tersebut, Stephen Chow dipercaya untuk menjadi narator yang mengiringi setiap momen petualangan Xi. 

7. Love on Delivery (1994)

Film terbaik Stephen Chow selanjutnya adalah Love on Delivery. Kali ini, dia berperan sebagai seorang kurir makanan yang bernama Ho Kam Hang. Dia dikenal sebagai pria yang baik hati dan tidak pernah mengeluh meskipun dia dihina dan direndahkan.

Suatu ketika, Ho Kam Hang jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Lily (Christy Chung) yang tergabung dalam sebuah klub karate. Namun, Lily tidak suka dengan pria penakut. Hal itu membuat Kam termotivasi untuk menjadi pria yang kuat agar dia bisa mendapatkan hati Lily.

Kam kemudian bertemu dengan pria bernama Tat (Ng Man Tat) yang mengaku sebagai ahli Kungfu. Dia pun berlatih dengan rajin di bawah bimbingan Tat. Tanpa sepengetahuannya, Tat ternyata hanyalah penipu yang mengincar uang Kam.

8. King of Beggars (1992)

King of Beggars termasuk salah satu film Stephen Chow dengan premis dan alur cerita yang sangat menarik. Chow berperan sebagai So Chan, putra dari salah satu jenderal di wilayah Canton. Hidupnya tiba-tiba berubah drastis setelah dia bertemu dengan Yu-Shang (Sharla Cheung).

Demi mendapatkan cinta Yu-Shang, So Chan belajar mati-matian untuk menjadi pemenang dalam kontes bela diri. Namun, dia ketahuan menggunakan cara curang saat ujian tertulis hingga dia pun mendapatkan hukuman dari kaisar.

Seluruh harta So Chan dan ayahnya disita oleh pihak kekaisaran. Mereka pun ditetapkan sebagai pengemis di sepanjang hidup mereka. Meskipun kehidupannya sempat menderita, dia kemudian bangkit hingga dia menjadi raja pengemis yang menguasai seni bela diri tingkat tinggi.

9. Fight Back to School II (1992)

Setelah kesuksesan film yang pertama, Stephen Chow kembali menyuguhkan aksi komedi yang keren dalam Fight Back to School II. Dalam film ini, dia diceritakan tengah menyelediki sebuah teroris yang beroperasi di area sekolah.

Dia kembali menyamar sebagai seorang siswa demi mendapatkan informasi. Dia pun mengalami momen-momen lucu bersama dengan siswa lain di sekolah tersebut. Contohnya adalah saat dia berdansa bersama Anthena Chu (Sandy Lai) dalam sesi latihan karate. 

10. King of Comedy (1999)

Film Chow yang terbaik selanjutnya adalah King of Comedy yang lebih berfokus pada cerita drama mengharukan ketimbang komedi. Dalam film tersebut, Chow berperan sebagai seorang pria bernama Wan Tin-sau yang mendalami kehidupan seorang aktor.

Wan Tin-sau mempunyai sifat yang penuh percaya diri dan selalu membaca teori-teori tentang seni peran. Namun, dia tidak pernah mendapatkan peran utama. Bahkan, dia seringkali berbuat kekacauan selama berada di lokasi syuting. 

Namun, Wan Tin-sau tidak patah semangat dan terus berusaha. Dia pun lebih termotivasi setelah dia bertemu dengan seorang wanita malam bernama Piu-Piu (Cecilia Cheung) . Pertemuan mereka yang awalnya absurd lambat laun berubah menjadi perasaan cinta.

Baca juga: Daftar Lengkap Film Rush Hour Beserta Alur Ceritanya

11. Royal Tramp (1992)

Berbeda dengan film sebelumnya, Royal Tramp diangkat dari sebuah novel berjudul The Deer and the Cauldron karya Louis Cha. Film tersebut mengambil latar di masa kekaisaran. Chow berperan sebagai seorang penyair bernama Wai Siu Bo.

Suatu ketika, Wai Siu Bo terlibat kerusuhan yang melibatkan pemimpin grup pemberontak Chan Kan Nam. Dalam insiden tersebut, dia berhasil menyelamatkan Chan Kan Nam hingga dia diangkat menjadi muridnya.

Setelah menguasai Kungfu, Wai Siu Bo ditugaskan untuk menyusup ke istana dan membunuh kaisar. Dia pun menyamar sebagai buruh yang melayani kaisar. Tanpa diduga, kariernya di istana berkembang pesat hingga dia lupa tentang misinya.

12. Flirting Schoolar (1993)

Flirting Schoolar merupakan salah satu film terbaik Stephen Chow yang dramatis dengan bumbu komedi yang menghibur. Selain itu, film tersebut bercerita tentang pencarian cinta sejati yang penuh dengan makna.

Dalam film tersebut, Chow sebagai Tong Pak Fu yang dikenal sebagai seorang penyair dan pelukis terkenal pada masa Dinasti Ming. Dia mempunyai banyak istri dan hidup bergelimang harta. Namun, dia merasa bahwa kehidupannya tidak bahagia.

Suatu ketika, Tong Pak Fu bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Chow Heung (Gong Li) yang berhasil memikat hatinya. Dia pun mempertaruhkan hidupnya dan berjuang keras untuk mendapatkan cinta Chow Heung.

13. Hail the Judge (1994)

Hail the Judge bercerita tentang kisah seorang hakim bernama Pao Lung Sing (Stephen Chow) yang terkenal suka korupsi. Dia selalu membuat keputusan hukum yang berorientasi pada uang. Hal itulah yang membuat dia dibenci banyak orang.

Suatu ketika, seorang perempuan cantik bernama Chin Lin (Sharla Cheung) difitnah dan dianggap sebagai kriminal. Dia pun diperlakukan dengan sangat buruk dan ditahan penjara. Melihat ketidakadilan tersebut, Pao pun berusaha untuk melawan walaupun dia kalah di persidangan.

Pao pun berusaha keras untuk membuktikan bahwa Chin Lin tidak bersalah. Dia berkelana ke berbagai tempat hingga dia mendapatkan kemampuan bersilat lidah yang hebat. Kemampuan itulah yang membuat dia menjadi hakim yang hebat di persidangan.  

14. The God of Cookery (1996)

Sesuai judulnya, The God of Cookery mengangkat tema dunia kuliner dan memasak. Dalam film tersebut, dia berperan sebagai seorang aktor sekaligus juri yang biasa menilai acara kompetisi memasak.

Chow selalu menjaga citranya di mata publik sehingga dia terlihat hebat. Namun, kedoknya kemudian terbongkar dan jatuh bangkrut. Dia sempat luntang-luntung di jalanan sampai dia bertemu dengan teman-teman baru yang berbisnis di dunia kuliner.

Chow mulai memahami seni tentang memasak secara perlahan-lahan. Dia pun menjadi sosok yang lebih bijak dalam memahami kehidupan. Setelah berguru di sebuah kuil terpencil, dia mampu tumbuh menjadi seorang koki yang hebat. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Rowan Atkinson yang Paling Seru

15. Forbidden City Cop (1996)

Film Chow yang paling menarik selanjutnya adala Forbidden City Cop. Dalam film tersebut, dia berperan sebagai Ling Ling-Fat yang bertugas pengawal pribadi kaisar. Dia memang tidak punya kemampuan bela diri, tetapi dia punya kejeniusan sebagai inventor.

Ling Ling-Fat mampu membuat barang-barang unik. Meskipun terkesan tidak berguna, barang-barang itu seringkali menyelematkan dia dari berbagai situasi berbahaya. Dia pun sempat menyelamatkan raja dengan menggunakan benda-benda buatannya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Paul Rudd yang Paling Seru dan Populer

16. Sixty Million Dollar Man (1995)

Sixty Million Dollar Man merupakan salah satu film komedi Stephen Chow yang absurd tapi lucu. Film tersebut bercerita tentang Lee Chak Sing yang hidup serba mewah dan seringkali berbuat masalah di sekitarnya.

Namun, kehidupannya berubah drastis setelah harta kekayaannya disita oleh ayahnya. Dia kemudian hidup dalam keterpurukan. Puncaknya adalah ketika dia dibunuh oleh seorang penjahat kejam bernama Fumito gara-gara dia menggoda pacarnya.

Namun, Sing berhasil hidup kembali setelah tubuhnya diubah menjadi seorang cyborg oleh ilmuwan gila. Dia pun menjalani cara hidup yang baru dan beradaptasi dengan perangkat mesin yang terpasang di dalam tubuhnya.

17. Chinesse Odyssey (1995)

Film Chow yang berjudul Chinesse Odyssey bercerita tentang Sun Wukong (Stephen Chow) yang bereinkarnasi kembali sebagai pemimpin dari bandit bernama Joker. Film tersebut terbagi menjadi dua bagian, yaitu Part One: Pandora’s Box dan Part Two: Cinderella.

Bagian pertama film tersebut menyuguhkan cerita tentang Joker yang terlibat pertarungan melawan para siluman jahat berparas cantik. Seiring berjalannya cerita, dia pun lambat laun mulai membangkitkan ingatannya sebagai Sun WUkong.

Salah satu keunggulan dari film ini adalah pemilihan kostum dan musik yang selaras dengan nuansa cerita. Di samping itu, film tersebut juga menghadirkan aksi pertarungan yang keren beserta alur cerita yang terbilang tragis.

18. The Tricky Master (1999)

The Tricky Master bercerita tentang pria bernama Leung Foon yang diperankan oleh Stephen Chow. Dia mempunyai kehidupan yang datar dan tidak menantang. Selain itu, dia mempunyai pacar yang cantik bernama Pizza.

Leung Foon bekerja sebagai petugas polisi yang sangat ahli dalam menyamar. Dia bisa menggunakan berbagai wajah untuk mengelabuhi orang lain. Dia pun seringkali menangani berbagai kasus kriminal sesuai perintah atasannya.

Suatu ketika, Leung Foon merasa bosan dengan pekerjaannya yang gitu-gitu aja. Dia ingin menangani kasus yang lebih besar. Setelah memohon kepada atasannya, keinginan itu pun dikabulkan. Dia harus menyelediki penjahat yang mencuri sebuah Ferrari. 

19. The Lucky Guy (1998)

Selanjutnya, ada film komedi romantis yang berjudul The Lucky Guy. Dalam film tersebut, Chow berperan sebagai Ho Kam Sui. Dia bersahabat baik dengan Ah Nam (Daniel Chan) dan Fook (Eric Kot). Mereka bekerja di sebuah kedai kopi yang sering dikunjungi banyak pelanggan.

Selain itu, ketiga sahabat itu sama-sama mempunyai masalah yang rumit perihal percintaan. Dalam kasus Kam Sui, dia sangat menyukai seorang perempuan bernam Candy. Akan tetapi, jalinan asmara keduanya sangatla rumit.

Masalah menjadi tambah runyam ketika tuan tanah menaikkan harga sewa di tempat kerja Kam Sui. Mereka pun harus memutar otak dan mencari cara agar mereka bisa memenuhi harga sewa tersebut.

20. All for the Winner (1990)

All for the Winner cocok menjadi penutup film terbaik Stephen Chow dalam daftar ini. Film tersebut pada dasarnya adalah parodi dari God of Gamblers (1989). Setelah kesuksesan film tersebut, Chow pun dipercaya untuk tampil dalam film God of Gamblers II (1990).

All for the Winner bercerita tentang kisah Sing (Stephen Chow) yang punya kemampuan supranatural. Dia mampu mengubah kartu dengan cara menggosok-gosok kartu tersebut melalui kedua telapak tangannya.

Bukan hanya itu, Sing juga mempunyai penglihatan yang mampu menembus objek. Kemampuan supranatural tersebut membuat dia bisa menjadi seorang penjudi yang handal. Dia pun sering memenangkan pertaruhan hingga dia harus berhadapan dengan tangan kanan raja judi.

Baca juga: Daftar Film Spider-Man yang Paling Keren Sepanjang Masa

Previous Post Next Post

Contact Form