Jenis-Jenis Dial yang Muncul dalam Cerita Skypiea


Dial merupakan sebuah benda unik yang berasal dari cangkang kerang dan memiliki kemampuan untuk menyimpan energi, contohnya adalah api, cahaya, dan lain-lain. Biasanya, Dial dimanfaatkan oleh penduduk Skypea dalam kehidupan sehari-hari mereka. 


Namun, Dial bisa berubah menjadi senjata yang berbahaya apabila digunakan di medan pertempuran. Contoh yang paling nyata adalah senjata para gerilyawan dari suku Shandia dan para pendeta sekaligus pasukan Enel yang sangat kuat. 


Nah, pada tulisan kali ini MogiMogy ingin mengulas tentang jenis-jenis Dial yang muncul dalam cerita Skypiea. Yuk, langsung aja kita bahas!


1. Axe Dial



Axe Dial merupakan Dial yang sangat langka dan dan sulit ditemukan di Skypiea. Dial ini berfungsi untuk menembakkan serangan udara tajam berbentuk X yang mampu memotong apapun termasuk besi dalam satu kali serangan.


Karena itulah, Dial ini sangat berguna dalam pertempuran. Yama dan 50 anak buahnya menggunakan Dial ini sebagai senjata yang mereka gunakan untuk melawan suku Shandia selama berlangsungnya peperangan langit.


2. Ball Dial



Sekilas, Ball Dial ini tampak lucu dan tidak terlalu mengancam musuh. Dial ini pada dasarnya merupakan awan berbentuk bola yang bisa digunakan untuk duduk atau dilengkapi fitur tertentu yang berguna dalam pertempuran, seperti ledakan dan lain-lain.


Satori adalah pengguna Ball Dial yang paling terkenal dalam cerita. Dia memanfaatkan Dial ini untuk melawan siapapun yang berada di wilayah ujiannya. Satori bisa menciptakan berbagai serangan kejutan lewat Dial ini.


3. Breath Dial



Sesuai namanya, Breath Dial memiliki kemampuan untuk menyimpan udara sekaligus menghembuskan udara yang cukup kencang. Dial ini biasa digunakan sebagai alat penggerak transportasi unik mirip perahu yang bernama Waver.


Berkat Dial ini, Waver dapat melaju bebas di lautan tanpa perlu mengandalkan tenaga angin dari alam. Selain Waver, Dial ini juga digunakan oleh suku Shandia untuk menggerakkan snowboard mereka secara bebas.


4. Flame Dial



Sesuai namanya, tipe Dial yang satu ini berfungsi untuk menyimpan sekaligus mengeluarkan api. Dial ini bisa difungsikan sebagai senjata dalam perang untuk membakar lawan.


Contoh kasus adalah burung Shura yang bernama Fuza. Mulut burung tersebut dilengkapi dengan Flame Dial sehingga burung itu bisa menembakkan api. Selain itu, Dial ini bisa diletakkan di balik sarung tangan.


5. Jet Dial



Jet Dial termasuk Dial yang sangat langka dan susah untuk ditemukan. Dial ini merupakan versi Breath Dial yang lebih kuat karena Dial ini mampu menghembuskan udara dengan kecepatan yang sangat tinggi. 


Dial ini sangat cocok digunakan untuk alat transportasi. Contohnya adalah Waver kuno milik Nami yang menggunakan Dial jenis ini sebagai penggerak. Selain itu, kapal Maxim Enel juga memanfaatkan Jet Dial sebagai tenaga cadangan.


Selain itu, Jet Dial juga bisa digunakan dalam pertempuran. Pengguna Jet Dial yang paling dominan adalah Gedatsu, salah satu pendeta bawahan Enel. Dengan kekuatan Jet Dial, Gedatsu bisa mengeluarkan pukulan dengan kecepatan yang sangat tinggi.


6. Flash Dial



Sesuai namanya, Flash Dial memiliki kegunaan dalam hal menyimpan sekaligus melepaskan cahaya. Cahaya yang dikeluarkan oleh Dial ini sangatlah terang dan mampu membuat musuh buta untuk sementara waktu jika digunakan dalam pertempuran.


Pengguna Flash Dial yang paling terkenal adalah Braham dari suku Shandia. Ia memiliki pistol yang dilengkapi dengan Dial ini yang mampu menembakkan peluru sekaligus cahaya yang membuat musuh jadi sulit untuk menghindar. Zoro sempat kerepotan saat melawan oleh Braham.


7. Heat Dial



Meskipun sekilas mirip banget dengan Flame Dial, fungsi dan cara kerja Heat Dial memiliki perbedaan. Dial ini mampu menyimpan sekaligus melepaskan suhu panas. Biasanya, penduduk Skypiea menggunakan Dial ini sebagai oven alias pemanas dalam kehidupan sehari-hari.


Selain itu, Heat Dial juga dapat dijadikan pelengkap senjata dalam pertempuran. Contoh senjata yang menggunakan Dial ini adalah tombak Heat Javelin milik Shura. Tombak tersebut mampu mengeluarkan serangan bersuhu panas yang kuat.


8. Milky Dial



Milky Dial adalah jenis Diap yang mempunyai kegunaan untuk menciptakan awan di udara. Awan tersebut normalnya digunakan sebagai jalur khusus yang bisa dilewati oleh kendaraan seperti Shooter milik suku Shandia dan Jet Skis milik pasukan Baret Putih. 


Jalur awan tersebut terlihat sangat unik dan menarik. Selain itu, Gedatsu juga menggunakan Milky Dial yang dia pasang di sepatunya. Hal itu memungkinkan dia untuk terbang di udara dan membantunya dalam pertempuran.


9. Eisen Dial



Eisen Dial adalah Dial yang sangat langka dan sangat berguna dalam pertempuran. Dial ini bisa menciptakan awan besi yang sangat unik karena sifatnya mirip awan yang bisa berubah bentuk dan keras seperti logam besi. Dial ini sejauh ini hanya digunakan oleh Ohm.


Ohm menggunakan pedang Eisen Whip yang bisa memanjang dan memendek. Selain itu, pedang tersebut juga keras dan tajam seperti pedang besi pada umumnya. Uniknya lagi, Ohm bisa mengubah bentuk pedangnya menjadi dinding yang berguna sebagai pertahanan.


10. Lamp Dial



Lamp Dial mirip banget dengan Flash Dial karena Dial ini sama-sama mampu melepaskan cahaya. Namun, cahaya yang dikeluarkan oleh Lamp Dial lebih stabil dan tidak menyakiti mata. Karena itulah, Dial ini tidak cocok digunakan untuk bertarung.


Sebaliknya, Lamp Dial lebih berguna untuk kehidupan sehari-hari. Para penduduk Skypiea biasa menggunakan Dial ini sebagai alat penerangan yang mereka gunakan di dalam rumah.


11. Impact Dial



Jenis Dial yang satu ini mempunyai kekuatan yang sangat mengerikan dalam pertempuran. Impact Dial mampu menyerap energi kinetik yang dilepaskan oleh seseorang atau benda tertentu, seperti palu dan sejenisnya. Setelah itu, Dial ini akan melepaskan energi kinetik tersebut untuk menyerang lawan.


Dalam pertarungan, pengguna Dial ini bisa menyerap pukulan lawan lalu mengembalikan serangan tersebut kepada lawan. Serangan Dial ini sangatlah kuat, bahkan Luffy yang mempunyai tubuh karet mampu merasakan rasa sakit setelah terkena serangan Impact Dial.


12. Reject Dial



Reject Dial merupakan versi yang lebih kuat dari Impact Dial dan keberadaan Dial ini sangat langka. Dial ini memiliki kekuatan untuk menyerap serangan apapun dan melepaskan kekuatan serangan itu sepuluh kali lipat. Karena itulah, Dial ini sangatlah berbahaya.


Meskipun begitu, Dial ini bagaikan pisau bermata dua. Apabila digunakan oleh pengguna yang tidak berpengalaman, efek Dial ini bisa menghancurkan tubuh si pengguna. Sejauh ini, hanya Wiper saja yang memiliki Dial ini. Saking nekatnya, ia bahkan menggunakan Dial ini sebanyak tiga kali dalam pertarungan.


13. Tone Dial



Sesuai namanya, Dial ini memiliki fungsi seperti tape recorder yang bisa digunakan untuk merekam suara. Suara apapun yang telah direkam dalam Dial ini bisa diputar berkali-kali. Uniknya, Dial ini sangat populer dan gampang ditemukan di Blue Sea.


Brook dan segenap bajak laut Rumbar sempat menggunakan Tone Dial untuk merekam lagu Bink Sake pada detik-detik terakhir kematian mereka. Ia ingin memperdengarkan rekaman itu kepada Laboon apabila mereka nanti bertemu saat waktunya tiba.


14. Flavor Dial



Jenis Dial yang satu ini mempunyai kegunaan untuk menyimpan bau atau aroma. Sebagai contoh, Dial ini bisa menyimpan aroma kentut berbau busuk. bau wewangian, dan zat gas yang bersifat eksplosif dan mudah terbakar. 


Karena itulah, Dial tipe ini kurang cocok apabila digunakan untuk bertarung. Namun, Dial ini bisa digunakan sebagai pengharum ruangan atau tujuan lain dalam kehidupan sehari-hari di pulau Skypiea.


15. Vision Dial



Vision Dial memiliki fungsi yang sama seperti kamera yang mampu menangkap sekaligus menyimpan gambar. Dial ini sempat digunakan oleh nenek Amazon, penjaga dari gerbang Skypiea.


Ia sempat memfoto segenap kru Topi Jerami yang tidak mau membayar biaya masuk Skypiea sehingga mereka mendapat hukuman dari Dewa. Uniknya, bentuk Vision Dial milik nenek Amazon mirip banget dengan kamera modern. 


16. Water Dial



Sesuai namanya, Dial ini memiliki fungsi untuk menyimpan sekaligus mengeluarkan air. Meski tak pernah diperlihatkan secara langsung dalam cerita, Water Dial sempat disebut oleh salah satu penyusup di hutan Upper Yard mendapatkan hukuman dari Enel. Ia saat itu membutuhkan Dial ini untuk memadamkan api.

0 Response to "Jenis-Jenis Dial yang Muncul dalam Cerita Skypiea"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel