26 Rekomendasi Anime Komedi yang Sangat Lucu dan Menghibur


Buat kalian yang sedang pusing atau penat, menonton anime bergenre komedi bisa menjadi salah satu opsi untuk membuat kalian lebih santai. Ada banyak anime komedi yang menyuguhkan humor ringan, kocak, dan menghibur.

Pada tulisan kali ini, MogiMogy ingin merekomendasikan daftar anime komedi yang cocok buat kalian tonton di rumah. Cek informasi selengkapnya berikut ini!

1. Gintama

Gintama bercerita tentang seorang samurai bernama Sakata Gintoki dan anggota Yorozuya yang bekerja serabutan. Mereka seringkali terlibat aksi yang kocak dan absurd dengan orang-orang di sekitar mereka.

Gintama tidak hanya menyajikan alur cerita komedi yang penuh humor, tetapi serial tersebut juga menyuguhkan alur cerita yang serius dan menegangkan. Selain itu, serial tersebut seringkali memparodikan anime lain dengan cara yang unik. 

2. Saiki Kusuo no Psi Nan

Berbeda dengan Gintama, Saiki Kusuo no Psi Nan berfokus pada seorang cenayang bernama Saiki Kusuo yang punya kekuatan psikis. Dia sangat malas berinteraksi dengan orang lain dan tidak suka menjadi pusat perhatian. 

Namun, Saiki selalu dikelilingi oleh teman-temannya yang aneh, seperti Kaidou yang punya sifat chuunibyou dan Riki Nendou yang mirip preman. Saiki juga sering terlibat konflik yang tidak dia inginkan hingga dia terpaksa menggunakan kekuatan psikisnya. 

3. Nichijou 

Nichijou menyuguhkan sebuah cerita komedi yang terbilang absurd dan lucu. Serial tersebut berfokus pada sekelompok siswi remaja yang menjalani kehidupan sehari-hari. Mereka tinggal di sebuah kota yang penuh dengan keanehan.

Sebagai contoh, merepa mempunyai seorang teman android. Selain itu, ada lagi seekor kucing yang bisa berbicara. Keanehan-keanehan itu memberikan nuansa humor yang lucu dan membuat anime tersebut jadi ikonik.

4. Beelzebub 

Beelzebub bercerita tentang keseharian lucu siswa SMA bernama Oga Tatsumi yang terpaksa menjadi pengasuh bayi raja iblis dari dunia lain. Bayi tersebut bernama Kaiser de Emperana Beelzebub IV atau biasa dipanggil Beel.

Oga berusaha merawat Beel sebaik mungkin dan mengajarinya menjadi seorang lelaki. Meskipun demikian, dia juga seringkali kewalahan dengan Beel. Setiap kali Beel marah atau sedih, dia akan mengeluarkan sengatan listrik yang kuat.

5. One Punch Man

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan anime berjudul One Punch Man. Anime tersebut bercerita tentang pahlawan botak bernama Saitama yang punya kekuatan super gila-gilaan. Dia mampu menghabisi lawan dalam satu kali pukulan.

Saitama juga seringkali menampilkan aksi-aksi kocak di sepanjang petualangannya sebagai pahlawan, apalagi dia selalu memasang wajah datar tanpa emosi. Selain itu, masih ada lagi karakter kocak, seperti Sonic dan King yang turut menghiasi cerita.

Baca juga: 15 Rekomendasi Anime Tentang Mafia yang Menarik Buat Ditonton

6. Hataraku Maou-sama!

Hataraku Maou-sama! bercerita tentang raja iblis dari Ente Isla yang bernama Satan. Setelah dikalahkan oleh pahlawan, dia beserta asistennya terpaksa membuka portal ke dunia lain hingga mereka sampai di dunia modern Tokyo.

Demi bertahan hidup, Satan harus bekerja sebagai pelayan di restoran cepat saji MgRonalds. Dia juga tinggal di sebuah kos-kosan lusuh dan seadanya. Yang jelas, kesehariannya sangat lucu untuk ditonton.

7. Kaguya-sama: Love Is War

Sesuai judulnya, Kaguya-sama: Love Is War menampilkan sebuah cerita romansa dua remaja SMA yang dibumbui dengan humor lucu. Mereka berdua adalah Kaguya Shinomiya dan Miyuki Shirogane yang dianggap sebagai siswa top di Akademi Shuchiin.

Mereka berdua sama-sama menaruh perasaan satu sama lain, tetapi mereka terlalu gengsi untuk mengungkapkannya. Mereka pun selalu memikirkan rencana agar salah satu dari mereka mau menembak duluan.

8. Mob Psycho 100

Mirip seperti Saiki Kusuo no Psi Nan, Mob Psycho 100 juga bercerita tentang seorang esper yang bernama Shigeo Kageyama alias Mob. Dia merupakan siswa SMP yang punya kekuatan psikis dan biasa melakukan pekerjaan pembersihan roh jahat.

Yang lucu dari anime tersebut adalah interaksi Mob dengan orang-orang di sekitarnya, seperti Reigen Arataka yang menjadi gurunya. Selain itu, dia juga selalu dikelilingi oleh roh lucu bernama Dimple

9. Mashle: Magic and Muscles

Mashle: Magic and Muscles mempunyai tokoh utama yang hampir mirip seperti Saitama. Dia adalah Mash Burnedead yang punya otot dan fisik super. Akan tetapi, dia tidak mempunyai kekuatan sihir sama sekali.

Selain itu, Mash nekat memasuki Akademi Sihir Easton agar dia bisa melindungi keluarganya. Dia pun bertemu dengan para penyihir kuat dan terlibat konflik dengan mereka. Namun, dia bisa mengalahkan serangan sihir mereka dengan kekuatan fisiknya.

10. KonoSuba

Buat kalian penggemar cerita sihir dan isekai, kalian pasti tidak asing lagi dengan anime berjudul Kono Subarashii Sekai no Shukufuku wo! alias KonoSuba. Anime tersebut bercerita tentang seorang NEET bernama Satou Kazuma yang bereinkarnasi di dunia lain.

Satou menerima tawaran dari seorang dewi bernama Aqua untuk mnegalahkan sosok Demon King. Dia pun mengalami petualangan yang menantang dan kocak. Selain itu, dia bertemu dengan teman baru, seperti Megumin yang energik dan punya sisi konyol.

Baca juga: 15 Rekomendasi Anime Tentang Idol yang Menarik Buat Ditonton

11. Great Teacher Onizuka

Sesuai judulnya, Great Teacher Onizuka bercerita tentang keseharian guru lucu dan nyentrik bernama Eikichi Onizuka. Dia merupakan mantan yakuza yang memutuskan untuk pensiun dan bertekad untuk menjadi seorang guru.

Onizuka pun menggunakan cara-cara absurd dan di luar nalar dalam mengajari murid-muridnya. Dia bahkan tidak ragu-ragu untuk menggunakan kekerasan jika diperlukan. Namun, metode pengajarannya selalu berkesan dan membuat murid-muridnya senang.

12. FLCL

FLCL termasuk serial anime komedi yang menyuguhkan lelucon absurd, singkat, dan padat karena anime itu hanya berjumlah enam episode. Anime tersebut bercerita tentang seorang anak muda bernama Naota Nandaba yang tinggal di sebuah kota kecil. 

Kehidupannya berubah setelah dia ditrabak oleh Haruko Haruhara. Haruko bukanlah gadis biasa karena dia suka berbuat onar dan mengaku-ngaku sebagai alien. Meskipun alur ceritanya tidak jelas, FLCL mempunyai daya tarik tersendiri untuk ditonton.

13. Detroit Metal City

Detroit Metal City bercerita tentang seorang remaja bernama Soichi Negishi yang tergabung dalam sebuah grup musik metal. Pada aslinya, dia adalah pria yang lemah lembut dan menyukai musik pop. Akan tetapi, jalan hidup tidak semulus sesuai dengan yang dia harapkan.

Negishi pun terpaksa menjadi musisi metal demi mendapatkan uang. Dia menggunakan nama panggung Johannes Krauser II. Dia sangat pintar dalam bermain gitar dan suka melakukan hal-hal liar dan lucu di atas panggung.

14. Crayon Shin-Chan

Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan serial Crayon Shin-Chan yang legendaris. Serial tersebut menampilkan keseharian anak kecil bernama Shin-chan yang penuh dengan kelucuan dan warna-warni.

Shin-chan dikenal sebagai anak yang jahil, banyak akal, dan humoris. Dia suka melakukan hal-hal konyol dan nakal hingga dia sering membuat orang lain terganggu. Tingkah kocak Shin-chan sangatlah lucu dan mampu membuat penonton terhibur.

15. Prison School 

Cerita Prison School berfokus pada lima cowok SMA yang menjalani hukuman di penjara sekolah gara-gara mereka mengintip anak-anak cewek. Mereka pun harus bekerja keras dan berkelakuan baik agar mereka bisa terbebas dari hukuman tersebut.

Bukannya jera, mereka malah senang karena mereka dihukum oleh wakil ketua OSIS yang cakep dan seksi bernama Meiko Shiraki. Dia mempunyai sepasang ‘balon’ yang fantastis, memantul-mantul, dan menyegarkan mata.

Baca juga: 25 Rekomendasi Anime Underrated yang Menarik Buat Ditonton

16. Full Metal Panic!

Full Metal Panic! adalah serial anime yang memadukan cerita humor, kehidupan sekolah, tentara militer, dan mecha canggih. Tokoh utama dari anime tersebut adalah Sousuke Sagara yang berprofesi sebagai tentara di organisasi Mithril.

Sagara mendapatkan tugas untuk menyamar sebagai anak SMA dan melindungi siswi bernama Chidori Kaname. Namun, dia mengalami kesulitan untuk membaur dengan siswa lain. Dia bahkan sering bertingkah seperti seorang tentara hingga dia terlihat lucu dan aneh.

17. Grand Blue

Selanjutnya, ada anime menarik yang berjudul Grand Blue. Anime tersebut berkisah tentang kisah lucu seorang anak kuliah bernama Iori Kitahara. Dia menetap bersama dengan paman beserta sepupunya yang bernama Chisa dan Nanaka.

Mereka mengelola sebuah toko yang menjual alat selam bernama Grand Blue. Selain itu, Iori mengalami pengalaman absurd setelah dia bergabung dengan klub selam di unversitasnya. Lucunya lagi, anggota klub tersebut lebih suka berpesta dan minum-minum daripada pergi menyelam ke laut.

18. Bocchi The Rock 

Bocchi The Rock merupakan salah satu anime tentang musik yang nge-hits di tahun 2023. Anime tersebut bercerita tentang musisi introvert bernama Hitori Gotoh yang biasa dipanggil Bocchi oleh teman-temannya.

Hitori Gotoh mempunyai sifat introvert yang sangat parah hingga dia sangat takut bersosialisasi dengan orang lain. Selain itu, dia suka melakukan tindakan absurd yang lucu untuk dilihat. Meskipun demikian, dia mempunyai keinginan kuat untuk bergabung dengan sebuah band.

19. Danshi Koukousei no Nichijou

Selanjutnya, ada serial anime berjudul Danshi Koukousei no Nichijou. Cerita anime tersebut berfokus pada keseharian trio siswa SMA yang melewati hari-hari dengan hal-hal kocak. Mereka bertiga adalahTadakuni, Hidenori, dan Yoshitake.

Mereka seringkali melakukan aktivitas konyol demi membunuh rasa bosan mereka. Contohnya adalah menjahili orang lain. Mereka juga suka mendiskusikan tentang cewek-cewek cantik sebagai bahan pembicaraan.

20. Kobayashi-san Chi no Maid Dragon

Anime in berfokus pada seorang pekerja kantoran bernama Kobayashi. Kesehariannya yang normal berubah drastis dan kacau setelah dia bertemu dengan naga cantik bernama Tohru yang berasal dari dunia lain.

Setelah diselamatkan oleh Kobayashi, Tohru memutuskan untuk mengabdi sebagai pelayan pribadi Kobayashi. Dia bahkan mengenakan pakaian maid yang imut. Mereka pun sering terlibat aksi yang lucu bersama karakter lain, seperti Kanna, Lucoa, Elma, dan Fafnir. 

Baca juga: 23 Rekomendasi Anime Penjelajahan Dungeon yang Menarik Buat Kamu Tonton

21. Space Dandy

Sesuai judulnya, karakter utama dalam anime ini adalah seorang pria nyentrik bernama Dandy. Dia bekerja sebagai seorang pemburu hadiah yang berkelana di luar angkasa. Dia ditemani oleh rekan-rekan yang lucu, seperti QT dan Meow.

Pekerjaan utama Dandy pada dasarnya adalah melacak spesies alien langka. Namun, perburuannya seringkali salah sasaran hingga dia terlibat petualangan yang aneh dan kocak. Selain itu, anime ini mempunyai nuansa yang mirip seperti Cowboy Bebop.

22. Megami no Café Terrace

Selanjutnya, ada anime baru di tahun 2023 yang berjudul Megami no Café Terrace. Anime tersebut bercerita tentang keseharian lelaki bernama Hayato beserta para gadis cantik dalam mengelola sebuah kafe peninggalan neneknya. 

Mereka seringkali terlibat interaksi dan pertengkaran sepele yang kocak nan menghibur. Meskipun demikian, mereka terkadang terlibat momen yang manis dan penuh makna. Karena itulah, anime tersebut menarik untuk ditonton.

23. Gokushufudo 

Gokushufudo bercerita tentang seorang mantan yakuza bernama Tatsu yang belajar untuk menjadi suami yang baik bagi keluarganya. Di masa lalu, Tatsu merupakan pria yang ditakuti dan dikenal dengan gelar Legendary Immortal Dragon.

Namun, Tatsu perlahan mulai berubah setelah dia menikah. Ia berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi istrinya, contohnya seperti menyiapkan makanan di meja. Ia juga suka nimbrung dengan ibu-ibu kompleks dan terlibat momen yang lucu dalam kesehariannya.

24. Cromartie High School


Cromartie High School merupakan salah satu anime komedi lucu nan absurd. Anime tersebut bercerita tentang Takashi Kamiyama yang bersekolah di SMA Cromartie. Di sana, dia bertemu teman-teman yang terlihat seperti preman atau berandalan.

Kamiyama pun mulai bisa beradaptasi dengan teman-temannya. Dia pun sering mengingatkan mereka mereka untuk menjadi lebih baik. Namun, usahanya sia-sia karena teman-temannya tidak bisa dinasihati.

25. Isekai Ojisan

Alur cerita Isekai Ojisan berfokus pada paman Takafumi Takaoka yang terjebak di dunia lain alias isekai selama dia koma selama bertahun-tahun. Dia kemudian bangkit lagi dan bercerita kepada Takafumi tentang petualangannya.

Menariknya, kemampuan paman Takafumi di dunia lain bisa diterapkan di dunia nyata. Dia juga bisa menguasai sihir yang bisa menampilkan ingatannya dalam bentuk seperti layar monitor. Lucunya, petualangan paman Takafumi selalu kocak dan berada di luar dugaan.

26. Kaminaki Sekai no Kamisama Katsudou 

Sebagai penutup, ada serial anime baru bernama Kaminaki Sekai no Kamisama Katsudou yang bercerita tentang petualangan Yukito Urabe. Setelah dikorbankan oleh ayahnya dan pengikut sekte sesat, dia pun tewas dan terlempar ke dunia lain.

Uniknya, Yukito terdampar di sebuah dunia tanpa dewa. Selama berada di sana, dia mengalami hal-hal yang lucu dan tidak terduga. Dia juga mulai memperkenalkan konsep dewa dan agama di dunia tersebut serta mencari banyak pengikut.

Baca juga: 20 Rekomendasi Anime Reverse Isekai yang Menarik Buat Kamu Tonton

Previous Post Next Post

Contact Form